Manfaat Gerakan Solat bagi Kesehatan Badan

Vadcoy.com – Pada kali ini, Mang Ocoy akan membagikan postingan tentang “Manfaat Gerakan Solat bagi Kesehatan Badan”. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini!

Salat pada hakekatnya terdiri dari tiga unsur, yaitu gerakan, bacaan doa, dan kekhusyukan hati dalam menjalankan ibadah salat yang ditandai dengan pemahaman arti doa atau ayat suci yang diucapkan. Dari ketiga unsur tersebut, menjadi satu rangkaian yang tidak bisa dipisahkan dalam menjalankan salat.

Akan tetapi dari ketiga unsur tersebut, unsur gerakan ternyata tidak hanya memiliki makna sebagai gerakan ibadah. Namun setiap gerakan dalam ibadah salat, memberi manfaat kesehatan bagi hamba yang melaksanakannya bila setiap tahapan gerakan salat dilakukan sesuai dengan tuntunannya.

Saat mulai salat yang ditandai dengan ‘Takbiratul Ihram’ sampai dengan ‘Salam’, semuanya memiliki rangkaian gerakan ibadah yang memberi manfaat bagi kesehatan anggota badan.

Manfaat Gerakan Solat bagi Kesehatan Badan

Manfaat Gerakan Solat bagi Kesehatan Badan

1. Takbiratul Ihram

Pertama adalah gerakan takbiratul ihram. Pada saat tangan terangkat, maka tulang rusuk akan ikut terangkat pula, sehingga terjadi pelebaran rongga dada.

Pada saat itu pula, seharusnya udara nafas akan masuk. Namun bersamaan dengan itu, orang yang hendak mulai salat ternyata harus mengucapkan Takbir, sehingga memaksa udara harus mengalir keluar.

Dalam Takbiratul Ihram yang dibarengi dengan mengangkat kedua telapak tangan, hingga keduanya sejajar dengan telinga kanan dan kiri. Hal itu memberi manfaat kesehatan pada organ tubuh paru-paru, sekat rongga dada, dan kelenjar getah bening. Hal itu juga menjadikan sekat rongga dada (diafragma) menjadi terlatih.

2. Meletakkan tangan di dada

Setelah takbiratul ihram, lalu kedua telapak tangan akan diletakkan di atas dada. Dengan gerakan ini, maka bahu kanan dan kiri otomatis akan terangkat dan ketiak sebagai stasiun peredaran limfa akan tetap terbuka.

Silahkan baca juga:  Kumpulan Kata-kata Ucapan Nisfu Syaban 2022/1443 Hijriyah

Selain itu, ketika tangan terangkat maka ketiak pun akan terbuka. Padahal ketiak termasuk induk atau stasiun dari peredaran kelenjar getah bening (limfa) di seluruh tubuh. Dengan gerakan takbir yang berulang-ulang dalam gerakan salat, maka secara tidak langsung melakukan active pumping kelenjar getah bening ke seluruh tubuh.

3. Ruku

Selanjutnya adalah gerakan ruku. Dalam gerakan ruku, yang benar posisi punggung, leher, dan kepala harus membentuk garis horisontal atau lurus sejajar. Dengan posisi ini, berat badan bergeser ke depan, sehingga terjadi relaksasi atau peregangan ruas tulang belakang.

Relaksasi ini sangat bermanfaat untuk memelihara tulang belakang yang selalu terkompresi. Tapi dengan adanya relaksasi ruas tulang belakang ini, hanya dialami bagi orang yang melaksanakan ruku dalam waktu yang cukup. Bagi orang yang salatnya dilaksanakan dengan buru-buru, manfaatnya mungkin tidak akan terlalu terasa.

4. Sujud

Gerakan sujud memberi manfaat bagi daya tahan pembuluh darah di otak. Posisi kepala yang lebih rendah dari jangtung, menyebabkan darah menumpul di pembuluh darah otak.

Hal ini secara tidak langsung melatih pembuluh darah di otak agar tidak mudah terserang stroke. Intinya, gerakan sujud merupakan gerakan anti stroke jika dilakukan dengan benar.

5. Duduk antara 2 sujud

Selanjutnya adalah gerakan duduk di antara dua sujud. Gerakan ini ternyata memperkuat jantung beserta sistem sirkulasi darah di seluruh bagian tubuh. Ketika seseorang melaksanakan ibadah salat berada dalam posisi duduk di antara dua sujud, maka aliran darahnya tidak akan sampai ke bagian kedua kaki bagian bawah.

6. Salam

Gerakan terakhir adalah salam. yaitu dengan menolah ke kanan dan ke kiri hingga kedua pipi terlihat oleh orang yang berada di belakangnya. Gerakan ini ternyata menjadikan relaksasi pada otot dan tulang leher. Di leher, terdapat banyak sekali jaringan sistem syaraf dan juga pembuluh darah yang menghubungkan kepala dan bagian badan.

Silahkan baca juga:  9 Karakteristik (Akhlak) yang Bisa Menjadikan Seseorang Sempurna

Gerakan ini juga secara tidak langsung akan menjauhkan seseorang dari gangguan syaraf. Sirkulasi darah pada jari kaki orang yang sedang duduk di antara kedua sujud, ternyata nol. Denyut nadi tidak terasa sama sekali, saat orang dalam posisi duduk seperti ini.

Itulah “Manfaat Gerakan Solat bagi Kesehatan Badan” yang bisa Mang Ocoy sampaikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Check Also

Sejarah Nisfu Sya'ban dan Amalan-amalannya

Sejarah Nisfu Sya’ban dan Amalan-amalannya

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membahas tentang Sejarah Nisfu Sya’ban dan Amalan-amalannya, …

Kumpulan Kata-kata Ucapan Bulan Ramadhan 2022/1443 Hijriyah

Kumpulan Kata-kata Ucapan Bulan Ramadhan 2022/1443 Hijriyah

Vadcoy.com – Bulan Suci Ramadhan tahun 2022 atau 1443 Hijriyah, InsyaAllah akan jatuh pada tanggal 04 …