Kunci Jawaban Buku Paket Mapel PAI Kelas 7 Halaman 44

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membahas tentang Kunci Jawaban Buku Paket Mapel PAI Kelas 7 Halaman 44. Silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Dibawah ini adalah kunci jawaban buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) kelas 7 halaman 44 bagian soal uraian.

Adapun soal pada halaman 44 buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti membahas Bab 3 tentang Semua Bersih, Hidup jadi Nyaman.

Kunci jawaban buku PAI dan BP kelas 7 ini ditujukan kepada orangtua atau wali untuk mengoreksi hasil belajar. Sebelum menengok kunci jawaban pastikan siswa terlebih dahulu menjawab soal sendiri.

Kunci Jawaban Buku Paket Mapel PAI Kelas 7 Halaman 44

1. Mengapa taharah itu penting?

Jawaban: Taharah artinya bersuci, baik dari najis maupun hadas. Taharah penting karena islam mengajarkan taharah sebagai bagian dari proses pembersihan diri dan satu-satunya syarat agar ibadah kita diterima Allah SWT.

2. Jelaskan perbedaan antara hadas dan najis!

Jawaban: Perbedaan antara hadas dan najis terletak pada cara menyucikannya. Cara menyucikan hadas dengan berwudu atau apabila tidak ada air maka bisa dengan tayammum. Sedangkan cara menyucikan najis dengan mencuci bagian yang terkena najis dengan air.

3. Sebutkan macam-macam najis dan beri contohnya!

Jawaban: Ada tiga macam najis, yaitu najis mukhaffafah, najis mutawassitah, dan najis mugaladah. Najis mukhaffafah adalah najis yang ringan, contohnya air seni bayi laki-laki yang belum berumur dua tahun dan belum makan apapun kecuali air susu ibu.

Kedua, najis mutawassitah adalah najis pertengahan. Contoh najis jenis ini adalah darah, nanah, air seni, tinja, bangkai binatang, dan sebagainya. Najis mutawassitah ada dua macam, yaitu najis hukmiyyah dan najis ‘ainiyyah.

Baca juga:  Kunci Jawaban Buku Paket Mapel IPS Kelas 9 Halaman 115

Ketiga, najis mugaladah adalah najis yang berat, contohnya yaitu najis yang bersumber dari anjing dan babi.

4. Sebutkan hal-hal yang menyebabkan orang itu berhadas besar!

Jawaban: Orang terkena hadas besar apabila mengalami atau melakukan salah satu dari enam perkara, yaitu:

5. Mengapa perempuan yang sedang haid tidak boleh melaksanakan salat dan puasa?

Jawaban: Perempuan yang sedang haid tidak boleh melaksanakan salat karena kesucian dipersyaratkan dalam salat dan perempuan haid tidak dalam keadaan suci. Perempuan yang sedang haid juga tidak boleh melaksanakan puasa dan wajib menggantinya di bulan lain untuk Ramadhan.

6. Jelaskan tata cara tayammum!

Jawaban:

7. Sebutkan tata cara wudu yang benar!

Jawaban:

8. Sebutkan air yang suci dan menyucikan!

Jawaban: Air yang suci sekaligus menyucikan adalah jenis air yang bersumber dari alam, baik yang keluar dari bumi maupun yang turun dari langit. Contohnya yakni air sumur, air sungai, air hujan, air laut, air danau, air embun, air salju, dan sebagainya.

9. Apa yang dimaksud istinja!

Jawaban: Istinja adalah bersuci dari buang air kecil dan buang air besar.

10. Jelaskan alasan diwajibkannya mandi!

Jawaban: Mandi diwajibkan untuk menghilangkan hadas besar.

Itulah pembahasan Kunci Jawaban Buku Paket Mapel PAI Kelas 7 Halaman 44 yang bisa Mang Ocoy bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!