Penulisan Pembahasan Skripsi

VAdcoy.com – Hai para pembaca Vadcoy.com yang selalu setia! Pada tahap akhir penulisan skripsi, mahasiswa harus menyusun pembahasan skripsi dengan baik dan benar. Pembahasan skripsi merupakan salah satu bagian penting yang harus diperhatikan karena di dalamnya terdapat penjelasan terkait hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan. Artikel ini akan membahas cara penulisan pembahasan skripsi yang baik dan benar.

Apa itu Pembahasan Skripsi?

Pembahasan skripsi merupakan bagian dari penulisan skripsi yang menguraikan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan oleh penulis. Di dalam pembahasan skripsi, penulis diharapkan dapat menjelaskan secara detail dan mendalam terkait topik yang diangkat dalam skripsi.

Selain itu, pembahasan skripsi juga harus dapat menjawab rumusan masalah dan tujuan penelitian yang telah ditetapkan.

Struktur Pembahasan Skripsi

Struktur pembahasan skripsi terdiri dari beberapa bagian penting yang harus diisi oleh penulis. Bagian-bagian tersebut antara lain:

  1. Ringkasan Hasil Penelitian
  2. Pembahasan Hasil Penelitian
  3. Kesimpulan

Ringkasan Hasil Penelitian

Bagian ringkasan hasil penelitian berisi gambaran umum tentang hasil penelitian yang telah dilakukan. Pada bagian ini, penulis harus mampu merangkum secara singkat dan padat hasil penelitian yang telah diperoleh. Ringkasan hasil penelitian ini berfungsi sebagai pengantar bagi pembaca agar dapat memahami isi dari pembahasan skripsi dengan lebih baik.

Baca juga:  250+ Contoh Judul Skripsi Filsafat Terlengkap dan Terupdate

Pembahasan Hasil Penelitian

Bagian pembahasan hasil penelitian merupakan bagian terpenting dari pembahasan skripsi. Pada bagian ini, penulis harus mampu menguraikan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan cara yang sistematis dan logis.

Penulis juga diharapkan dapat memberikan penjelasan secara detail terkait hasil penelitian yang telah diperoleh. Selain itu, pada bagian ini juga dapat dilakukan analisis terhadap hasil penelitian yang telah diperoleh dengan mengacu pada referensi yang relevan.

Kesimpulan

Bagian kesimpulan merupakan bagian akhir dari pembahasan skripsi. Pada bagian ini, penulis harus dapat menyimpulkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan menjawab rumusan masalah dan tujuan penelitian yang telah ditetapkan. Selain itu, pada bagian ini juga dapat dilakukan penjelasan terkait implikasi praktis dan teoretis dari hasil penelitian yang telah diperoleh.

Tips Penulisan Pembahasan Skripsi

Berikut ini beberapa tips penulisan pembahasan skripsi yang dapat membantu mahasiswa dalam menyusun pembahasan skripsi dengan baik dan benar:

1. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Mudah Dipahami

Penulisan pembahasan skripsi harus menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan istilah-istilah yang sulit dipahami dan jangan menggunakan bahasa yang terlalu formal.

2. Gunakan Referensi yang Relevan

Penggunaan referensi yang relevan sangat penting dalam penulisan pembahasan skripsi. Referensi yang digunakan harus sesuai dengan topik yang diangkat dan dapat mendukung hasil penelitian yang telah dilakukan.

3. Hindari Plagiarisme

Hindari melakukan plagiat pada penulisan pembahasan skripsi. Jika menggunakan referensi dari sumber lain, pastikan untuk mencantumkan sumber tersebut dengan benar.

4. Gunakan Grafik dan Tabel untuk Mendukung Penjelasan

Penggunaan grafik dan tabel dapat membantu pembaca untuk lebih mudah memahami hasil penelitian yang telah dilakukan. Gunakan grafik dan tabel yang relevan dan jangan terlalu banyak menggunakannya sehingga dapat mengganggu alur pembahasan.

Baca juga:  65 Contoh Judul Skripsi Jurusan Teknik Pertambangan Terupdate

5. Hindari Menambahkan Data yang Tidak Relevan

Hindari menambahkan data atau informasi yang tidak relevan dengan topik yang diangkat pada pembahasan skripsi. Hal ini dapat membuat pembaca bingung dan mengalihkan perhatian dari isi pembahasan skripsi.

6. Gunakan Gaya Penulisan yang Konsisten

Penggunaan gaya penulisan yang konsisten sangat penting dalam penulisan pembahasan skripsi. Pastikan untuk menggunakan format yang sama pada setiap bagian dan paragraf.

7. Periksa Kembali Tulisan Sebelum Menyerahkan

Sebelum menyerahkan pembahasan skripsi, pastikan untuk memeriksa kembali tulisan yang telah ditulis. Periksa tata bahasa, ejaan, dan kesesuaian antara isi dan referensi yang digunakan.

Kesimpulan

Penulisan pembahasan skripsi merupakan tahap akhir yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebelum menyerahkan skripsi. Pembahasan skripsi merupakan bagian yang penting karena di dalamnya terdapat penjelasan terkait hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan.

Untuk dapat menyusun pembahasan skripsi dengan baik dan benar, mahasiswa harus memperhatikan struktur pembahasan skripsi, menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, menggunakan referensi yang relevan, menghindari plagiat, menggunakan grafik dan tabel yang mendukung, menghindari penambahan data yang tidak relevan, menggunakan gaya penulisan yang konsisten, dan memeriksa kembali tulisan sebelum menyerahkan.

Dengan memperhatikan tips dan panduan yang telah dijelaskan di atas, diharapkan mahasiswa dapat menyusun pembahasan skripsi dengan baik dan benar dan dapat meraih nilai yang memuaskan. Selain itu, penulisan pembahasan skripsi yang baik juga dapat meningkatkan peringkat skripsi pada mesin pencari Google, sehingga lebih mudah diakses oleh orang yang membutuhkan informasi terkait topik yang diangkat.

Terakhir, sebagai mahasiswa, penting untuk selalu memperhatikan etika dalam penulisan skripsi, termasuk pembahasan skripsi. Hindari melakukan plagiat, mencantumkan sumber dengan benar, dan menggunakan bahasa yang sopan dan jelas. Dengan begitu, penulisan skripsi dapat dilakukan dengan baik dan dapat memberikan manfaat yang besar bagi pembaca.

Baca juga:  100+ Contoh Judul Skripsi PGSD Terlengkap dan Terupdate

Demikianlah artikel mengenai penulisan pembahasan skripsi yang dapat kami sampaikan kepada para pembaca Vadcoy.com yang selalu setia. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan etika dalam penulisan skripsi dan terus belajar untuk menjadi mahasiswa yang lebih baik. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!