Soal Latihan Tentang Jaringan Tumbuhan + Kunci Jawaban

Vadcoy.com – Apa kabar para pembaca vadcoy yang selalu setia. Pada postingan kali ini, Admin akan mengulas tentang Soal Latihan Tentang Jaringan Tumbuhan + Kunci Jawaban. Silahkan simak ulasannya dibawah ini!

Soal Latihan Tentang Jaringan Tumbuhan + Kunci Jawaban

Soal Latihan Tentang Jaringan Tumbuhan + Kunci Jawaban

1. Jaringan tumbuhan yang berfungsi sebagai pengangkut air dan mineral dari akar ke daun disebut:
a. Jaringan epidermis
b. Jaringan meristem
c. Jaringan parenkim
d. Jaringan kayu (xilem)
e. Jaringan floem

Jawaban: d. Jaringan kayu (xilem)

Pembahasan: Jaringan kayu atau xilem merupakan jaringan pembuluh yang berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari akar ke daun atau bagian atas tumbuhan.

2. Jaringan tumbuhan yang terus memproduksi sel-sel baru dan berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan disebut:
a. Jaringan epidermis
b. Jaringan meristem
c. Jaringan parenkim
d. Jaringan kayu (xilem)
e. Jaringan floem

Jawaban: b. Jaringan meristem

Pembahasan: Jaringan meristem merupakan jaringan tumbuhan yang terus memproduksi sel-sel baru dan berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

3. Jaringan tumbuhan yang berfungsi sebagai penyimpanan air pada tumbuhan disebut:
a. Jaringan epidermis
b. Jaringan meristem
c. Jaringan parenkim
d. Jaringan kayu (xilem)
e. Jaringan floem

Jawaban: c. Jaringan parenkim

Pembahasan: Jaringan parenkim pada tumbuhan memiliki sel-sel yang berisi cadangan zat-zat, seperti pati pada umbi-umbian dan buah-buahan. Jaringan parenkim juga berperan dalam penyimpanan air pada tumbuhan.

4. Jaringan tumbuhan yang berfungsi sebagai pelindung pada permukaan tumbuhan disebut:
a. Jaringan epidermis
b. Jaringan meristem
c. Jaringan parenkim
d. Jaringan kayu (xilem)
e. Jaringan floem

Jawaban: a. Jaringan epidermis

Pembahasan: Jaringan epidermis merupakan lapisan pelindung pada permukaan tumbuhan. Lapisan ini melindungi tumbuhan dari kerusakan fisik, serangan hama, dan penyakit.

Baca juga:  Kunci Jawaban Buku Paket Mapel PJOK Kelas 8 Halaman 258 259 260 Dan 261

5. Jaringan tumbuhan yang berfungsi sebagai pengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan disebut:
a. Jaringan epidermis
b. Jaringan meristem
c. Jaringan parenkim
d. Jaringan kayu (xilem)
e. Jaringan floem

Jawaban: e. Jaringan floem

Pembahasan: Jaringan floem merupakan jaringan pembuluh yang berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

6. Jelaskan perbedaan antara jaringan kayu (xilem) dan jaringan floem pada tumbuhan beserta fungsi masing-masing.

Jawaban: Jaringan kayu atau xilem dan jaringan floem merupakan dua jenis jaringan pembuluh pada tumbuhan yang berfungsi dalam pengangkutan air, nutrisi, dan hasil fotosintesis. Perbedaan antara keduanya terletak pada struktur dan fungsi masing-masing.

Jaringan kayu atau xilem memiliki struktur yang lebih kaku dan terdiri dari sel-sel yang mati. Jaringan kayu berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari akar ke daun atau bagian atas tumbuhan. Jaringan kayu juga berfungsi sebagai penopang bagi tumbuhan.

Sedangkan, jaringan floem memiliki struktur yang lebih fleksibel dan terdiri dari sel-sel hidup. Jaringan floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan. Jaringan floem juga berfungsi sebagai penyimpanan energi dalam bentuk gula.

