Soal Latihan Kelas 7 IPS Materi Peran Tokoh Sejarah Lokal

Vadcoy.com – Pada artikel kali ini, Admin Ocoy akan menjelaskan tentang Soal Latihan Kelas 7 IPS Materi Peran Tokoh Sejarah Lokal dan Kunci Jawabannya. Silahkan simak pembahasannya dibawah ini!

Dibawah ini adalah Soal Latihan Kelas 7 IPS Materi Peran Tokoh Sejarah Lokal. Perlu diingat, kunci jawaban ini hanya resmi dari situs Vadcoy.com, bukan situs yang lain.

Adapun Soal Latihan Kelas 7 IPS Materi Peran Tokoh Sejarah Lokal ini hanya sebagai referensi atau panduan siswa dalam belajar.

Dan sebelum para siswa melihat kunci jawaban ini, sebaiknya para siswa lebih dahulu mengerjakan soalnya sendiri.

Soal Latihan Kelas 7 IPS Materi Peran Tokoh Sejarah Lokal

Lembar Aktivitas 6

Soal

1. Kajilah salah satu sejarah lokal di bawah ini.

2. Jelaskan peran dan sifat-sifat tokoh yang ada dalam sejarah lokal di bawah.

3. Selain itu coba kalian telaah untuk mendapatkan nilai-nilai yang kalian dapatkan setelah membaca sejarah lokal tersebut.

4. Kerjakan dalam lembar kerja berikut, kemudian serahkan kepada Ibu/ Bapak Guru untuk diperiksa

Jawaban

1. Kisah kepemimpinan Sultan Nuku

2. Pada masa kepemimpinannya, Sultan Nuku memiliki banyak peran penting.

Pertama, Sultan Nuku berhasil merebut Kesultanan Tidore dari hegemoni Belanda pada tahun 1797. Kemudian beliau menjadikan Tidore sebagai Kesultanan yang berdaulat penuh.

Sebelumnya diketahui bahwa Sultan Nuku berjuang melawan Belanda karena Belanda melakukan intervensi dalam pergantian Sultan Tidore.

Selain itu, Belanda juga melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah yang mengakibatkan perekonomian Tidore menjadi hancur.

Kedua, dalam melawan penjajah, Sultan Nuku mengandalkan keunggulan strategi yang sangat efektif. Oleh karena itu, strategi tersebut pun berhasil.

Diketahui bahwa Sultan Nuku sangat memperhatikan efektivitas strategi dengan memperhitungkan cuaca, waktu, medan pertempuran dan kekuatan lawan.

Baca juga:  Kunci Jawaban Buku Paket Mapel IPS Kelas 7 Halaman 20 Dan 21

Beliau menerapkan strategi kekuatan lawan melalui adu domba, memanfaatkan perpecahan di dalam pemerintahan Belanda, menjalin hubungan dagang dengan Inggris, Tionghoa, dan suku-suku lain di Indonesia, membentuk satuan intelejen, memperkuat benteng pertahanan, hingga menetralisir ancaman dari Temate.

Namun, keberhasilan ini juga tidak lepas dari dukungan rakyatnya. Keberpihakan Sultan Nuku kepada rakyatnya secara konsisten ini beliau perlihatkan dalam kebijakan-kebijakannya setelah menjadi Sultan Tidore.

Kebijakan tersebut dapat dilihat dalam bidang politik dan ekonomi. Sultan Nuku begitu memperhatikan kesejahteraan rakyatnya.

Beliau memiliki waktu khusus untuk melakukan kegiatan kunjungan ke berbagai wilayah di Tidore untuk memeriksa kepala daerah dalam menjalankan tugas mereka dan kondisi masyarakat.

3. Nilai-nilai yang dapat diperoleh dari hasil membaca sejarah lokal Sultan Nuku ialah bahwa adanya keteladanan yang dapat dijadikan contoh dari sosoknya.

Hal tersebut terlihat dari kemampuan Sultan Nuku dalam mempersatukan multikultur Maluku dan Papua.

Selain itu, Sultan Nuku juga dikenal sebagai pejuang yang gigih dan memiliki tekad yang kuat dalam perjuangan.

Itulah penjelasan Soal Latihan Kelas 7 IPS Materi Peran Tokoh Sejarah Lokal yang bisa Admin bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!