Pendidikan Karakter Anak Usia Dini dan Tujuannya

Vadcoy.com – Usia dini adalah momen emas dan efektif sekali untuk tanamkan berbagai macam ilmu bermanfaat. Anak usia dini ada baiknya diberi pendidikan sebagai pondasi kuat untuk kehidupan di masa depan. Berbagai nilai yang orang tua biasakan sejak kecil pastinya akan selalu diingat hingga beranjak dewasa. Itulah pentingnya pendidikan karakter pada anak usia dini.

Walaupun sifatnya penting, tapi kesadaran orang tua pada pendidikan karakter masihlah dikatakan rendah. Mungkin karena menjadi orang tua baru, maupun belum tahu ilmu parenting yang benar dan baik. Untuk mengetahui tentang pendidikan karakter pada anak usia dini lebih lanjut, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini:

Pengertian dari Karakter

Pendidikan Karakter Anak Usia Dini dan Tujuannya

Apa itu karakter? Menurut Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, karakter merupkan bawaan, kepribadian, hati, personalitas, tabiat, perilaku, serta watak. Karakter yang erat sekali kaitannya dengan personalitas dari seseorang. Karakter merupakan bagaimana seseorang bersikap di dalam hadapi semua hal. Karakter bersifat spontan serta menyatu di diri seseorang itu sendiri.

Pengertian dari Pendidikan Karakter

Kemudian, apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter? Pendidikan karakter merupakan salah satu jenis pendidikan yang kembangkan berbagai nilai budaya baik. Pendidikan karakter ini akan mengasah otak anak untuk mempunyai perilaku baik berdasarkan pada hati serta pikiran.

Pendidikan karakter memiliki tujuan supaya anak dalam menerapkan berbagai hal baik di dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan ini penting sekali untuk bentuk moral serta akhlak anak. Pendidikan karakter pun jadi penting supaya anak seorang mempunyai karakter kuat serta kompetisi tinggi.

Tujuan dari Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Pendidikan karakter memiliki beberapa tujuan, seperti:

1. Pengembangan dari Potensi Nurani

Tujuan yang pertama adalah untuk kembangkan potensi nurani pada anak. Pendidikan ini bisa kembangkan kalbu atau potensi hati sehingga anak bisa berperilaku dengan baik. Diharapkan anak didik pada usia dini bisa terapkan berbagai nilai budaya serta karakter bangsa Indonesia.

Silahkan baca juga:  Manfaat dan Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan

2. Pengembangan Kebiasaan

Selain untuk kembangkan potensi nurani, pendidikan karakter pun mempunyai tujuan untuk kembangkan perilaku atau kebiasaan. Pendidikan ini memiliki tujuan untuk biasakan peserta didik melakukan hal-hal terpuji.
Anak diharapkan bisa berperilaku secara baik sesuai nilai-nilai berlaku dengan universal.

Tidak hanya itu, anak didik pun diharapkan dapat kembangkan kebiasaan untuk melakukan tradisi budaya bangsa religius.

3. Penanaman Jiwa Kepemimpinan

Tujuan yang berikutnya adalah untuk tanamkan jiwa kepemimpinan pada anak. Penanaman jiwa kepemimpinan ini tidak hanya untuk pimpin kelompok tapi juga dimasukkan nilai kepemimpinan baik dan benar.
Anak diajarkan untuk memimpin suatu kelompok dengan tanggung jawab yang penuh. Anak diajarkan jadi pemimpin serta menjadi generasi penerus bangsa yang dapat bermanfaat untuk orang banyak.

4. Pengembangan pada Kemampuan

Pendidikan karakter pun dipakai sebagai aspek pendorong untuk kembangkan berbagai macam kemampuan baik. Peserta didik usia dini diajarkan untuk kembangkan karakter mandiri, kreatif, serta untuk mempunyai wawasan kebangsaan baik.

5. Pengembangan Lingkungan Sekolah

Pendidikan karakter anak usia dini pun memiliki tujuan untuk kembangkan lingkungan sekolah baik untuk proses belajar dari anak didik. Pendidikan satu ini memiliki peran penting di dalam wujudkan lingkungan sekolah yang jujur, aman, dan mempunyai rasa kebangsaan tinggi. Pada era modern sekarang ini, pendidikan karakter pun telah alami banyak perkembangan.

Berdasarkan pembahasan di atas, pendidikan karakter sangat penting, sehingga memang sebaiknya diajarkan dari anak usia dini. Dengan begitu, anak-anak bisa mengingat berbagai berbagai ilmu dan nilai yang orang tua ajarkan dan terapkan sampai mereka beranjak dewasa. Pendidikan karakter pada anak dari usia dini merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab dari Anda sebagai orang tua.

Silahkan baca juga:  50 Contoh Judul Skripsi Jurusan Bimbingan Konseling (BK)

Check Also

Sejarah Air Zam-zam Dan Keajaibannya Di Musim Kemarau

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membahas meateri tentang Sejarah Air Zam-zam dan …

Inilah Penyebab Kemunculan Mikroplastik Dan Penyebarannya

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membahas tentang Inilah Penyebab Kemunculan Mikroplastik dan Penyebarannya. …