Kunci Jawaban Buku Paket Mapel PAI Kelas 8 Kurikulum Merdeka Halaman 26

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Admin akan membahas tentang Kunci Jawaban Buku Paket Mapel PAI Kelas 8 Kurikulum Merdeka Halaman 26. Silahkan simak pembahasannya dibawah ini!

Dibawah ini merupakan kunci jawaban buku Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekeri kelas 8 Kurikulum Merdeka halaman 26. Perlu diingat, kunci jawaban ini hanya resmi dari situs Vadcoy.com, bukan situs yang lain.

Adapun di buku Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekeri kelas 8 Kurikulum Merdeka halaman 26 berisi beberapa soal esai.

Dan pada siswa harus menjawab soal tersebut berdasarkan kemampuan masing-masing.

Kemudian sebelum para siswa melihat kunci jawabannya, sebaiknya para siswa mengerjakan soal secara mandiri.

Kunci Jawaban Buku Paket Mapel PAI Kelas 8 Kurikulum Merdeka Halaman 26

Berikut soal beserta jawaban buku Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekeri kelas 8 Kurikulum Merdeka halaman 26.

1. Q.S. ar-Rum/30:41 dijelaskan bahwa telah tampak kerusakan di laut dan di darat sebagai akibat dari perbuatan manusia. Apa maksudnya? Jelaskan!

Jawaban:

Maksud dari Q.S. ar-Rum/30:41 bahwa telah tampak kerusakan di darat ,seperti; kekeringan.

Begitu juga di laut, terjadi kerusakan ekologi seperti kekurangan hasil laut dan tenggelam, ikan dan terumbu karang yang rusak.

Kerusakan ini diakibatkan oleh tangan manusia yang durhaka. Kerusakan itu membuat Allah menurunkan bencana sebagai akibat perbuatan dosa dan pelanggaran yang mereka lakukan agar mereka kembali ke jalan Allah.

2. Q.S. Ibrahim/14:32 dijelaskan bahwa alam ini diciptakan sebagai rizki untuk umat manusia. Apa maksudnya? Jelaskan

Jawaban:

Maksud dari Ayat tersebut adalah manusia harus memanfaatkan semua hal yang ada di alam ini yang merupakan rezeki yang Allah berikan kepada manusia untuk dimanfaatkan dengan baik.

Baca juga:  Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Halaman 102

Allah telah menciptkan semua makhluk dan memberikan kepada makhluk yang telah diciptakan.

Allah memberikan rezeki kepada umat manusia yang merupakan salah satu makhluk yang telah Allah ciptakan.

Salah satu Asmaul Husna Allah yang menunjukkan bahwa Allah memberikan rezeki kepada makhluk adalah Asmaul Husna Ar Razaq.

Untuk itu, manusia harus menjaga rezeki yang telah Allah berikan sehingga rezeki tersebut tidak hilang dan tidak rusak.

3. Apa maksud ungkapan “Agar kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya” dalam Q.S. Az-Zukhruf/43:13? Jelaskan!

Jawaban:

Pada ayat ini Allah menerangkan bahwa apabila manusia berada di atas punggung binatang, perahu, kapal, kereta api, pesawat terbang dan lain-lain.

Hendaklah mengingat nikmat yang telah dikaruniakan Allah kepada mereka, hendaklah mengagungkan Allah dan menyucikan-Nya dari sifat-sifat yang tidak layak yang dituduhkan orang-orang musyrik kepada-Nya, dan hendaklah mereka membaca ayat ini sebagai doa.

Andaikata Allah tidak menundukkan alam semesta dengan ilmu yang dianugerahkan-Nya tentu manusia tidak dapat melakukannya, karena yang demikian itu diluar kemampuan mereka.

4. Mengapa Islam memberikan perhatian yang besar terhadap kelestarian alam dan lingkungan?

Jawaban: Karena kelestarian alam dan lingkungan dapat membawa kelangsungan hidup yang seimbang dan merata bagi seluruh umat manusia dan sebagai upaya membimbing manusia untuk mensyukuri rezeki dari Allah Swt.

5. Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, kebutuhan terhadap sumber makan juga bertambah. Karena itulah masyarakat menggunakan teknologi mesin untuk meningkatkan produksi dan distribusi bahan makanan. Namun mesin yang memerlukan bahan bakar fosil menyebabkan produksi emisi karbon meningkat sehingga menyebabkan polusi udara.

Bagaimana pendapatmu terhadap persoalan ini? Bagaimana caranya agar kebutuhan sumber makanan terpenuhi tanpa menimbulkan polusi?

Baca juga:  Kunci Jawaban Buku Paket Mapel IPS Kelas 9 Halaman 115

Jawaban:

Teknologi mesin memang sangat disayangkan karena dapat merusak keseimbangan alam meski bermanfaat untuk memenuhi sumber makanan.

Untuk itu perlu menggunakan cara dengan mengembangkan dan menggunakan teknologi ramah lingkungan.

Itulah pembahasan Kunci Jawaban Buku Paket Mapel PAI Kelas 8 Kurikulum Merdeka Halaman 26 yang bisa Admin bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!