Soal Latihan IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka Materi Mengukur Benda Yang Sama

Vadcoy.com – Kali ini, Admin akan mengulas tentang Soal Latihan IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka Materi Mengukur Benda yang Sama dan Kunci Jawabannya. Silahkan simak pembahasannya dibawah ini!

Dibawah ini adalah Soal Latihan IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka Materi Mengukur Benda yang Sama. Perlu diingat, kunci jawaban ini hanya resmi dari situs Vadcoy.com, bukan situs yang lain.

Adapun Soal Latihan IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka Materi Mengukur Benda yang Sama ini hanya sebagai referensi atau panduan siswa dalam belajar.

Soal Latihan IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka Materi Mengukur Benda yang Sama

Aktivitas 1.4

Soal

1. Kalian akan mengukur satu benda yang sama, dengan menggunakan tiga alat ukur yang berbeda. Menurut pendapat kalian, apakah basil pengukurannya akan sama atau berbeda? Jelaskan alasannya.

2. Salinlah dan isi tabel dengan hasil pengukuran ketiga alat tersebut pada buku latihan kalian.

3. Berdasarkan aktivitas yang dilakukan, adakah besaran yang diukur dengan alat ukur yang tidak sesuai? Besaran apa saja yang diukur dengan alat ukur yang tidak sesuai? Jelaskan mengapa alat ukurnya tidak sesuai?

4. Berdasarkan hasil perbandingan hasil pengukuran yang Kalian dapatkan, alat ukur apa yang cocok dan tidak cocok untuk mengukur diameter baut? Seberapa teliti pengukurannya? Jelaskan alasannya.

Jawaban

1. Hasil pengukurannya akan berbeda.

Alasannya karena masing-masing alat memiliki ketelitian yang berbeda sehingga akan menghasilkan perbedaan nilai pengukuran dalam rentang beberapa milimeter (mm).

2. – (Jawaban diisi oleh siswa sendiri, karena berkaitan dengan praktek pengukuran)

3. – Diameter dan diameter luar tutup botol harus tidak diukur dengan penggaris dan mikrometer sekrup.

Alasannya penggaris dan mikrometer sekrup tidak memiliki rahang dalam dan rahang luar untuk pengukuran diameter dengan akurat.

Baca juga:  Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 1 SD Halaman 52, 53, Dan 54 Tema 5

– Panjang botol panjang buku tulis dan lebar buku tulis tidak harus diukur dengan jangka sorong dan mikrometer sekrup.

Alasannya karena bentuk alat ukurnya kurang mendukung untuk pengukuran benda-benda tersebut.

4. – Alat ukur yang cocok untuk dapat mengukur diameter baut adalah jangka sorong dengan ketelitian sampai 0,025 mm.

Alasannya karena jangka sorong memiliki rahang dalam yang sangat cocok untuk pengukuran diameter.

– Alat ukur yang tidak cocok untuk mengukur diameter baut adalah penggaris dan mikrometer sekrup karena proses pengukurannya sulit sehingga tidak akurat.

Itulah ulasan tentang Soal Latihan IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka Materi Mengukur Benda yang Sama yang bisa Admin bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!