Kunci Jawaban Buku Paket Mapel Prakarya Kelas 10 Semester 2 Halaman 78

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Admin akan membahas tentang Kunci Jawaban Buku Paket Mapel Prakarya Kelas 10 Semester 2 Halaman 78. Silahkan simak pembahasannya dibawah ini!

Dibawah ini merupakan Kunci Jawaban Buku Paket Mapel Prakarya Kelas 10 Semester 2 Halaman 78.

Adapun di buku paket mapel Prakarya kelas 10 setemester 2 halaman 78 ini, para siswa agar mengerjakan soal terkait perbanyakan tanaman hias di daerah sekitar.

Sebaiknya sebelum para siswa melihat kunci jawaban ini, mereka terlebih dahulu mengerjakan soal secara mandiri. Kemudian para siswa bisa melihat kunci jawaban berikut.

Disisi lain, tanaman hias yang ada di wilayah tiap-tiap siswa tidak selalu sama, untuk itu jawaban juga bisa berbeda-beda anta siswa yang satu dan lainnya.

Kunci Jawaban Buku Paket Mapel Prakarya Kelas 10 Semester 2 Halaman 78

Soal

1. Carilah lima jenis tanaman hias yang ada di wilayah sekitarmu !

2. Pelajarilah lebih jauh tentang cara perbanyakannya!

Jawaban

Bunga Anggrek

Bunga anggrek merupakan tanaman hias bunga yang cukup populer di Indonesia.

Bunga anggrek sering dipergunakan sebagai ungkapan rasa cinta, simbol kemewahan dan keindahan selama ratusan tahun.

Bunga yang masuk ke dalam suku Orchidaceae ini mempunyai banyak sekali varietas dengan keindahan yang dibawa masing-masing variasinya.

Di Indonesia, ada sekitar 5.000 – 6.000 jenis bunga anggrek yang sengaja dibudidayakan atau tumbuh secara liar.

Kita juga bisa dengan mudah menemukan tanaman anggrek yang dijual di dalam pot pada toko-toko tanaman.

Anggrek juga biasa digunakan sebagai bunga potong. Pesona dari bunga anggrek telah menjadikannya bunga nasional Singapura dan Thailand.

Cara perbanyak:

Bunga mawar

Bunga mawar dikenal memiliki julukan sebagai “ratu bunga” dikarenakan mempunyai keindahan dan keunikan yang khas.

Baca juga:  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 1 Kelas 6 SD Halaman 75

Bentuk yang indah pada kelopak bunga mawar didukung dengan aromanya yang menarik.

Selain anggrek, tanaman hias bunga mawar juga diindentikan dengan simbol perasaan cinta terhadap seseorang.

Bunga mawar memilik iwarna-warna yang terang, mulai dari putih, merah, pink, dan ungu.

Bunga mawar sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan tempat tumbuhnya, mulai dari Hybrid Tea, Floribunda, Polyantha, Grandiflora, dan Climbing Rose.

Mawar termasuk sebagai tanaman hias bunga yang mempunyai nilai ekonomi tinggi karena harga jual dari satu set tanaman, bunga potong, hingga bunga taburnya bisa mencatut angka jutaan rupiah.

Cara perbanyak: Perbanyakan bunga mawar dapat dilakukan melalui biji, setek, cangkok, okulasi, dan penyambungan.

Bunga melati

Tanman ini digolongkan sebagai tumbuhan perdu yang termasuk ke dalam macam-macam tanaman hias bunga.

Tanaman merambat yang terdiri dari sekitar 200 spesies ini tumbuh dengan subur di daerah beriklim tropis dan hangat seperti Eurasia, Australasia, Oseania, dan Indonesia. Melati terkenal akan aroma wangi yang khas.

Pembudidayaan bunga melati di Indonesia sudah dilakukan sejak lama. Bahkan, ada salah satu jenis melati yang dijadikan simbol nasional atau “puspa bangsa” yakni melati putih (Jasminum sambac) yang melambangkan kesucian, kemurahan, dan punya kaitan kuat dengan berbagai tradisi di banyak suku di Indonesia.

Cara perbanyak:

Bunga kembang sepatu

Hibiscus rosa-sinensis alias kembang sepatu adalah bunga dengan kelopak cantik berwarna merah terang yang tergabung dalam suku Malvaceae.

Kembang sepatu adalah tanaman semak yang berasal dari Asia Timur. Di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia, kembang sepatu lebih sering ditanam sebagai tanaman hias.

Warna merah dengan ukuran kelopak yang besar melebar menjadi ciri khas dari kembang sepatu.

Baca juga:  Soal Latihan Matematika Kelas 11 Materi Barisan Geometri Buku Paket Halaman 203

Selain warna merah tunggal, ada juga kembang sepatu dengan warna lain seperti kuning, oranye, putih, merah tua, dan merah jambu.

Bunga kembang sepatu di daerah Sumatera dan Malaysia disebut sebagai bunga raya. Sementara di Malaysia, tepat tanggal 28 Juli 1960 kembang sepatu disahkan sebagai bunga nasional Malaysia.

Cara perbanya: dengan menggunakan metode pemangkasan.

Bunga kamboja

Ditemukan oleh seorang botanis berkebangsaan Perancis, Charles Plumier, menjadikan bunga kamboja menyandang nama latin Plumeria.

Keberadaan bunga kamboja di Indonesia menjadikan tempat tumbuhnya mendapatkan anggapan sebagai tempat keramat, semisal di pemakaman atau tempat-tempat untuk sebagian orang yang masih menjalankan ritual-ritual tertentu.

Meskipun mendapatkan kesan horor, kamboja termasuk ke dalam macam-macam tanaman hias bunga dengan keindahan yang tak mungkin bisa untuk ditampik.

Bunga kamboja bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat dikarenakan menyimpan sejumlah senyawa berkhasiat, seperti triterprenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin.

Zat-zat tersebut bisa membantu meredakan demam, mengatasi radang, dan mengurangi rasa sakit.

Cara perbanyak: Setek batang

Itulah pembahasan Kunci Jawaban Buku Paket Mapel Prakarya Kelas 10 Semester 2 Halaman 78 yang bisa Admin bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!