Kunci Jawaban Buku Paket Mapel Sejarah Indonesia Kelas 12 Halaman 151

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Admin akan membahas tentang Kunci Jawaban Buku Paket Mapel Sejarah Indonesia Kelas 12 Halaman 151. Silahkan simak pembahasannya dibawah ini!

Adapun di buku paket mapel Sejarah Indonesia halaman 151, berisi dua soal untuk para siswa yaitu tentang agenda Reformasi serta arti Reformasi.

Mereka juga diminta untuk mendiskusikan arti Reformasi dengan kelompoknya. Oleh karena itu, jawaban tidak harus terpaku dengan kunci jawaban berikut.

Lebi baik, membuat rangkan sendiri sesuai dengan bahasa masing-masing.

Sebelum melihat kunci jawaban berikut, sebaiknya jika siswa terlebih dahulu mengerjakan soal secara mandiri. Kemudia para siswa baru bisa membuka kunci jawaban ini.

Kunci Jawaban Buku Paket Mapel Sejarah Indonesia Kelas 12 Halaman 151

Soal

1. Dari enam agenda Reformasi, coba identiikasi agenda mana saja yang sudah berhasil dicapai, dan bagaimana penerapannya di lapangan.

2. Coba diskusikan dalam kelompok, apa arti Reformasi, suatu kata yang sangat populer didengungkan menjelang akhir kekuasaan pemerintah Orde Baru.

Jawaban

1. Berikut agenda reformasi yang berhasil tercapai;

Agenda reformasi yang pertama adalah rakyat meminta agar Suharto dan kroni-kroninya untuk diadili. Hal ini karena rakyat menganggap bahwa selama 32 tahun asa pemerintahannya, Suharto dan para kronnya itulah yang menyebabkan penyelewengan. Baik itu dalam bidang ekonomi, yang berupa praktek kegiatan KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme), maupun dalam bidang keuangan negara yang sudah menyebabkan kerugian keuangan negara sebesar triliunan rupiah.

Rakyat meminta agar UUD 1945 di amandemen supaya dapat mengubah keadaan NKRI. Suharto bisa berkuasa selama 32 tahun, dan Sukarno bisa berkuasa selama seumur hidup. Hal tersebut disebabkan karena tidak adanya peraturan hukum yang menegaskan tentang pembatasan kekuasaan, baik itu bagi presiden maupun menteri-menterinya. Maka dari itu jika UUD tidak segera di amandemen, hal ini akan menyebabkan penguasa selanjutnya menguatkan masa jabatannya.

Baca juga:  Kunci Jawaban Buku Paket Mapel Sejarah Indonesia Kelas 12 Halaman 220

Kekuasaan yang hanya berpusat pada satu titik menyebabkan banyak terjadinya penyelewengan di beberapa daerah, maka dari itu perluasan otonomi daerah menjadi salah satu agenda reformasi. Otonomi daerah harus diberlakukan seluas-luasnya agar semua daerah diberi kewenangan untuk mengatur pembangunan dan nantinya dapat meratakan kesejahteraan penduduk di seluruh daerah di Indonesia.

ABRI atau Angkatan Bersenjata Republik Indonesia pada masa orde baru memiliki dwifungsi atau dua fungsi, yaitu fungsi keamanan dan fungsi sosial politik, namun hal ini telah melenceng sangat jauh. Bahkan tentara pada orde baru malah memiliki kekuatan yang besar dan malah bukan seperti di bawah kendali sipil secara obyektif. Maka dari itu, hal ini merupakan salah satu agenda reformasi agar nantinya segala sesuatu yang ada dalam negeri diatur oleh undang-undang, dan agar tidak terjadi lagi penyelewengan fungsi lembaga.

Munculnya orde baru dengan maksud yang menggantikan kekuasaan sebelumnya ini malahan menyebabkan negara ini tidak berjalan sesuai tujuan awalnya. Justru malah banyak sekali keluarga elite yang berusaha sekeras-kerasnya agar bisa mengeruk harta negara sebesar-besarnya. Untuk itu rakyat memutuskan penghapusan KKN masuk ke dalam agenda reformasi.

Pada kekuasaan orde baru, hukum justru digunakan untuk menghukum rakyat,dan para penguasa negaranya bertugas untuk mempertinggi kekuasaannya dan memperkaya dirinya sendiri-sendiri. Untuk itu, pada era reformasi ini supremasi hukum akan selalu ditegakkan, agar hukum yang ada itu menjadi landasan penyelenggaraan kekuasaan di negara ini, bukan hanya digunakan untuk menghakimi rakyat saja.

2. Arti reformasi adalah kembali. Dalam hal ini adalah kembali ke jalur pemerintahan yang sebenarnya yakni yang sesuai dengan pelaksanaan pancasila dan UUD yang pada masa orde baru terjadi kembali penyelewengan terhadap pancasila sehingga arti reformasi adalah kembali ke tujuan awal yaitu melaksanakan pemerintahan sesusai pancasila dan UUD.

Baca juga:  Kunci Jawaban Buku Paket Mapel Matematika Kelas 12 Halaman 190 Dan 191

Itulah pembahasan Kunci Jawaban Buku Paket Mapel Sejarah Indonesia Kelas 12 Halaman 151 yang bisa Admin bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!