7. Jelaskan peran jaringan meristem pada tumbuhan dan berikan contoh tumbuhan yang memiliki jaringan meristem yang sangat berkembang!

Jawaban: Jaringan meristem merupakan jaringan tumbuhan yang terus memproduksi sel-sel baru dan berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Jaringan meristem dapat ditemukan pada ujung pangkal batang dan ujung akar tumbuhan. Jaringan meristem pada ujung pangkal batang berfungsi dalam pertumbuhan batang ke atas, sedangkan jaringan meristem pada ujung akar berfungsi dalam pertumbuhan akar ke bawah.

Contoh tumbuhan yang memiliki jaringan meristem yang sangat berkembang adalah tumbuhan monokotil, seperti jagung dan padi-padian. Pada tumbuhan monokotil, jaringan meristem terdapat pada bagian ujung pangkal batang dan membentuk daun-daun pada batang. Daun-daun pada tumbuhan monokotil tumbuh secara bergantian dan terus menerus, sehingga tumbuhan monokotil memiliki batang yang panjang dan daun-daun yang teratur.

Baca juga:  Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 121 124 125 126 127

8. Jelaskan peran jaringan parenkim pada tumbuhan dan berikan contoh tumbuhan yang memiliki jaringan parenkim yang berkembang.

Jawaban: Jaringan parenkim merupakan jaringan tumbuhan yang memiliki sel-sel yang berisi cadangan zat-zat, seperti pati pada umbi-umbian dan buah-buahan. Jaringan parenkim juga berperan dalam penyimpanan air pada tumbuhan. Selain itu, jaringan parenkim juga berfungsi sebagai jaringan pengisi pada tumbuhan.

Contoh tumbuhan yang memiliki jaringan parenkim yang berkembang adalah ubi jalar. Pada ubi jalar, jaringan parenkim berfungsi sebagai penyimpanan cadangan makanan dalam bentuk pati pada akar. Ubi jalar juga memiliki jaringan parenkim yang berkembang pada bagian batang, daun, dan buah-buahannya.

9. Jelaskan peran jaringan epidermis pada tumbuhan dan berikan contoh tumbuhan yang memiliki jaringan epidermis yang berkembang.

Jawaban: Jaringan epidermis merupakan lapisan pelindung pada permukaan tumbuhan. Lapisan ini melindungi tumbuhan dari kerusakan fisik, serangan hama, dan penyakit. Jaringan epidermis juga berperan dalam menyerap air dan nutrisi dari lingkungan.

Contoh tumbuhan yang memiliki jaringan epidermis yang berkembang adalah kaktus. Pada kaktus, jaringan epidermis berfungsi sebagai lapisan pelindung dari panas, angin, dan kekeringan. Jaringan epidermis pada kaktus juga berperan dalam menyerap air dari lingkungan dan menyimpannya dalam jaringan parenkim yang berkembang pada bagian batang.

10. Jelaskan peran jaringan serat pada batang tumbuhan dan berikan contoh tumbuhan yang memiliki jaringan serat yang berkembang.

Jawaban: Jaringan serat pada batang tumbuhan berfungsi sebagai bahan baku dalam produksi tekstil, tali, dan anyaman. Jaringan serat pada batang tumbuhan juga berperan sebagai penopang dan melindungi tumbuhan dari kerusakan fisik.

Contoh tumbuhan yang memiliki jaringan serat yang berkembang adalah pohon kelapa. Pada pohon kelapa, jaringan serat pada batang berfungsi sebagai bahan baku dalam produksi tali, anyaman, dan bahan bangunan. Jaringan serat pada batang pohon kelapa juga berperan sebagai penopang batang yang tinggi dan melindungi tumbuhan dari kerusakan fisik, seperti angin dan badai.

Baca juga:  Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Halaman 102