Sabtu, 22 Januari 2022

Tips Memahami Pelajaran dengan Cepat

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membahas tentang Tips Memahami Pelajaran dengan Cepat. Sehingga para pelajar tidak perlu belajar berlama-lama untuk memahami pelajaran.

Apa itu belajar?

Belajar adalah suatu kegiatan yang di lakukan untuk mengetahui dan memahami pengetahuan yang belum di ketahui sebelumnya. Belajar pun menjadi suatu kegiatan yang wajib semua orang lakukan tanpa terkecuali.

Semua orang wajib belajar mulai dari lahir sampai meninggal kelak. Jadi, belajar di lakukan sepanjang hidup manusia dan menjadi salah satu kebutuhan manusia yang mutlak.

Kegiatan-kegiatan yang di lakukan untuk mendidik bisa di sebut dengan belajar. Belajar bukan hanya sekadar kegiatan membaca buku dan memahami materi saja.

Membaca buku tentu bukan satu-satunya cara yang bisa di lakukan dalam proses belajar mengajar. Kegiatan lain juga bisa di katakan belajar, asalkan kegiatan tersebut menambah pengetahuan.

Akan tetapi, salah satu masalah utama dalam belajar adalah sulitnya memahami pelajaran dengan cepat.

Sebetulnya hal tersebut bukan karena seseorang tidak pintar atau tidak bisa mempelajari suatu hal, karena otak manusia memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk berpikir.

Tips Memahami Pelajaran dengan Cepat

Tips Memahami Pelajaran dengan Cepat

Lalu, bagaimana cara agar bisa memahami pelajaran dengan cepat?

Berikut ini adalah tips memahami pelajaran dengan cepat.

1. Atur posisi belajar

Posisi dalam belajar memang bukan hal utama yang menentukan tingkat pemahaman seseorang. Tapi, posisi belajar seseorang menjadi salah satu pemicu yang bisa meningkatkan daya ingat dan pemahaman.

Posisi yang kurang nyaman bisa mengganggu konsentrasi seseorang karena bisa membagi perhatian antara materi yang sedang di pelajari dan rasa tidak nyaman yang sedang di alami.

Adapun posisi belajar yang terbaik menurut para pakar kesehatan adalah dengan cara duduk senyaman mungkin.

Silahkan baca juga:  Apakah Anda Malas Solat? Tips bagi Anda yang Suka Malas Solat

2. Kondisi dan situasi yang tenang

Tips selanjutnya adalah usahakan belajar dengan kondisi dan situasi yang tenang. Jika Anda belajar dengan kondisi dan situasi yang tidak nyaman, maka sulit untuk memahami pelajaran dengan cepat.

Salah satu contohnya adalah memilih belajar di waktu malam, karena malam hari umumnya sunyi. Sehingga memungkinkan pikiran dan hati bisa terasa tenang.

Suasana yang berisik akan mengurangi tingkat konsentrasi seseorang yang menjadi penghambat dalam memahami pelajaran.

Bukan hanya situasi dan kondisi lingkungan saja yang harus tenang, namun situasi hati dan pikiran juga haruslah tenang.

3. Pahami materi

Akan terasa sulit bagi seorang pelajar untuk memahami materi apabila tidak membaca terlebih dahulu. Memahami materi memang cukup sulit bagi seseorang yang baru pertama kali mengenal sebuah materi baru.

Dalam memahami materi tidak bisa dengan cara sekali membaca dan berpatokan pada bacaan yang sama. Dalam memahami materi harus ada referensi lain yang bisa menguatkan pemahaman.

4. Menceritakan kembali pelajaran

Hal ini cukup ampuh bagi seseorang yang ingin menghafal pelajaran dengan mudah. Menceritakan kembali pelajaran merupakan konsep belajar yang mutakhir di mana setelah selesai membaca atau mempelajari sesuatu yang baru, orang tersebut akan bercerita mengenai pelajaran yang sudah di dapat tadi.

