Penulisan Metode Penelitian Skripsi

Vadcoy.com – Selamat datang kembali para pembaca Vadcoy semuanya! Bagi seorang mahasiswa, menyelesaikan skripsi adalah suatu hal yang paling ditunggu-tunggu. Skripsi merupakan karya ilmiah yang harus ditulis dengan serius dan dengan metode penelitian yang benar.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang penulisan metode penelitian skripsi yang tepat dan mudah dipahami.

Definisi Metode Penelitian

Metode penelitian adalah suatu cara atau sistem yang digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi yang kemudian dianalisis untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Dalam penulisan skripsi, metode penelitian digunakan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk menjawab permasalahan atau hipotesis yang diajukan.

Langkah-Langkah Penulisan Metode Penelitian Skripsi

Berikut adalah langkah-langkah penulisan metode penelitian skripsi yang tepat:

1. Menentukan Jenis Penelitian

Jenis penelitian yang dilakukan dapat berupa penelitian kualitatif atau kuantitatif. Penelitian kualitatif lebih menekankan pada pengumpulan data melalui observasi atau wawancara, sedangkan penelitian kuantitatif lebih menekankan pada pengumpulan data melalui angka dan statistik.

2. Menentukan Populasi dan Sampel

Populasi adalah kelompok orang atau objek yang menjadi subjek penelitian, sedangkan sampel adalah bagian dari populasi yang diambil sebagai representasi dari populasi. Pemilihan sampel harus dilakukan secara acak dan representatif agar hasil penelitian dapat dipercaya.

Baca juga:  100 Contoh Judul Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah - Tambahan Pertama

3. Menentukan Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang dapat digunakan antara lain observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Teknik yang dipilih harus sesuai dengan jenis penelitian yang dilakukan dan data yang dibutuhkan.

4. Menentukan Instrumen Pengumpulan Data

Instrumen pengumpulan data adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data, seperti kuesioner atau daftar pertanyaan. Instrumen yang digunakan harus valid dan reliabel agar hasil penelitian dapat dipercaya.

5. Menentukan Teknik Analisis Data

Teknik analisis data yang dapat digunakan antara lain analisis deskriptif, analisis inferensial, dan analisis multivariat. Teknik yang dipilih harus sesuai dengan jenis penelitian yang dilakukan dan data yang diperoleh.

6. Membuat Skema Penelitian

Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, selanjutnya membuat skema penelitian yang berisi tentang langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penelitian. Skema penelitian harus disusun dengan jelas dan rinci agar memudahkan dalam pelaksanaan penelitian.

Contoh Penulisan Metode Penelitian Skripsi

Berikut adalah contoh penulisan metode penelitian skripsi yang sesuai:

Judul Skripsi: Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT ABC

Jenis Penelitian

Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di PT ABC.

Populasi dan Sampel

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di PT ABC. Sampel diambil sebanyak 100 responden yang dipilih secara acak dan representatif.

Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada 100 responden yang terdiri dari karyawan di PT ABC.

Instrumen Pengumpulan Data

Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang terdiri dari 30 pertanyaan. Kuesioner telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya sebelum digunakan.

Baca juga:  Contoh Abstrak Skripsi tentang Kecerdasan Spritual Siswa Melalui Solat Dhuha

Teknik Analisis Data

Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui karakteristik responden, sedangkan analisis inferensial digunakan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan.

Skema Penelitian

Skema penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

  • Pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden.
  • Pengolahan data dengan menggunakan program SPSS.
  • Analisis deskriptif untuk menggambarkan karakteristik responden.
  • Analisis inferensial untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan.
  • Penarikan kesimpulan dari hasil analisis data.

Kesimpulan

Dalam penulisan metode penelitian skripsi, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan dengan benar agar hasil penelitian dapat dipercaya. Langkah-langkah tersebut meliputi menentukan jenis penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, instrumen pengumpulan data, teknik analisis data, dan membuat skema penelitian.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, diharapkan skripsi yang ditulis akan memiliki kualitas yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!