Kunci Jawaban Buku Bahasa Indonesia Kelas 8, Pertanyaan 2, Halaman 2

Vadcoy – Berikut ini adalah Kunci Jawaban Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs, Pertanyaan 2, Halaman 2. Silahkan simak jawabannya dibawah ini!

Kunci Jawaban Buku Bahasa Indonesia Kelas 8, Pertanyaan 2, Halaman 2

Pengertian dari Berita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik atau penting bagi sebagian dari sebagian besar khalayak melalui media berkata seperti surat kabar, radio, telivisi, atau media internet.

Pada dasarnya, berita berupa laporan yang aktual (terkini) dan faktual (nyata). Berita ini pun harus dibuktikan kebenarannya, oleh karena itu berita haruslah akurat dan lengkap. Topik umum untuk laporan berita biasanya meliputi pemerintah, politik, kesehatan, lingkungan, pendidikan, ekonomi, bisnis, dan hiburan.

Berikut ini adalah kegunaan berita bagi pelajar :

  • Menjadi Sumber Inspirasi.

Berita terkadang menayangkan profil keberhasilan atau kesuksesan seseorang dalam berbagai bidang. Hal ini bisa digunakan oleh pelajar sebagai sumber inspirasi untuk memotivasi diri dalam meraih sukses.

  • Dapat melatih kerja otak.

Pelajar dapat menggunakan berita untuk melatih kinerja otak. Saking banyaknya tayangan berita setiap hari, menuntut kita untuk menyerap sebanyak mungkin informasi. Hal ini dapat menjadi latihan bagi otak untuk menyimpan informasi tersebut.

  • Menjadi sumber ilmu pengetahuan baru.

Berita dapat dijadikan oleh pelajar sebagai sumber ilmu pengetahuan terbaru. Sebab, ada banyak penemuan-penemuan terkini dari para ilmuwan dunia yang disiarkan melalui berita.

  • Untuk memperbanyak kosakata.

Ternyata, berita juga dapat digunakan pelajar untuk memperkaya kosakata atau perbendaharaan kata. Terkadang, terdapat kosakata atau istilah baru yang muncul dalam tayangan sebuah berita.

  • Untuk mengupdate pengetahuan.
Baca juga:  Kunci Jawaban Buku Paket Mapel Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 37

Bagi pelajar, berita juga memiliki kegunaan untuk mengupdate ilmu pengetahuan yang telah diketahui sebelumnya. Mengupdate artinya memperbaharui, yaitu proses penyesuaian kembali antara pengetahuan dengan perkembangan-perkembangan terkini.

  • Meningkatkan kemampuan membaca dan menulis

Membaca berita dapat memberikan manfaat bagi setiap individu, khususnya pelajar. Dengan membaca berita, kemampuan membaca dan menulis seorang pelajar akan meningkat.Dalam teks berita, banyak kosakata yang cenderung sulit untuk diterjemahkan seorang pelajar. Namun jika dibiasakan, maka kosakata tersebut menjadi lebih mudah dipahami. Ini akan meningkatkan kemampuan membaca dan menulis seorang pelajar menjadi lebih baik.

  • Menjadi pembicara yang baik

Pelajar bisa mendapatkan informasi tentang berbagai topik dengan bantuan berita. Informasi yang didapatkan ini kemudian bisa disampaikan melalui kata-kata.Membaca berita tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca, tapi juga berbicara. Ketika seorang pelajar memiliki pengetahuan tentang topik yang berbeda, dia bisa berbicara tanpa ragu di depan orang lain.Ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan dari berita bisa meningkatkan kepercayaan dirinya. Artinya, membaca berita setiap hari bisa menjadi kebiasaan baik bagi pelajar.

  • Sumber pengetahuan umum terbaik

Melalui berita, seorang pelajar akan lebih mudah mendapatkan informasi tentang pengetahuan umum seperti penemuan terkini. Mereka bisa mendapatkan ide-ide unik tentang apa yang sedang terjadi dan hal positif apa yang bisa mereka lakukan saat ini.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan kegunaan berita bagi pelajar adalah dapat melatih kerja otak, menjadi pembicara yang baik, sumber pengetahuan umum terbaik, menjadi sumber inspirasi, untuk memperbanyak kosakata, untuk mengupdate pengetahuan dan meningkatkan kemampuan membaca dan menulis.