Soal Latihan IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka Materi Ekonomi Pada Masa Orde Baru

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Admin akan membahas tentang Soal Latihan IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka Materi Ekonomi pada Masa Orde Baru dan Kunci Jawabannya. Silahkan simak pembahasannya dibawah ini!

Dibawah ini merupakan Soal Latihan IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka Materi Ekonomi pada Masa Orde Baru. Perlu diingat, soal dan kunci jawaban ini hanya resmi dari situs Vadcoy.com, bukan situs yang lain.

Adapun Soal Latihan IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka Materi Ekonomi pada Masa Orde Baru ini terdapat pada Buku Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, tema 4: Pembangunan Perekonomian Indonesia.

Dan postingan ini menjelaskan kunci jawaban soal Aktivitas 5, Kurikulum Merdeka: pembangunan ekonomi pada masa Orde Baru di halaman 240.

Kemudian Soal Latihan IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka Materi Ekonomi pada Masa Orde Baru ini dapat ditujukan kepada orang tua atau wali untuk mengoreksi hasil belajar.

Soal Latihan IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka Materi Ekonomi pada Masa Orde Baru

Lembar Aktivitas 5: Aktivitas Individu

Carilah artikel tentang pembangunan ekonomi pada masa Orde Baru. Kemudian jawablah pertanyaan berikut ini pada buku tugasmu!

1. Program apa saja yang menjadi unggulan pembangungan ekonomi pemerintah masa Orde Baru?

Kunci Jawaban:

Program ekonomi pemerintahan lebih banyak pada upaya penyelamatan ekonomi nasional.

Terutama inflasi, keuangan negara, dan kebutuhan pokok rakyat.

Program pemerintahan Orde Baru menetapkan dua kebijakan ekonomi, yakni jangka panjang dan jangka pendek.

Salah satu kebijakan yang terkenal pada masa itu yaitu kebijakan transmigrasi.

Program transmigrasi sudah berjalan sejak masa kolonial dan berlanjut hingga pascakemerdekaan.

Transmigrasi pada masa Orde baru tidak semata untuk pemerataan jumlah penduduk ke luar Jawa.

Baca juga:  Kunci Jawaban Buku Paket Mapel Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Halaman 6

Tetapi juga untuk mencapai swasembada pangan serta meningkatkan perekonomian negara.

Pada 1 April 1969, pemerintah menciptakan landasan untuk pembangunan yang disebut sebagai Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita).

Repelita I (1969) tersebut fokus pada rehabilitasi prasarana penting dan pengembangan iklim usaha dan investasi.

Repelita II (1974-1979) dan Repelita III (1979-1984) fokus pada pencapaian pertumbuhan ekonomi, stabilitas nasional, dan pemerataan pembangunan dengan penekanan pada sektor pertanian dan industri yang mengolah bahan mentah menjadi bahan baku.

Fokus Repelita IV (1984-1989) dan Repelita V (1989-1994), selain berusaha mempertahankan kemajuan di sektor pertanian, juga mulai bergerak menitikberatkan pada sektor industri khususnya industri yang menghasilkan barang ekspor, industri yang menyerap tenaga kerja, industri pengolahan hasil pertanian, dan industri yang dapat menghasilkan mesin-mesin industri.

2. Faktor apa yang menjadi penyebab keberhasilan kebijakan ekonomi pada masa Orde Baru?

Kunci Jawaban:

a. Kemauan politik yang kuat Presiden Soeharto memiliki kemauan politik yang kuat untuk membangun ekonomi Indonesia.

b. Stabilitas politik dan ekonomi Pemerintahan Orde Baru berhasil dengan baik menekan tingkat inflasi dari sekitar 500 persen pada tahun 1966 menjadi hanya sekitar 5 persen hingga 10 persen pada awal dekade 19701-an.

c. Pemerintahan Orde Baru mampu menyusun program dan strategi pembangunan dengan kebijakan-kebijakan yang terkait serta mampu mengatur ekonomi makro secara baik.

d. Sistem politik dan ekonomi terbuka yang berorientasi ke Barat Pemerintahan Orde Baru menerapkan sistem politik dan ekonomi terbuka yang berorientasi ke Barat.

e. Kondisi ekonomi dan politik dunia yang lebih baik Selain oil boom, juga kondisi ekonomi dan politik dunia pada era Orde Baru.

3. Mengapa ekonomi Orde Baru mengalami kemunduran pada akhir periode?

Baca juga:  Soal Latihan PAI Kelas 2 SD Materi Ayo Kita Salat

Kunci Jawaban:

Karena proses transformasi ekonomi yang pesat dan laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi menggunakan biaya ekonomi tinggi.

Serta fundamental ekonomi yang rapuh.

Hal tersebut dapat terlihat buruknya kondisi sektor perbankan nasional dan semakin besarnya ketergantungan Indonesia terhadap modal asing, termasuk pinjaman dan impor.

4. Presentasikan hasil kerjamu di hadapan teman-temanmu!

Itulah pembahasan Soal Latihan IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka Materi Ekonomi pada Masa Orde Baru yang bisa Admin bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!