Tujuan Dan Pengertian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membahas tentang Tujuan dan Pengertian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah suatu metode yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk memberikan pengenalan kepada para siswa baru.

Dilansir dari kemdikbud.go.id, kegiatan MPLS diharuskan bagi para siswa-siswi pada ajaran baru.

Tujuan dari diadakannya kegiatan MPLS adalah untuk membantu siswa agar lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang nantinya akan ia gunakan untuk belajar.

Tujuan MPLS bagi Siswa-siswi Baru:

1. Mengenali potensi yang ada pada diri siswa baru

2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah

3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru

4. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya

5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormatikeaneka- ragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan shat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Definisi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MLS)

Secara simpel, MPLS ialahkegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah.

Perkenalan tersebut bukan hanya sebatas antar murid baru saja atau dengan kakak kelas seta guru namun juga pada komponen lainnya, meliputi pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan.

Bagi sekolah-sekolah Boarding School, pengenalan budaya kehidupan di asrama menjadi materi penting.

Baca juga:  Dalam menjalani hidup saat ini, manusia perlu membuat....

Adapun pelaksanaan MPLS ini dilakukan selama 3 hari pada minggu pertama. MPLS di masa Pandemi Covid-19 ini dapat dilakukan secara daring.

Keputusan mengenai pelaksanaan MPLS secara daring ataupun luring ini ditentukan oleh Pemerintah daerah. Kegiatan teknis MPLS diselenggarakan oleh Guru, yang biasanya dibantu oleh para siswa di sekolah terkait.

Sumber: Tribun