Inilah Penyebab Kemunculan Mikroplastik Dan Penyebarannya

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membahas tentang Inilah Penyebab Kemunculan Mikroplastik dan Penyebarannya. silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Dilansir dari Tribunnews, Peneliti Mikroplastik Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Inneke Hantoro S TP M.Sc, mengungkapkan jika akhir-akhir ini mikroplastik ditemukan seafood air minum.

Mikroplastik sendiri merupakan subtansi padat dengan bentuk tidak beraturan dan berukuran partikel 1 micron sampai 5 mm.

Lantas dari mana mikroplastik berasal? Menurut Inneke, ada dua sumber kemunculan mikroplastik. Pertama, adalah orisinil dalam ukuran mikro, disebut primary microplastic.

Artinya, sudah sejak penciptaannya, plastik tersebut berukuran mikro. Contoi kosmetik, pasta gigi dan sebagainya. Kedua, yaitu secondary microplastic.

Dihasilkan dari degradasi yang terjadi di alam. Entah karena paparan sinar ultraviolet, kemudian juga dibuat dari gelombang, atau arus.

“Atau bisa juga dari gerakan mekanik yang dibuktikan dalam banyak esperimen di laboratorium. Misalnya untuk keperluan percobaan,” ungkapnya pada webinar Mengenal Mikroplastik Serta Dampaknya Bagi Kesehatan yang diselenggarakan AJI Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Inneke pun menyebutkan jika problem dengan mikroplastik bersifat ubiqutios. Mikroplastik ada dimana-mana sejak 2015, ketika isu ini gencar.

Sampai saat ini, isu mikroplastik setiap tahun diinformasi dari artikel ilmiah dan jurnal. Berisikan bentuk dan penemuan mikroplastik.

Mulai dari udara, kemudian air, tanah, sedimen termasuk bahan pangan yang dikonsumsi. Begitu pun dj seafood, perikanan air tawar, tumbuhan kemudian berbagai produk pangan.

Lalu yang saat ini jadi keprihatinan adalah ditemukan mikroplastik pada air. Sehingga sifatnya dimana-mana. Kemudian juga terbukti lewat publikasi ilmiah jika mikroplastik ditemukan pada area aktivitas manusia yang rendah.

“Misalnya kutub utara, temuan ini pada tahun 2015. Ditemukan mikroplastik pada saljur dan sebagian besar dalam bentuk serat. Ini menarik karena bisa berpindah lewat atmosfer,” paparnya lagi.

Silahkan baca juga:  100 Kosa Kata Bahasa Inggris tentang Kata Benda (Noun)

Hal ini menunjukkan jika penyebaran mikroplastik tidak bisa dikendalikan.

Check Also

Sejarah Air Zam-zam Dan Keajaibannya Di Musim Kemarau

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membahas meateri tentang Sejarah Air Zam-zam dan …

Berapa Luas Indonesia? Berapa Luas Daratan Dan Lautannya?

Vadcoy.com – Negara Indonesia merupakan salah satu negara terluas didunia. Luas Indonesia yakni 5.193.250 km² yang …