Sumber Daya, Administrasi, dan Pemasaran Untuk Perencanaan Usaha Kerajinan

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membagikan materi pelajaran tentang “Sumber Daya, Administrasi, dan Pemasaran Untuk Perencanaan Usaha Kerajinan” pada Mapel Prakarya. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini!

A. Sumber Daya

Sumber Daya, Administrasi, dan Pemasaran Untuk Perencanaan Usaha Kerajinan

Rancangan produk terwujud melalui kegiatan wirausaha dengan didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia, material, peralatan, cara kerja, pasar, dan pendanaan. Sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha dikenal pula dengan sebutan 6M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja), dan Market (pasar).

Untuk memastikan peluang produk kerajinan menjadi produk dengan harga yang tinggi harus dipastikan dengan melakukan riset pasar terhadap minat dan selera pembeli. Hasil riset pasar akan mendasari proses perancangan produk kerajinan yang inovatif.

Rancangan produk terwujud melalui kegiatan wirausaha dengan didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia, material, peralatan, cara kerja, pasar, dan pendanaan. Sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha dikenal pula dengan sebutan 6M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja), dan Market (pasar). 

  • Man (manusia) – Wirausaha kerajinan berdasarkan produk kerajinan kebutuhan dan keinginan yang berhasil adalah apabila berhasil mengelola sumber daya manusia yang terlibat dalam setiap proses yang terjadi dalam usaha. Pengelolaan sumber daya manusia juga termasuk pengelolaan ide-ide inovatif dalam kerajinan berdasarkan kebutuhan atau keinginan yang dapat bermanfaat baik untuk perkembangan produk dan maupun usaha secara umum. 
  • Money dapat dipahami sebagai dana yang menjadi modal usaha, perputaran uang melalui pengeluaran dan pemasukan yang terjadi dalam usaha kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan tersebut. Kemampuan pengelolaan uang termasuk kemampuan mengelola keuntungan yang diperoleh untuk pengembangan usaha agar menjadi lebih besar.
  • Material, – Bahan Baku untuk membuat kerajinan kebutuhan dan keinginan adalah bahanbahan yang berkualitas tinggi  yang akan kita proses untuk menjadi satu produk yang akan kita tawarkan.
  • Machine (Mesin)  faktor yang menentukan efektifitas dan maksimalitas suatau usaha dalam hal produksi.
  • Method (Metode/Cara) yang dimaksud adalah Cara menjalankan Produksi, Cara Pemasaran, Cara Pengorganisasian,dan lain-lain. Kemampuan wirausahawan dalan mengelola produksi yang efektif dan efsien dapat menghasilkan keuntungan wirausaha yang lebih besar.
  • Market – Menentukan pasar sasaran dari produk kerajinan yang dihasilkan mmengingat k=produk sebagian masyarakat belum mengenal dan jarang menggunakan.  Wirausaha dikembangkan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar, dengan demikian peluang produk diserap pasar akan lebih besar. Riset tentang pasar bertujuan pula untuk mengenali pesaing yang ada di pasar tersebut. Posisi suatu usaha terhadap pesaingnya harus diketahui oleh wirausahawan agar dapat memenangkan persaingan. Persaingan yang terjadi dapat mempengaruhi rancangan produk yang akan dibuat serta keputusan penetapan harga jual produk. 
Silahkan baca juga:  Administrasi dan Pemasaran Usaha Kerajinan Limbah

B. Administrasi

Dengan kata lain bahwa dalam perencanaan setiap orang diharuskan untuk bisa berfikir terlebih dahulu mengenai apa yang akan dilakukan, bagaimana melakukannya, dan siapa yang melakukannya serta yang bertanggungjawab atas semua kegiatan yang dilakukannya tersebut.

Dengan melakukan pemikiran tersebut diharapkan bahwa tujuan yang sudah ditetapkan bisa dicapai dengan lebih efektif dan efisien.

Untuk menunjang kelancaran kegiatannya, sebaiknya seorang wirausaha mempunyai catatan yang rapi mengenai kegiatan dan kejadian yang terjadi setiap harinya. Catatan tersebut dibuat secara kronologis dan kemudian didokumentasikan.

  • Menyelenggarakan pembukuan
  • Membuat daftar gaji karyawan
  • Mencatat penyenggaraan produksi
  • Melakukan surat-menyurat kedalam dan keluar perusahaan
  • Mencatatan pesanan-pesanan
  • Melakukan pengarsipan dokumen
  • Menyusun rencana anggaran perusahaan

C. Pemasaran

Bagi orang yang memiliki bisnis atau produk usaha tentu menyadari bahwa untuk bisa meningkatkan usaha ini dibutuhkan berbagai macam cara promosi produk usahanya.

Sebelum mengetahui cara promosi dan strategi pemasaran produk usaha kerajinan ketahui terlebih dahulu pengertian akan strategi pemasaran. Pengertian strategi pemasaran secara umum adalah sebuah upaya memasarkan produk atau jasa menggunakan berbagai macam metode dengan tujuan untuk meningkatkan hasil penjualan

Tiap-tiap usaha memiliki strategi pemasaran yang berbeda, hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:

  1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
  2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran (dari sudut pandang penjual): 

  1. Tempat yang strategis (place),
  2. Produk yang bermutu (product),
  3. Harga yang kompetitif (price), dan
  4. Promosi yang gencar (promotion).

Dari sudut pandang konsumen: 

  1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
  2. Biaya konsumen (cost to the customer),
  3. Kenyamanan (convenience), dan
  4. Komunikasi (comunication).
Silahkan baca juga:  Sumber Daya, Administrasi Dan Pemasaran Untuk Perencanaan Usaha Kerajinan

Pemasaran produk kerajinan harus lebih ekstra dikarenakan tidak semua konsumen membutuhkan ataupun menginginkan produk kerajinan oleh karena itu pemasaran produk dapat ditinjau berikut ini: 

  1. Daya serap pasar dan prospeknya 
  2. Kondisi pemasaran dan prospeknya

D. Kesimpulan

1. Rancangan produk terwujud melalui kegiatan wirausaha dengan didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia, material, peralatan, cara kerja, pasar, dan pendanaan. Sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha dikenal pula dengan sebutan 6M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja), dan Market (pasar).  

2. Administrasi yang dibutuhkan dalam usaha adalah:

  • Menyelenggarakan pembukuan
  • Membuat daftar gaji karyawan
  • Mencatat penyenggaraan produksi
  • Melakukan surat-menyurat kedalam dan keluar perusahaan
  • Mencatatan pesanan-pesanan
  • Melakukan pengarsipan dokumen
  • Menyusun rencana anggaran perusahaan

3. Bagi orang yang memiliki bisnis atau produk usaha tentu menyadari bahwa untuk bisa meningkatkan usaha ini dibutuhkan berbagai macam cara promosi produk usahanya

4. Pemasaran secara umum adalah sebuah upaya memasarkan produk atau jasa menggunakan berbagai macam metode dengan tujuan untuk meningkatkan hasil penjualan

Itulah materi tentang “Definisi, Jenis, Ciri, dan Contoh Dongeng” pada Mapel Bahasa Indonesia yang bisa Mang Ocoy bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Check Also

Definisi Awan, Proses, Penyebab, Faktor, dan Jenis-jenisnya

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini Mang Ocoy akan membahas tentang Pengertian Awan, Proses, Penyebab, Faktor, …

Cara Melakukan Gerak Langkah Dalam Senam Irama Dan Macam-macamnya

Vadcoy.com –  Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membahas tentang Cara Melakukan Gerak Langkah dalam Senam …