Kunci Jawaban Buku Bahasa Indonesia Kelas 8, Pertanyaan 4, Halaman 2

Vadcoy –¬†Berikut ini adalah Kunci Jawaban Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs, Pertanyaan 4, Halaman 2. Silahkan simak jawabannya dibawah ini!

Kunci Jawaban Buku Bahasa Indonesia Kelas 8, Pertanyaan 4, Halaman 2

Informasi adalah pesan (suara atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang tersusun dari rangkaian simbol atau makna.Simbol atau makna dapat dijelaskan dari sebuah pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Ini dapat direkam sebagai penanda atau sinyal berbasis gelombang.

Informasi adalah suatu kejadian yang mempengaruhi keadaan suatu sistem yang dinamis. Konsep-konsep ini memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda. Informasi dapat dikatakan sebagai pengetahuan yang diperoleh dari studi, pengalaman atau bimbingan. Informasi telah digunakan oleh individu, kelompok dan organisasi dalam segala aspek kehidupan manusia.

Pada tingkat individu, informasi digunakan untuk memperoleh pengetahuan tentang pendidikan, kesehatan, pekerjaan, dan jenis produk atau jasa. Kegunaan informasi ditentukan oleh tujuan pengguna, ketepatan pengolahan data, ruang dan waktu, serta bentuk dan keadaan semantik.

Informasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Benar atau salah, dalam hal ini informasi berhubungan dengan kebenaran atau kesalahan terhadap kenyataan.
  2. Baru, informasi harus benar-benar baru bagi si penerima.
  3. Tambahan, informasi dapat pemperbarui atau memberikan perubahan terhadap informasi yang telah ada.
  4. Korektif, informasi dapat digunakan untuk melakukan koreksi terhadap informasi sebelumnya yang salah atau kurang benar.
  5. Penegas, informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada sehingga keyakinan terhadap informasi semakin meningkat.

Informasi bersumber dari data. Data merupakan hasil pengolahan model, bentuk, atau organisasi tertentu. Nilai yang terkandung di dalam data digunakan untuk menambah pengetahuan. Data merupakan objek, sedangkan informasi menjadi subjek yang bermanfaat bagi penerimanya.

Baca juga:  Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 1 Halaman 29 30 Dan 31

Kelebihan informasi yang disampaikan melalui televisi dibanding dengan radio adalah, informasi yang disampaikan pada televisi dapat berupa gambar dan suara, sementara informasi pada radio hanya berupa suara. Radio dan televisi adalah dua alat telekomunikasi elektronik saja. Ini membuat informasi yang disampaikan lewat televisi lebih lengkap dan jelas.

  • Radio ditemukan pada tahun 1894 oleh penemu Italia Guigliermo Marconi. Radio berkomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh pemancar stasiun radio yang diterima oleh penerima stasiun radio. Melalui radio, gelombang elektromagnetik ini diubah menjadi suara.
  • Pada saat yang sama, televisi ditemukan pada tahun 1925 oleh penemu Skotlandia John Logie Baird. Televisi berkomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh pemancar stasiun televisi yang diterima oleh televisi. Melalui TV, gelombang elektromagnetik ini diubah menjadi suara dan ditampilkan secara visual di layar TV. Baik televisi maupun radio dapat mengirimkan informasi melalui gelombang elektromagnetik dari pemancar stasiunnya masing-masing. Namun ada perbedaan di antara keduanya, penyiaran hanya dapat menyampaikan informasi dalam bentuk audio atau suara.

Kesimpulan

Adapun dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan kelebihan informasi yang disampaikan oleh televisi dibandingkan radio adalah Dengan gambar yang ditampilkan televisi kita bisa menampilkan kejadian yang sedang berlangsung, sehingga para pemirsa dapat melihat langsung, sedangkan pada radio, harus tergantung pada penyiar untuk menggambarkan secara lisan kejadian itu. Gambar yang bisa ditampilkan di televisi dapat berupa angka, tulisan dan infografis. Ini akan dapat membuat informasi yang disampaikan ke pemirsa lebih jelas dan lengkap bila dibandingkan dengan radio.