Jenis dan Cara Mengajukan Dana Bansos Tahun 2023

Vadcoy.com –¬†Sebelum membahas bagaimana cara mengajukan Dana/Uang Bansos (Bantuan Sosial) pada tahun 2023. Admin mau memberi tahu dulu kepada Anda beberapa jenis bansos yang cair pada tahun 2023.

Dilansir dari laman tempo, berikut ini adalah jenis-jenis Dana/Uang Bansos yang cair selama periode tahun 2023:

1. PKH (Program Keluarga Harapan)

Jumlah target 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Kementerian Sosial (Kemensos) akan memberikan bansos sebesar Rp 200 ribu sampai Rp 3 jutaan tergantung dari hak penerima. Masyarakat dari Keluarga Miskin (KM) didorong untuk memanfaatkan berbagai fasilitas kesehatan (faskes) dan fasilitas pendidikan (fasdik) dari program PKH. Mulai dari ibu hamil, anak usia dini, lulusan SD, SMP, SMA, disabilitas, hingga lanjut usia (lansia).

2. Program Kartu Sembako

Terdapat 18,8 juta KPM aktif yang direncanakan akan memperoleh masing-masing sebesar Rp 200 ribu melalui Program Kartu Sembako di tahun ini. Program yang lalu dengan nama Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok dasar pangan masyarakat. Tidak hanya beras dan telur, tetapi juga komoditas lain termasuk buah serta sayuran.

3. Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja Gelombang 48 tahun 2023 kembali dibuka. Program pengembangan kompetensi ini tak lagi berjalan dengan skema bansos, tetapi normal sesuai Perpres (Peraturan Presiden) No. 113 Tahun 2022 dan Permenko (Peraturan Menteri Koordinasi) Perekonomian No. 17 Tahun 2022.

Jumlah kuota penerima Kartu Prakerja juga meningkat hampir dua kali lipat, yakni 1 juta peserta pada 2023. Biaya insentif Prakerja juga ikut ditambah menjadi 4,2 juta per peserta, meliputi Rp 3,5 juta untuk biaya pelatihan, Rp 600 ribu untuk transportasi, dan Rp 100 ribu dari pengisian survei sebanyak dua kali.

Baca juga:  SMA Terbaik Di Yogyakarta Menurut LTMPT Untuk PPDB Tahun 2022

4. BLT Dana Desa

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui pemerintahan desa akan menyalurkan 25% dana BLT dari Anggaran Dana Desa 2023. Masyarakat dari golongan kelas bawah akan mengantongi Rp 300 ribu setiap bulannya. Artinya, BLT tetap menjadi salah satu program menangani kemiskinan dengan skema bansos 2023 yang akan cair.

5. PIP (Program Indonesia Pintar)

Khusus untuk para peserta didik sekolah dari keluarga miskin dapat mendaftarkan dirinya dalam program PIP. Program yang diusung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini menyasar 17,9 juta orang. Untuk jenjang SD/MI/sederajat memperoleh Rp 450 ribu/tahun, SMP/MTs/sederajat sebesar Rp 750 ribu/tahun, dan SMA/SMK/MA/sederajat Rp 1 juta per tahun. Sementara untuk mahasiswa, bisa mengajukan permohonan bidikmisi.

6. KIS

Adapun Bansos 2023 yang akan cair selanjutnya adalah JKN KIS yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Fasilitas yang bisa didapatkan dari kepemilikan KIS ialah akses ke fasilitas kesehatan tingkat pertama (Faskes I). Penerima manfaat tidak perlu membayar iuran bulan karena sudah disubsidi pemerintah.

7. PIP Kementerian Agama

Untuk para peserta didik yang belajar di institusi pendidikan di bawah Kemenag, seperti MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTs (Madrasah Tsanawiyah), dan MA (Madrasah Aliyah) juga bisa memperoleh bantuan dana untuk menunjang kegiatan belajar. Pada 2021, anggaran sebesar Rp 1,3 triliun untuk 2 juta siswa madrasah berhasil dicairkan.

Lantas bagaimana Cara Mengajukan Dana Bansos Tahun 2023? Adapun untuk mengajukannya adalah lewat aplikasi cek bansos dari kemensos. Silahkan Download Aplikasinya DISINI.