Karakteristik dan Manfaat Kewirausahaan

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Admin akan membahas tentang Karakteristik dan Manfaat Kewirausahaan Silahkan simak pembahasannya dibawah ini!

Karakteristik dan Manfaat Kewirausahaan

A. Karakteristik Kewirausahaan

Percaya diri

1. Bekerja dengan penuh keyakinan

2. Tidak berketergantungan dalam melakukan pekerjaan

Berorientasi pada tugas dan hasil 

1. Memenuhi kebutuhan akan prestasi

2. Orientasi pekerjaan berupa laba, tekun dan tabah, tekad kerja keras

3. Berinisdiatif

Pengambil resiko

1. Berani dan mampu mengambil resiko kerja

2. Menyukai pekerjaan yang menantang

Kepemimpinan 

1. Bertingkah laku sebagai pemimpin yang terbuka terhadap saran dan kritik

2. Mudah bergaul dan bekerjasama dengan orang lain

Berfikir kearah hasil (manfaat) 

1. Kreatif dan inovatif

2. Luwes dalam melaksanakan pekerjaan

3. Mempunyai banyak sumberdaya

4. Serba bisa dan berpengetahuan luas

Keorsinilan 

1. Berfikiran menatap ke depan

2. Perspektif

B. Manfaat Kewirausahaan

Thomas W Zimmerer et al. (2005) merumuskan manfaat kewirausahaan adalah sebagai berikut:

1. Memberi peluang dan kebebasan untuk mengendalikan nasib sendiri

Memiliki usaha sendiri akan memberikan kebebasan dan peluang bagi wirausahawan untuk mencapai tujuan hidupnya.

2. Memberi peluang melakukan perubahan

Semakin banyak wirausahawan yang memulai usahanya karena mereka dapat menagkap peluang untuk melakukan berbagai perubahan yang menurut mereka sangat penting.

Mungkin berupa penyediaan perumahan sederhana yang sehat dan layak pakai, dan mendirikan daur ulang limbah untuk melestarikan sumber daya alam yang terbatas, wirausahawan kini menemukan cara untuk mengombinasikan wujud kepedulian mereka terhadap berbagai masalah ekonomi dengan sosial dengan harapan untuk menjalani hidup yang lebih baik.

3. Memberi peluang untuk mencapai potensi diri sepenuhnya

Banyak orang menyadari bahwa bekerja di suatu perusahaan seringkali membosanka, kurang menantang dan tidak ada daya tarik. Hal ini tentu tidak berlaku bagi seorang wirausahawan, bagi mereka tidak banyak perbedaan antara bekerja atau menyalurkan hobi atau bermain, keduanya sama saja.

Baca juga:  Pendidikan Islam di Zaman Reformasi, Bagaimana Keadaannya? (Episode 1)

Bisnis-bisnis yang dimiliki oleh wirausahawan merupakan alat untuk menyatakan aktualisasidiri. Keberhasilan mereka adalah suatu hal yang ditentukan oleh kreativitas, antusias, inovasi, dan visi mereka sendiri.

4. Memiliki peluang untuk meraih keuntungan

Keuntungan berwirausahawan merupakan faktor motivasi yang penting untuk mendirikan usaha sendiri, “Orang-orang yang bekerja memiliki perusahaan sendiri empat kali lebih besar untuk menjadi jutawan daripada orang-orang yang bekerja untuk orang lain (karyawan perusahaan lain).

5. Memiliki peluang untuk berperan aktif dalam masyarakan dan mendapatkan pengakuan atas usahanya

Pengusaha atau pemilik usaha kecil seringkali merupakan warga masyarakat yang paling dihormati dan dipercaya. Kesepakatan bisnis berdasarkan kepercayaan dan saling merhormati adalah ciri pengusaha kecil.

Pemilik menyukai kepercayaan dan pengakuan yang diterima dari pelanggan yang telah dilayani dengan setia selam bertahun-tahun.

6. Memiliki peluang untuk melakukan sesuatu yang disukai dan menumbuhkan rasa senang dalam mengerjakan

Hal yang didasarkan oleh pengusaha kecil atau pemilik perusahaan kecil adalah bahwa kegiatan usaha mereka sesungguhnya bukan kerja. Kebanyakan kewierausahawan yang berhasil memilih masuk dalam bisnis tertententu, sebab mereka tertarik dan menyukai pekerjaan tersebut.

Mereka menyalurkan hobi atau kegemaran mereka menjadi pekerjaan mereka dan mereka senang bahwa mereka melakukannya. Dengn beberapa manfaat berkewirausahaan tersebut diatas jelas bahwa menjadi wirausahawan lebih memiliki berbagai kebebasan yang tidak mungkin diperoleh jika seseorang menjadi karyawan atau menjadi orang gajian atau menjadi pekerja bagi para pemilik perusahaan.

C. Dimensi Kewirausahaan

Dimensi kewirausahaan terdiri dari :
 
a. Kualitas dasar kewirausahaan yang terbagi tiga yaitu: 
– Daya pikir
Seorang wirausaha mampu berpikir kreatif, dalam artian memiliki ide-ide yang baru, yang belum dipikirkan orang. Mampu menciptakan inovasiinovasi untuk  pengembangan usahanya
– Daya hati/Qolbu
Kualitas dasar ini adalah seorang wirausaha harus memiliki keteguhan hati, ketekunan, keuletan, dan mau berusaha. Meskipun pernah gagal namun pantang menyerah untuk mencoba kembali.
– Daya fisik
Seorang wirausaha harus memiliki ketahanan fisik, harus menjaga kesehatannya, karena dengan memiliki kesehatan yang baik maka akan mudah dalam menjalankan usahanya
b. Kualitas instrumental kewirausahaan 

Kualitas instrumental terkait dengan kemampuan penguasaan terhadap disiplin ilmu, baik mono disiplin ilmu, antar disiplin ilmu, maupun lintas disiplin ilmu.

Baca juga:  Definisi Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Kewirausahaan bukanlah sekadar mono-disiplin (ekonomi, matematika, manajemen, dan sebagainya.) dan juga bukan hanya antar disiplin ilmu (manajemen perusahaan, ekonomi pertanian, psikologi industri, dan sebagainya), akan tetapi juga lintas disiplin ilmu (lingkungan hidup, kependudukan, dan sebagainya).

Itulah pembahasan Karakteristik dan Manfaat Kewirausahaan yang bisa Admin bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!