Struktur Penulisan Skripsi

Vadcoy.com – Haloo para pembaca Vadcoy semuanya! Penulisan skripsi adalah salah satu tugas akhir yang harus ditempuh oleh mahasiswa. Skripsi menjadi syarat untuk meraih gelar sarjana. Selain itu, skripsi juga menjadi bukti kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian dan menyusun laporan hasil penelitian.

Untuk itu, perlu diketahui struktur penulisan skripsi yang benar agar skripsi yang ditulis dapat diterima dengan baik. Berikut adalah penjelasan mengenai struktur penulisan skripsi.

Bab 1: Pendahuluan

Bab 1 pada skripsi berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, batasan masalah, dan sistematika penulisan. Pada bagian latar belakang masalah, mahasiswa harus menjelaskan mengenai apa yang menjadi latar belakang penelitian yang akan dilakukan.

Kemudian pada bagian rumusan masalah, mahasiswa harus merumuskan permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian tersebut. Pada bagian tujuan penelitian, mahasiswa harus menjelaskan tujuan yang ingin dicapai dari penelitian tersebut. Kemudian pada bagian manfaat penelitian, mahasiswa harus menjelaskan manfaat dari penelitian yang dilakukan.

Pada bagian batasan masalah, mahasiswa harus menjelaskan batasan-batasan yang digunakan dalam penelitian. Pada bagian sistematika penulisan, mahasiswa harus menjelaskan struktur penulisan dari skripsi yang akan dibuat.

Bab 2: Tinjauan Pustaka

Bab 2 pada skripsi berisi tentang teori yang terkait dengan masalah yang diteliti. Pada bagian ini, mahasiswa harus mencari referensi-referensi yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan. Referensi yang digunakan haruslah berasal dari sumber yang terpercaya.

Kemudian, mahasiswa harus melakukan analisis terhadap teori yang sudah dikumpulkan. Analisis tersebut bertujuan untuk menunjukkan relevansi teori dengan masalah yang diteliti.

Baca juga:  Cara Membuat Barcode Maps

Bab 3: Metode Penelitian

Bab 3 pada skripsi berisi tentang metode yang digunakan dalam penelitian. Pada bagian ini, mahasiswa harus menjelaskan mengenai jenis penelitian yang digunakan, populasi dan sampel penelitian, teknik pengumpulan data, instrumen pengumpulan data, teknik analisis data, dan skema penelitian. Semua hal tersebut harus dijelaskan secara rinci dan jelas.

Bab 4: Hasil Penelitian

Bab 4 pada skripsi berisi tentang hasil penelitian yang telah dilakukan. Pada bagian ini, mahasiswa harus menjelaskan hasil penelitian secara sistematis. Mahasiswa juga harus menggunakan tabel, grafik, atau diagram untuk memudahkan pembaca dalam memahami hasil penelitian.

Selain itu, mahasiswa juga harus memberikan analisis terhadap hasil penelitian yang telah dilakukan.

Bab 5: Pembahasan

Bab 5 pada skripsi berisi tentang pembahasan hasil penelitian yang telah dilakukan. Pada bagian ini, mahasiswa harus menjelaskan dan mempertegas hasil penelitian yang telah dijabarkan pada bab sebelumnya. Mahasiswa juga harus menghubungkan hasil penelitian dengan teori-teori yang telah dikemukakan pada bab tinjauan pustaka.

Bab 6: Kesimpulan dan Saran

Bab 6 pada skripsi berisi tentang kesimpulan dan saran dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Pada bagian kesimpulan, mahasiswa harus menyimpulkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan menjawab rumusan masalah yang telah diajukan. Pada bagian saran, mahasiswa harus memberikan saran untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan topik yang telah diteliti.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka pada skripsi berisi tentang sumber-sumber yang digunakan dalam penelitian. Mahasiswa harus mencantumkan semua sumber yang digunakan dalam penelitian. Sumber yang digunakan haruslah berasal dari sumber yang terpercaya dan relevan dengan topik penelitian.

Lampiran

Lampiran pada skripsi berisi tentang hal-hal yang tidak dimasukkan dalam bab-bab utama, namun berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Hal-hal yang dimasukkan dalam lampiran dapat berupa contoh formulir, hasil wawancara, atau contoh dokumen. Demikianlah penjelasan mengenai struktur penulisan skripsi yang benar.

Baca juga:  Cara Dropship di Shopee Tanpa Modal Untuk Pemula

Dalam penulisan skripsi, mahasiswa harus memperhatikan struktur penulisan agar skripsi yang ditulis dapat diterima dengan baik. Selain itu, mahasiswa juga harus memperhatikan tata cara penulisan skripsi yang baik dan benar agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan skripsi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca Vadcoy semuanya.

Kesimpulan

Penulisan skripsi memerlukan struktur penulisan yang benar agar skripsi yang ditulis dapat diterima dengan baik. Struktur penulisan skripsi terdiri dari bab pendahuluan, tinjauan pustaka, metode penelitian, hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan dan saran, daftar pustaka, dan lampiran. Mahasiswa harus memperhatikan tata cara penulisan skripsi yang baik dan benar agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan skripsi.

Dengan memperhatikan struktur penulisan skripsi yang benar, diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan tugas akhir mereka dengan baik dan meraih gelar sarjana dengan sukses. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!