Penulisan Kesimpulan Skripsi

Vadcoy.com – Halo para pembaca Vadcoy.com yang selalu berbahagia… Bagi seorang mahasiswa, menyelesaikan skripsi merupakan sebuah pencapaian yang membanggakan. Setelah melewati perjalanan yang panjang dan melelahkan, akhirnya tiba saatnya untuk menulis kesimpulan skripsi.

Kesimpulan skripsi merupakan salah satu bab terpenting dalam skripsi yang sering menjadi sorotan pembaca. Dalam kesimpulan, mahasiswa harus mampu menyajikan ringkasan dari seluruh isi skripsi yang telah dibahas sebelumnya serta memberikan rekomendasi yang sesuai.

Namun, banyak mahasiswa yang kesulitan dalam menulis kesimpulan skripsi yang baik dan benar. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami akan membahas tips dan trik dalam menulis kesimpulan skripsi yang tepat dan efektif.

Apa itu Kesimpulan Skripsi?

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai tips dan trik dalam menulis kesimpulan skripsi, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu kesimpulan skripsi. Kesimpulan skripsi merupakan bagian terakhir dari skripsi yang berisi ringkasan dari seluruh isi skripsi.

Pada bagian ini, mahasiswa harus dapat menyajikan hasil dari penelitian yang telah dilakukan serta memberikan rekomendasi yang sesuai. Tujuan dari penulisan kesimpulan skripsi adalah untuk memberikan gambaran umum mengenai hasil penelitian yang telah dilakukan serta memberikan rekomendasi bagi pembaca.

Tips dan Trik Menulis Kesimpulan Skripsi yang Baik dan Benar

Menulis kesimpulan skripsi bukanlah hal yang mudah. Mahasiswa harus mampu menyajikan ringkasan dari seluruh isi skripsi dalam satu bab. Berikut adalah beberapa tips dan trik dalam menulis kesimpulan skripsi yang baik dan benar:

1. Jangan Menuliskan Kembali Ulang Judul

Saat menulis kesimpulan skripsi, hindari untuk menuliskan kembali ulang judul. Hal ini akan membuat pembaca merasa bosan dan tidak tertarik untuk membaca kesimpulan. Sebaliknya, tuliskanlah hal-hal yang menjadi fokus dari skripsi dan ringkasan dari isi skripsi yang telah dibahas sebelumnya.

2. Jangan Menambahkan Informasi Baru

Kesimpulan skripsi bukanlah tempat untuk menambahkan informasi baru yang belum dibahas sebelumnya. Fokuslah untuk memberikan ringkasan dari isi skripsi yang telah dibahas sebelumnya.

3. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Saat menulis kesimpulan skripsi, gunakanlah bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu akademis atau sulit dipahami. Ingatlah bahwa kesimpulan skripsi harus mudah dipahami oleh siapa saja, termasuk orang awam yang tidak memiliki latar belakang akademis yang sama dengan Anda.

4. Sajikan Ringkasan yang Padat dan Jelas

Sajikanlah ringkasan dari seluruh isi skripsi dengan padat dan jelas. Gunakanlah kalimat-kalimat yang singkat dan mengandung informasi yang penting. Jangan terlalu bertele-tele dalam menyajikan ringkasan, sehingga pembaca tidak merasa bosan saat membaca kesimpulan.

Baca juga:  Tips Menulis Ringkasan Skripsi

5. Berikan Rekomendasi yang Sesuai

Salah satu fungsi dari kesimpulan skripsi adalah memberikan rekomendasi yang sesuai. Berikanlah rekomendasi yang mampu memberikan solusi dari masalah yang diangkat dalam skripsi. Pastikan rekomendasi yang diberikan sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan.

6. Hindari Pengulangan yang Tidak Perlu

Saat menulis kesimpulan skripsi, hindari pengulangan yang tidak perlu. Jangan menulis kembali ulang apa yang telah dibahas sebelumnya dalam skripsi, namun sajikanlah informasi secara ringkas dan jelas. Pengulangan yang tidak perlu akan membuat pembaca merasa bosan dan tidak tertarik membaca kesimpulan.

7. Hindari Penulisan yang Bias

Saat menulis kesimpulan skripsi, hindari penulisan yang bias. Sajikanlah informasi secara objektif dan jangan berpihak pada satu sudut pandang saja. Berikanlah penjelasan yang jelas dan obyektif mengenai hasil penelitian yang telah dilakukan.

8. Sertakan Kesimpulan dari Setiap Bab

Sertakanlah kesimpulan dari setiap bab yang ada dalam skripsi. Dengan cara ini, pembaca akan lebih mudah memahami seluruh isi skripsi. Selain itu, pembaca juga dapat memahami hubungan antara bab satu dengan bab lainnya.

