Kunci Jawaban Buku Paket Mapel PAI Dan BP Kelas 9 Halaman 40

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membahas tentang Kunci Jawaban Buku Paket Mapel PAI Kelas 9 Halaman 40. Silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Dibawah ini adalah kunci jawaban buku Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti kelas 9 halaman 40 soal uraian.

Adapun Soal buku paket mapel PAI kelas 9 halaman 40 terdiri dari lima soal uraian, membahas bab 2 tentang Jujur dan Menepati Janji.

Kunci jawaban buku paket mapel PAI kelas 9 halaman 40 ini bertujuan kepada orangtua atau wali untuk mengoreksi hasil belajar.

Kunci Jawaban Buku PAI Kelas 9 Halaman 40

1. Jelaskan pengertian jujur!

Jawaban:

Jujur adalah berkata benar dan sesuai dengan kenyataan. Seseorang disebut jujur apabila berkata sesuai dengan kenyataan.

2. Bagaimana menurut pendapat kamu apabila ada seorang teman berbohong kepada orang lain?

Jawaban:

Apabila ada teman berbohong kepada orang lain, sesungguhnya apa yang ia lakukan adalah merugikan diri sendiri. Sebab berbohong atau dusta merupakan perbuatan dosa.

3. Berilah contoh perilaku jujur dalam bergaul dengan orang lain!

Jawaban:

Apabila kita menjumpai uang seseorang jatuh di hadapan kita dan dia tidak menyadari. Maka kita harus memberitahukan kepadanya jika uangnya jatuh dan memberikan uang itu kepadanya. Bukan malah mengambil dan menyimpan untuk diri sendiri.

4. Jelaskan bahaya jika seseorang mengingkari janji!

Jawaban:

Sesuai isi surat Ali Imran ayat 77, orang-orang yang melanggar janji dan sumpah kepada Allah Swt. akan mendapat azab yang pedih dari Allah Swt. di akhirat kelak. Di akhirat kelak Allah Swt. tidak akan menyapa dan memperhatikan mereka yang melanggar janji dan sumpah. Janji yang pernah kita ucapkan harus dilaksanakan, sebab janji adalah hutang yang wajib dibayar. Orang yang bersifat jujur senantiasa menepati janji.

Baca juga:  Kunci Jawaban Buku Paket Mapel PJOK Kelas 8 Halaman 69 70 71

5. Bagaimana menurut pendapat kamu apabila ada seorang pemimpin yang mengingkar janji!

Jawaban:

Pemimpin yang mengingkari janji artinya telah berdusta kepada rakyat. Mengingkari janji pada satu orang saja merupakan perbuatan berdosa dan tercela. Apalagi mengingkari janji kepada masyarakat banyak.

Itulah pembahasan Kunci Jawaban Buku Paket Mapel PAI Kelas 9 Halaman 40 yang bisa Mang Ocoy sampaikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!