Menceritakan kembali pelajaran bisa dengan orang lain atau dengan pura-pura menceritakan pada diri sendiri. Bahkan yang paling efektif adalah menggunakan bahasa sendiri. Selain untuk lebih memudahkan mengingat materi, juga memudahkan dalam penyampaian materi tersebut ke orang lain.

5. Mengingat kata kunci

Belajar dengan mengingat kata kunci cukup ampuh dalam memahami materi pembelajaran yang teorinya cukup panjang.

Kata kunci biasanya sering keluar dalam suatu kalimat atau merupakan kata yang menjadi pembahasan pokok pada materi tersebut.

Silahkan baca juga:  Google Question Hub dan Cara Menggunakannya

Kata kunci atau Keywoard biasanya menjadi kata yang cukup mudah di ingat karena sedikit berbeda dari kata-kata lainnya pada materi yang di pelajari.

Dengan mengingat kata kunci, seseorang bisa merangkai kalimat sendiri dari kata kunci tersebut. Sehingga hanya dengan menghafalnya, maka seseorang bisa memahami hampir sebagian besar materi yang di pelajari.

6. Belajar lewat audio

Tips memahami pelajaran berikutnya adalah memahami dengan cara mendengarkan materi pelajaran melalui audio. Penelitian membuktikan bahwa belajar menggunakan audio cukup efektif dan mampu meningkatkan daya ingat seseorang terhadap materi yang sudah di sampaikan.

Suara dari audio berupa materi pelajaran yang di dengarkan akan lebih mudah langsung masuk ke dalam ingatan dan dengan mudah dipahami oleh orang yang mendengarkan.

Berbeda dengan belajar melalui membaca. Membaca membutuhkan beberapa fungsi anggota tubuh lainnya seperti mata untuk melihat tulisan, mulut untuk mengeja bacaan, serta otak untuk memahami.

7. Meringkas

Meringkas adalah kegiatan yang di lakukan dengan cara menyimpulkan pelajaran yang di pelajari menjadi kata yang sesingkat mungkin, namun tetap mengandung makna menyeluruh dari seluruh pelajaran.

Tips ini menjadi salah satu cara agar mudah memahami pelajaran. Karena semakin singkat materi, maka semakin cepat pula untuk memahaminya.

8. Manfaatkan sticky note

Sticky note atau catatn kecil memiliki fungsi untuk mencatat pelajaran yang penting dan menempelkan pada tembok atau dinding tempat tidur, atau ruangan yang sekiranya sering di tempati.

Tips ini biasanya di lakukan untuk mempercepat dalam memahami pelajaran. Materi yang di tempelkan pada selembar kertas tersebut akan rutin di lihat dan otomatis di baca pula. Semakin sering di lihat, maka semakin mudah untuk di pahami.

Silahkan baca juga:  11 Fakta Menarik Perpustakaan yang Harus Anda Ketahui

9. Makan makanan yang sehat dan bergizi

Makanan yang sehat berupa gizi yang seimbang menjadi salah satu pendukung kemampuan otak dalam menguatkan daya ingat. Sehingga dalam bisa cepat dalam memahami pelajaran yang sedang di pelajari.

Adapun contoh makanan sehat dan bergizi untuk belajar seperti ikan salmon, telur, kacang-kacangan, gandum, dan sayuran berwarna. Makanan tersebut bisa meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat pelajaran dengan cepat.

Itulah Tips Memahami Pelajaran dengan Cepat yang bisa Mang Ocoy sampaikan! Dan ada tips yang paling penting lainnya, yaitu JANGAN LUPA BERDOA! Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Check Also

15 Tips Mendidik Anak Usia Dini agar Jadi Cerdas

Vadcoy.com – Para orang tua harus memperhatikan Pendidikan Anak Usia Dini dengan serius. Pasalnya, mendidik …

Tips Mudik Lebaran Tahun 2021 di Masa Pandemi

Vadcoy.com – Hari Raya Idul Fitri atau lebaran merupakan hari raya terbesar umat Islam tahunan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *