Tips Menulis Ringkasan Skripsi

Vadcoy – Hai para pembaca Vadcoy.com yang insyaAllah selalu dirahmati Allah SWT! Menulis sebuah ringkasan skripsi bisa menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa yang baru menyelesaikan tugas akhirnya.

Tidak hanya karena harus mengumpulkan seluruh informasi penting dalam skripsi, tetapi juga mengemasnya dalam bentuk yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, ringkasan skripsi juga dapat berpengaruh pada nilai akhir yang didapat oleh mahasiswa.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tips dan trik untuk membuat ringkasan skripsi yang baik dan benar.

Tips Menulis Ringkasan Skripsi

Apa itu Ringkasan Skripsi?

Sebelum membahas cara menulis ringkasan skripsi, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu ringkasan skripsi. Ringkasan skripsi adalah dokumen singkat yang berisi intisari dari seluruh isi skripsi. Tujuan utama dari ringkasan skripsi adalah memberikan gambaran umum tentang apa yang telah diteliti dan apa hasil dari penelitian tersebut.

Tips Menulis Ringkasan Skripsi

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menulis ringkasan skripsi yang baik dan benar:

1. Membaca Skripsi dengan Teliti

Sebelum menulis ringkasan skripsi, pastikan Anda membaca skripsi dengan teliti dan memahami seluruh isi dari skripsi tersebut. Jangan hanya membaca abstrak atau bagian-bagian tertentu saja.

Baca juga:  11 Tips Merawat Komputer agar Tetap Awet dan Terjaga

2. Membuat Rangkuman dari Setiap Bab

Setelah membaca skripsi dengan teliti, buat rangkuman dari setiap bab yang ada di skripsi. Rangkuman tersebut harus mencakup pokok-pokok bahasan dan temuan penting yang dihasilkan dari penelitian.

3. Menjaga Kesingkatan dan Kekompakan

Ringkasan skripsi harus ditulis dengan singkat dan padat. Hindari menggunakan bahasa yang bertele-tele dan menyajikan informasi yang tidak relevan dengan penelitian.

4. Fokus pada Hasil Penelitian

Ringkasan skripsi harus fokus pada hasil penelitian yang telah didapat. Hindari memberikan detail terlalu banyak tentang metode atau proses penelitian, kecuali jika hal tersebut sangat penting untuk dipahami.

5. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Pilihlah kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca umum. Hindari penggunaan bahasa teknis yang mungkin sulit dipahami oleh pembaca awam.

6. Sajikan Isi Ringkasan dengan Urutan yang Logis

Susunlah ringkasan skripsi dengan urutan yang logis. Mulailah dengan pengenalan atau latar belakang penelitian, kemudian jelaskan metode penelitian yang digunakan, hasil penelitian yang didapat, dan akhirnya kesimpulan dari penelitian tersebut.

7. Hindari Penulisan yang Bias

Hindari penulisan yang bias atau subjektif dalam ringkasan skripsi. Sajikan fakta secara objektif dan netral, tanpa memberikan penilaian atau pendapat pribadi.

8. Gunakan Tenses yang Tepat

Gunakan tenses yang tepat dalam ringkasan skripsi. Jika Anda mengutip hasil penelitian yang telah dilakukan, gunakan tenses lampau (past tense). Namun, jika Anda menyatakan fakta umum atau kesimpulan, gunakan tenses sekarang (present tense).

9. Sertakan Kata Kunci yang Relevan

Sertakan kata kunci yang relevan dalam ringkasan skripsi. Hal ini dapat membantu meningkatkan peringkat skripsi Anda di mesin pencari dan memudahkan pembaca untuk menemukan ringkasan skripsi Anda.

Baca juga:  Tips Memulai Bisnis Sablon Digital agar Menghasilkan Omzet Jutaan Rupiah

10. Periksa Kembali Ringkasan Skripsi

Setelah menulis ringkasan skripsi, periksa kembali kesalahan tata bahasa dan ejaan. Pastikan ringkasan skripsi terlihat rapi dan mudah dibaca oleh pembaca.

Contoh Ringkasan Skripsi

Berikut adalah contoh ringkasan skripsi yang baik dan benar:

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol (t = 2,34; p < 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Bandung.”

Kesimpulan

Menulis ringkasan skripsi memang membutuhkan keterampilan dan keahlian yang khusus. Namun, dengan mengikuti tips dan trik yang telah dibahas di atas, Anda dapat menulis ringkasan skripsi yang baik dan benar. Ingatlah bahwa ringkasan skripsi merupakan kesempatan Anda untuk memberikan gambaran umum tentang penelitian Anda kepada pembaca.

Oleh karena itu, pastikan ringkasan skripsi Anda mudah dipahami, fokus pada hasil penelitian, dan ditulis dengan singkat dan padat. Selamat menulis dan semoga berhasil!