Macam-macam Literasi Menurut Kemendikbud Dan Komponen-komponenya

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membahas tentang Macam-macam Literasi menurut Kemendikbud dan Komponen-komponenya. Silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Menurut KBBI, definisi literasi adalah kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.

Literasi pula meliputi pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu.

Ada enam macam literasi dasar, yaitu Literasi Dini, Literasi Dasar, Literasi Perpustakaan, Literasi Media, Literasi Teknologi, dan Literasi Visual.

Semua macam literasi saling terkait dan berperan dalam pengembangan kompetensi seseorang.

Macam-macam literasi dasar

1. Literasi Dini

Literasi Dini adalah kemampuan untuk menyimak, memahami bahasa lisan, dan berkominikasi melalui gambar dan tutur.

Kemampuan ini dibentuk oleh pengalamannya ketika berinteraksi dengan lingkungan sosialnya di rumah.

2. Literasi Dasar

Literasi Dasar adalah kemampuan untuk mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan menghitung (counting) berkaitan dengan kemampuan analisis untuk memperhitungkan (calculating), mempersepsikan informasi (perceiving), mengomunikasikan, serta menggambarkan informasi (drawing).

Kemampuan literasi ini berdasarkan pemahaman dan pengambilan kesimpulan pribadi.

3. Literasi Perpustakaan

Literasi Perpustakaan merupakan pemahaman cara membedakan bacaan fiksi dan nonfiksi, memanfaatkan koleksi referensi dan periodikal.

Orang yang memiliki kemampuan literasi perpustakaan dapat memahami penggunaan katalog dan pengindeksan.

Selain itu, ia juga memiliki pengetahuan dalam memahami informasi ketika sedang menyelesaikan sebuah tulisan, penelitian, pekerjaan, atau mengatasi masalah.

4. Literasi Media

Literasi media adalah kemampuan untuk mengetahui berbagai bentuk media yang berbeda, seperti media cetak, media elektronik (media radio, media televisi), media digital (media internet).

Baca juga:  Cara Mendidik Anak agar Sukses di Masa Depan

Kemampuan literasi media ini bertujuan untuk memahami penggunaan setiap media.

5. Literasi Teknologi

Literasi Teknologi merupakan kemampuan memahami kelengkapan yang mengikuti teknologi seperti peranti keras (hardware) dan peranti lunak (software).

Selain itu, orang yang memiliki kemampuan literasi teknologi dapat menggunakan etika dan etiket dalam memanfaatkan teknologi.

6. Literasi Visual

Literasi Visual adalah pemahaman tingkat lanjut antara literasi media dan literasi teknologi, dengan memanfaatkan materi visual dan audio-visual secara kritis dan bermartabat.

Komponen literasi dasar

Menurut Kemdikbud, ada enam komponen literasi dasar yang membentuk tiap kemampuan literasi yang telah disebutkan di atas.

Kemendikbud memperkenalkan enam komponen literasi dasar yang diadaptasi dari New Vision for Education: Fostering Social and Emotional Learning Through Technology (WEF, 2015).

1. Literasi Bahasa dan Sastra

Literasi Bahasa dan Sastra adalah melek pengetahuan dan kemampuan membaca dan menulis, mencari, menelusuri, mengolah dan memahami informasi.

Seluruh kemampuan tersebut berfungsi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan bahasa dan sastra secara cendekia.

2. Literasi Numerasi

Literasi Numerasi adalah numeris kemampuan menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar.

Fungsi dari kemampuan literasi Numerasi adalah untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari, menganalisis informasi dan mampu mengolahnya ke dalam berbagai macam bentuk presentasi numerasi (grafik, tabel, bagan, dsb.).

Selain itu, Literasi Numerasi juga bertujuan membangun interpretasi terhadap informasi angka dan simbol numerik lainnya.

3. Literasi Sains

Literasi Sains adalah kemampuan untuk menggunakan pengetahuan sains, mengidentifikasi pertanyaan, menarik kesimpulan dalam rangka memahami serta membuat keputusan yang berkenaan dengan alam.

Orang yang unggul dalam literasi sains memiliki kompetensi untuk menjelaskan fenomena sains, mengevaluasi, mendesain pengetahuan dan menginterpretasi data dan bukti sains.

Baca juga:  Lomba lari mengadu …

4. Literasi ICT

Literasi ICT adalah kecakapan (life skills) yang melibatkan kemampuan penggunaan perangkat teknologi, informasi dan komunikasi.

Fungsi komponen ini juga termasuk kemampuan bersosialisasi, kemampuan dalam pembelajaran, maupun memiliki sikap, berpikir kritis, kreatif, serta inspiratif sebagai kompetensi digital.

5. Literasi Finansial

Literasi Finansial adalah kemampuan untuk memahami bagaimana uang berpengaruh di dunia.

Seseorang yang ahli dalam literasi finansial mengerti bagaimana seseorang mengatur untuk menghasilkan uang, mengelola uang, menginvestasikan uang dan menyumbangkan uang untuk menolong sesama.

Komponen ini juga termasuk rangkaian proses atau aktivitas untuk meningkatkan pengetahuan, keyakinan, dan keterampilan konsumen dan masyarakat agar mereka mampu mengelola keuangan dengan baik.

6. Literasi Budaya dan Kewargaan

Literasi Budaya dan Kewargaan adalah kemampuan untuk memahami, menghargai dan berpartisipasi secara mahir dalam budaya.

Kemampuan untuk berpartisipasi secara aktif dan menginisiasi perubahan dalam komunitas dan lingkungan sosial yang lebih besar.

Itulah pembahasan Macam-macam Literasi menurut Kemendikbud dan Komponen-komponenya. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!