Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, dan Struktur Teks Editorial

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Admin akan membahas tentang Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, dan Struktur Teks Editorial. Silahkan Anda simak pembahasannya dibawah ini!

Pengertian teks editorial

Teks editorial merupakan sebuah artikel pada surat fakta yang adalah pendapat atau pandangan redaksi terhadap suatu insiden yag aktual atau sedang sebagai perbincangan hangat dalam ketika surat fakta itu diterbitkan.

Isu atau perkara aktual itu bisa berupa perkara politik, sosial, juga perkara ekonomi yang berkaitan menggunakan politik. Contoh cerita yang diangkat contohnya mengenai kenaikan BBM, reshuffle kabinet, kebijakan impor dll. Teks editorial umumnya akan ada secara rutin pada koran atau majalah.

Tujuan teks editorial

    • Teks editorial bertujuan mengajak pembaca ikut berpikir mengenai cerita aktual yang sedang hangat dibicarakan atau sedang terjadi pada kehidupan sekitar.
    • Teks editorial bertujuan buat menaruh opini atau pandangan redaksi pada pembaca terhadap gosip yang sedang berkembang.

Ciri-Ciri Teks Editorial

  • Topik goresan pena teks editorial selalu hangat (sedang berkembang dan dibicarakan secara luas masyarakat), bersifat aktual dan faktual.
  • Teks editorial bersifat sistematis dan logis.Teks editorial adalah sebuah opini / pendapat yang bersifat argumentative.
  • Teks editorial menarik buat dibaca, lantaran ditulis dengan memakai kalimat yang singkat, padat dan jelas.

Stuktur teks editorial

  • Pernyataan pendapat (tesis), bagian yang berisi sudut pandang penulis mengenai perkara yg dibahas, umumnya berisi sebuah teori yang akan diperkuat oleh argumen.
  • Argumentasi, adalah alasan atau bukti yang dipakai guna memperkuat pernyataan pada tesis. Argumentasi yang diberikan bisa berupa pertanyaan umum/data output penelitian, pernyataan para ahli, juga berita-berita dari surat keterangan yg mampu dipercaya.
  • Pernyataan/Penegasan ulang pendapat (Reiteration), adalah bagian yang berisi penegasan ulang pendapat yang didukung berita pada bagian argumentasi guna memperkuat/menegaskan.
  • Penegasan ulang berada pada bagian akhir teks.
Baca juga:  Kunci Jawaban Buku Paket Mapel Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 255

Seperti itulah pembahasan Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, dan Struktur Teks Editorial yang bisa Admin bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!