9. Hindari Penulisan yang Terlalu Panjang

Saat menulis kesimpulan skripsi, hindari penulisan yang terlalu panjang. Kesimpulan skripsi sebaiknya tidak lebih dari 10% dari keseluruhan skripsi. Jangan terlalu bertele-tele dalam menyajikan informasi, sehingga pembaca merasa bosan saat membaca kesimpulan.

10. Tetap Fokus pada Topik yang Diangkat

Saat menulis kesimpulan skripsi, tetap fokus pada topik yang diangkat. Jangan menyimpang dari topik yang telah dibahas sebelumnya. Berikanlah ringkasan dari seluruh isi skripsi secara fokus dan jelas.

11. Sertakan Ucapan Terima Kasih

Sertakanlah ucapan terima kasih pada akhir kesimpulan skripsi. Ucapan terima kasih dapat diberikan kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penelitian, seperti dosen pembimbing, teman-teman, dan keluarga.

12. Berikan Penutup yang Efektif

Berikanlah penutup yang efektif pada kesimpulan skripsi. Penutup dapat berupa kalimat penutup yang singkat namun dapat memperkuat kesimpulan yang telah disampaikan sebelumnya. Hindari penutup yang terlalu klise atau mengulang-ulang kesimpulan yang telah disampaikan sebelumnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penulisan Kesimpulan Skripsi
Susunlah kesimpulan dengan rapi dan terstruktur
Sajikanlah ringkasan yang padat dan jelas
Berikan rekomendasi yang sesuai
Hindari pengulangan yang tidak perlu
Hindari penulisan yang bias
Sertakan kesimpulan dari setiap bab
Hindari penulisan yang terlalu panjang
Tetap fokus pada topik yang diangkat
Sertakan ucapan terima kasih
Berikan penutup yang efektif

Para pembaca Vadcoy.com yang selalu setia, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan kesimpulan skripsi. Kesimpulan skripsi merupakan bagian penting dari skripsi yang harus disusun dengan rapi dan terstruktur.

Penulisan kesimpulan skripsi harus disesuaikan dengan topik dan tujuan penulisan skripsi. Selain itu, kesimpulan skripsi juga harus disampaikan secara singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami oleh pembaca.

Penutup adalah bagian akhir dari kesimpulan skripsi yang dapat memperkuat kesimpulan yang telah disampaikan sebelumnya. Penutup dapat berupa kalimat penutup yang singkat namun dapat memperkuat kesimpulan yang telah disampaikan sebelumnya. Hindari penutup yang terlalu klise atau mengulang-ulang kesimpulan yang telah disampaikan sebelumnya.

Baca juga:  Mau Jadi Orang Kaya Baru? Selain Usaha, Lakukan 11 Hal Ini

Penutup

Dalam penulisan kesimpulan skripsi, penutup menjadi bagian yang tidak kalah penting. Penutup merupakan kesempatan terakhir bagi penulis skripsi untuk menyampaikan kesan terakhir dan meninggalkan kesan yang baik kepada pembaca skripsi. Oleh karena itu, penutup harus disusun dengan baik dan efektif.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan penutup.

Pertama, pastikan penutup dapat memperkuat kesimpulan yang telah disampaikan sebelumnya. Gunakan kata-kata yang menguatkan kesimpulan dan menggugah pembaca untuk berpikir lebih lanjut mengenai topik yang dibahas.

Kedua, hindari penutup yang terlalu klise atau mengulang-ulang kesimpulan yang telah disampaikan sebelumnya. Hal ini akan membuat pembaca merasa bosan dan kehilangan minat pada skripsi yang dibaca.

Ketiga, jangan menambahkan informasi baru dalam penutup. Informasi baru dapat membingungkan pembaca dan membuat kesimpulan yang disampaikan sebelumnya menjadi kurang jelas.

Dalam penutup, penulis skripsi juga dapat memberikan pesan atau harapan terhadap pembaca skripsi. Pesan atau harapan ini dapat berupa dorongan untuk melanjutkan penelitian yang sama atau pesan moral yang dapat diambil dari topik yang dibahas. Hal ini dapat membuat pembaca merasa terinspirasi dan memberikan dampak positif pada pembaca.

Dalam penutup, penulis skripsi juga dapat mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penulisan skripsi. Hal ini dapat menunjukkan rasa hormat dan apresiasi penulis terhadap pihak-pihak tersebut.

Terakhir, penulis skripsi dapat mengakhiri penutup dengan kalimat yang singkat namun efektif. Kalimat tersebut dapat berupa harapan, motivasi, atau ucapan terima kasih yang singkat namun dapat memberikan kesan yang kuat bagi pembaca.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan penutup skripsi. Dengan menyusun penutup dengan baik dan efektif, diharapkan skripsi yang telah ditulis dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi sumber referensi yang berguna di masa depan.

Contoh Penulisan Kesimpulan Skripsi

Berikut ini adalah contoh penulisan kesimpulan skripsi yang dapat menjadi referensi bagi pembaca.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa. Siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi cenderung lebih tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Dalam penelitian ini, teknologi informasi yang digunakan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah aplikasi pembelajaran berbasis multimedia. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur interaktif yang memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki tampilan yang menarik dan menyenangkan sehingga membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Namun, meskipun penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar dapat memberikan hasil yang lebih baik, penggunaannya harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Penggunaan teknologi informasi yang berlebihan dapat membuat siswa menjadi tergantung pada teknologi sehingga kurang mampu untuk berpikir kritis dan mandiri.

Oleh karena itu, diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan dalam pengembangan pembelajaran matematika yang lebih efektif dan inovatif dengan menggunakan teknologi informasi.

Baca juga:  250+ Contoh Judul Skripsi Informasi Manajemen Terlengkap

Saran

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis mengusulkan beberapa saran untuk pengembangan pembelajaran matematika di sekolah dasar dengan menggunakan teknologi informasi.

Pertama, penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran matematika harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Penggunaan teknologi informasi yang berlebihan dapat membuat siswa menjadi tergantung pada teknologi sehingga kurang mampu untuk berpikir kritis dan mandiri.

Kedua, aplikasi pembelajaran berbasis multimedia yang digunakan dalam penelitian ini dapat dikembangkan dengan fitur-fitur yang lebih interaktif dan inovatif. Hal ini dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.

Ketiga, penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran matematika dapat diintegrasikan dengan penggunaan media lain seperti buku dan alat peraga. Dengan penggunaan media yang beragam, pembelajaran matematika dapat menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

Penutup

Demikianlah hasil penelitian mengenai penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi informasi dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa.

Namun, penggunaan teknologi informasi harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswa agar tidak membuat siswa menjadi tergantung pada teknologi.

Sebagai calon sarjana, penulisan kesimpulan skripsi adalah hal yang sangat penting karena merupakan hasil akhir dari penelitian yang telah dilakukan. Dalam penulisan kesimpulan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti ringkasan hasil penelitian, kesimpulan yang didapat, saran untuk pengembangan penelitian selanjutnya, dan penegasan terhadap tujuan penelitian yang telah tercapai.

Dengan penulisan kesimpulan yang baik dan benar, maka penelitian yang telah dilakukan dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang positif bagi dunia akademik dan masyarakat.

Sebagai tambahan, berikut adalah tabel yang menunjukkan contoh format penulisan kesimpulan skripsi:

No. Ringkasan Hasil Penelitian Kesimpulan Saran
1 Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa. Penggunaan teknologi informasi harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswa agar tidak membuat siswa menjadi tergantung pada teknologi. Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran matematika dapat dikembangkan dengan fitur-fitur yang lebih interaktif dan inovatif. Penggunaan teknologi informasi dapat diintegrasikan dengan penggunaan media lain seperti buku dan alat peraga.

Kesimpulan

Penulisan kesimpulan skripsi merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh dianggap sepele. Kesimpulan skripsi menjadi salah satu bagian terpenting dari skripsi karena berisi ringkasan dari seluruh isi skripsi, hasil penelitian, rekomendasi, dan kesimpulan yang didapat.

Kesimpulan skripsi juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi penulis skripsi dan pembaca skripsi. Oleh karena itu, penulisan kesimpulan skripsi harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Agar kesimpulan skripsi dapat menjadi efektif, pastikan kesimpulan disusun dengan rapi dan terstruktur. Sajikanlah ringkasan dari seluruh isi skripsi dengan padat dan jelas, berikan rekomendasi yang sesuai, hindari pengulangan yang tidak perlu, hindari penulisan yang bias, sertakan kesimpulan dari setiap bab, hindari penulisan yang terlalu panjang, tetap fokus pada topik yang diangkat, sertakan ucapan terima kasih, dan berikan penutup yang efektif.

Dalam penulisan kesimpulan skripsi, pastikan Anda menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu formal atau sulit dipahami oleh pembaca awam. Selain itu, pastikan Anda menggunakan tanda baca yang benar agar tulisan Anda terlihat lebih rapi dan mudah dipahami.

Hai para pembaca Vadcoy.com yang selalu setia, itu dia artikel mengenai penulisan kesimpulan skripsi. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca dalam menyelesaikan penulisan kesimpulan skripsi dengan baik dan benar.

Ingatlah bahwa penulisan kesimpulan skripsi merupakan hasil akhir dari penelitian yang telah dilakukan, sehingga perlu ditulis dengan cermat dan hati-hati. Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!