Tujuan Promosi, Manfaat, dan Sasaran Promosi Suatu Produk

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membagikan materi pelajaran tentang “Tujuan Promosi, Manfaat, dan Sasaran Promosi Suatu Produk” pada Mapel Prakarya. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini!

A. Tujuan Promosi Suatu Produk

Tujuan Promosi, Manfaat, dan Sasaran Promosi Suatu Produk

Dalam memasarkan sebuah produk, tak jarang para pelaku usaha mengadakan acara khusus untuk mempromosikan produk unggulannya kepada masyarakat. Kegiatan tersebut sengaja dilakukan untuk mendukung strategi pemasaran mereka sehingga produk yang dimilikinya semakin dikenal luas oleh semua lapisan masyarakat.

Berbagai macam strategi promosi pun dilakukan para pelaku usaha untuk menarik minat calon konsumennya dan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand image produknya. Misalnya saja promosi besar-besaran melalui potongan harga (diskon khusus), memberikan sampel gratis untuk produk-produk terbaru, atau sekedar memberikan pelayanan khusus bagi para konsumen yang membeli produk dalam jumlah yang cukup banyak.

Namun, sebelum merencanakan dan menjalankan strategi promosi penjualan, sebaiknya tentukan terlebih dahulu tujuan promosi yang ingin dicapai. Hal ini penting agar program promosi yang direncanakan bisa sesuai dengan tujuan utama yang telah ditetapkan sebelumnya.

Berikut adalah beberapa tujuan utama mempromosikan sebuah produk.

1. Memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan

Pelanggan sengaja menanti event promosi sebuah produk untuk mendapatkan penawaran harga yang lebih murah. Kondisi inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen, sehingga mereka tidak segan untuk ikut bergabung dengan antrean yang cukup panjang atau turun langsung berdesak-desakan di lokasi promosi untuk mendapatkan produk unggulan yang sedang diobral.

2. Meningkatkan angka penjualan

Sebagian besar pelaku usaha sengaja mengadakan kegiatan promosi besarbesaran untuk meningkatkan volume penjualan dan mendapatkan omset besar setiap bulannya.

3. Membangun loyalitas konsumen

Tujuan pelaku usaha mengadakan kegiatan promosi tidak hanya untuk meningkatkan penjualan produk, namun juga untuk membangun loyalitas dari para konsumennya. Hal ini dilakukan untuk menjaring para konsumen yang awalnya hanya sekedar ingin coba-coba, menjadi pelanggan tetap yang akan menggunakan produk-produk yang dibuat secara berkelanjutan.

Silahkan baca juga:  Prasangka Baik, Kontrol Diri, dan Persaudaraan

B. Manfaat Promosi Suatu Produk

Promosi perusahaan memang sangat penting karena mempengaruhi hasil penjualan suatu produk atau barang, dan tentunya itu sangat berdampak besar terhadap berlangsungnya aktivitas suatu perusahaan. Berikut beberapa manfaat lain dari adanya kegiatan promosi:

  1. Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen
  2. Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk
  3. Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai ke konsumen
  4. Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran
  5. Mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen
  6. Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya
  7. Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi.

C. Sasaran Promosi Suatu Produk

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan promosi adalah menentukan sasaran promosi dengan tujuan agar promosi yang dilakukan sesuai dengan target pasar. Berikut ini kiat yang dapat membantu dalam melakukan promosi sehingga tepat sasaran, yaitu:

1. Tentukan target pasar

Langkah ini merupakan langkah pertama atau dasar dari segala bentuk promosi. Pelaku usaha harus cermat dalam melihat siapa saja konsumen kita sehingga kita menyesuaikan apa saja yang akan kita sampaikan, bagaimana penyampaiannya, kapan dan di mana kita bisa mempromosikan bisnis kita.

2. Tentukan tujuan promosi

Menentukan tujuan promosi dilakukan untuk mengetahui langkah yang akan diambil. Wirausahawan makanan internasional bisa mengambil promosi dengan menawarkan berbagai produk yang paling banyak diminati, promosi dengan menampilkan diskon tertentu atau bahkan kita bisa memilih promosi dengan mengenalkan produk teranyar dari bisnis kita.

3. Buat isi pesan yang menarik

Isi pesan dalam promosi sangat penting, karena dalam penyampaiannya menentukan minat atau ketertarikan konsumen terhadap produk yang kita tawarkan.

4. Pilih sarana promosi

Sarana promosi ini harus dicermati agar konsumen sebagai target kita mengetahui dengan mudah isi pesan yang kita sampaikan. Terdapat dua sarana dalam melakukan promosi yaitu personal dan non personal. Promosi personal ini dilakukan langsung berbicara dengan konsumen baik tatap muka ataupun via telepon. Sedangkan promosi non personal dapat melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram.

Silahkan baca juga:  Manfaat Teknologi Berbasis Komputer pada Proses Pembelajaran

Itulah “Tujuan Promosi, Manfaat, dan Sasaran Promosi Suatu Produk” pada Mapel Prakarya yang bisa MangOcoy sampaikan. Semoga bisa bermanfaatbagi Anda semua!

Check Also

Contoh Teks Drama Dilakukan Oleh 2 Orang

Contoh Teks Drama Dilakukan Oleh 2 Orang

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini Mang Ocoy akan membagikan Contoh Teks Drama yang Dilakukan …

Sumber Daya, Administrasi, dan Pemasaran Untuk Perencanaan Usaha Kerajinan

Sumber Daya, Administrasi, dan Pemasaran Untuk Perencanaan Usaha Kerajinan

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membagikan materi pelajaran tentang “Sumber Daya, …