Penulisan Daftar Pustaka Skripsi

Vadcoy –  Hai para pembaca Vadcoy.com yang selalu setia! Apakah kalian sedang menulis skripsi? Sudahkah kalian menyusun daftar pustaka dengan benar? Daftar pustaka adalah bagian penting dari skripsi yang harus disiapkan dengan teliti.

Pada artikel ini, saya akan membahas tentang penulisan daftar pustaka skripsi dengan santai dan mudah dipahami.

Apa itu Daftar Pustaka?

Sebelum membahas tentang cara menyusun daftar pustaka skripsi, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu daftar pustaka. Daftar pustaka adalah bagian dari skripsi yang berisi informasi tentang sumber referensi yang digunakan dalam penulisan skripsi. Sumber referensi ini dapat berupa buku, jurnal, artikel, website, dan lain sebagainya.

Pentingnya Daftar Pustaka dalam Skripsi

Daftar pustaka sangat penting dalam skripsi karena dapat membantu pembaca untuk mencari informasi yang lebih lanjut tentang topik yang dibahas. Selain itu, daftar pustaka juga dapat membantu memperkuat argumen yang disampaikan dalam skripsi. Tanpa daftar pustaka yang benar, skripsi tidak akan terlihat profesional dan bisa merusak citra diri penulis.

Baca juga:  Cara Cek PIP Lewat HP

Cara Menyusun Daftar Pustaka Skripsi

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam menyusun daftar pustaka skripsi:

1. Pilih Sumber Referensi yang Relevan

Pilihlah sumber referensi yang relevan dengan topik yang dibahas dalam skripsi. Pastikan sumber referensi yang digunakan adalah sumber yang dapat dipercaya dan memiliki kualitas yang baik. Sumber referensi yang digunakan juga sebaiknya merupakan sumber yang terbaru atau tidak lebih dari 5 tahun.

2. Buat Format Penulisan Daftar Pustaka

Buat format penulisan daftar pustaka sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh fakultas atau universitas. Biasanya format penulisan daftar pustaka terdiri dari jenis sumber referensi, judul sumber referensi, nama pengarang, penerbit, dan tahun terbit.

3. Susun Daftar Pustaka Secara Alfabetis

Susun daftar pustaka secara alfabetis berdasarkan nama pengarang. Jika sumber referensi tidak memiliki nama pengarang, maka dapat diurutkan berdasarkan judul sumber referensi. Pastikan susunan daftar pustaka konsisten dan tidak ada kesalahan dalam penulisan nama pengarang atau judul sumber referensi.

4. Periksa Kembali Daftar Pustaka

Sebelum menyertakan daftar pustaka dalam skripsi, periksa kembali daftar pustaka tersebut untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan. Pastikan semua sumber referensi yang digunakan telah tercantum dalam daftar pustaka.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Berdasarkan Jenis Sumber Referensi

Penulisan daftar pustaka dapat berbeda-beda tergantung pada jenis sumber referensi yang digunakan. Berikut ini adalah contoh penulisan daftar pustaka berdasarkan jenis sumber referensi:

Buku

Penulisan daftar pustaka untuk buku umumnya terdiri dari nama pengarang, tahun terbit, judul buku, dan penerbit. Contohnya:

Hartono, S. (2018). Manajemen Pemasaran. BPFE Yogyakarta.

Jurnal

Penulisan daftar pustaka untuk jurnal umumnya terdiri dari nama pengarang, tahun terbit, judul artikel, nama jurnal, volume, dan nomor. Contohnya:

Baca juga:  Cara Penarikan Uang di OVO yang Praktis dan Mudah

Syamsul, M. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Online Shop. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1(2).

Artikel dalam Buku

Penulisan daftar pustaka untuk artikel dalam buku umumnya terdiri dari nama pengarang artikel, tahun terbit, judul artikel, nama editor buku, judul buku, dan penerbit. Contohnya:

Fitriani, I. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. In A. Suyatno (Ed.), Manajemen Pemasaran (hal. 34-45). Penerbit Andi.

Website

Penulisan daftar pustaka untuk website umumnya terdiri dari nama pengarang (jika ada), tahun terbit, judul halaman, nama website, dan URL. Contohnya:

Kementerian Kesehatan RI. (2021). Pedoman Pencegahan COVID-19. Diakses pada 4 April 2023, dari https://www.kemkes.go.id/

Tips Menulis Daftar Pustaka Skripsi

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu dalam menulis daftar pustaka skripsi:

1. Gunakan Sumber Referensi yang Aktual dan Terpercaya

Gunakan sumber referensi yang aktual dan terpercaya agar skripsi terlihat lebih profesional dan berkualitas. Pastikan sumber referensi yang digunakan juga relevan dengan topik yang dibahas dalam skripsi.

2. Periksa Ulang Daftar Pustaka

Periksa ulang daftar pustaka sebelum menyertakannya dalam skripsi. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan seperti kesalahan ejaan atau penulisan nama pengarang yang salah.

3. Gunakan Referensi dari Sumber yang Berbeda-beda

Gunakan referensi dari sumber yang berbeda-beda untuk memperkuat argumen yang disampaikan dalam skripsi. Dengan menggunakan referensi dari sumber yang berbeda-beda, maka skripsi akan terlihat lebih komprehens

4. Urutkan Daftar Pustaka dengan Benar

Urutkan daftar pustaka dengan benar sesuai dengan jenis sumber referensi yang digunakan. Gunakan aturan penulisan yang benar seperti penggunaan tanda titik, koma, dan huruf kapital.

5. Gunakan Alat Bantu untuk Membuat Daftar Pustaka

Gunakan alat bantu seperti EndNote atau Mendeley untuk memudahkan penulisan daftar pustaka. Dengan menggunakan alat bantu tersebut, penulisan daftar pustaka dapat dilakukan dengan lebih efisien dan akurat.

Baca juga:  65 Contoh Judul Skripsi Jurusan Teknik Pertambangan Terupdate

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Skripsi

Berikut ini adalah contoh penulisan daftar pustaka skripsi yang baik dan benar:

Abdulloh, F. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Minuman Isotonik Ades. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.

Adriana, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Restoran Sate Padang Sederhana di Kota Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Fitriani, I. (2021). Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Hotel Santika Premiere Jakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Hartono, S. (2018). Manajemen Pemasaran. BPFE Yogyakarta.

Kementerian Kesehatan RI. (2021). Pedoman Pencegahan COVID-19. Diakses pada 4 April 2023, dari https://www.kemkes.go.id/

Syamsul, M. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Online Shop. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1(2).

Kesimpulan

Penulisan daftar pustaka skripsi merupakan salah satu bagian penting dalam penulisan skripsi. Penulisan daftar pustaka yang baik dan benar dapat meningkatkan kualitas skripsi dan menunjukkan bahwa penulis telah melakukan penelitian yang mendalam dan menggunakan sumber referensi yang terpercaya.

Untuk itu, perhatikan tips-tips di atas dan pastikan untuk mengurutkan daftar pustaka dengan benar sesuai dengan jenis sumber referensi yang digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca Vadcoy.com yang selalu setia. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!