Hewan Vertebrata dan Avertebrata: Apa Bedanya?

Haloo para Vadcoyer semuanya, kita pasti sering mendengar istilah hewan vertebrata dan avertebrata, bukan? Tapi, apa sih sebenarnya perbedaan di antara kedua jenis hewan tersebut? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Hewan Vertebrata dan Avertebrata: Apa Bedanya?

"</a

Hewan Vertebrata

Binatang atau Hewan jenis ini atau bertulang belakang adalah hewan yang memiliki tulang belakang atau vertebrae. Contoh hewan vertebrata yang paling umum di antaranya adalah ikan, amfibi, reptil, burung, dan mamalia.

Vertebrae sendiri berfungsi sebagai pelindung sumsum tulang belakang serta memberikan dukungan dan struktur tubuh hewan tersebut. Hewan vertebrata juga memiliki sistem saraf yang lebih kompleks dibandingkan dengan hewan avertebrata.

Hewan vertebrata juga memiliki kelebihan lainnya, yaitu adanya sistem peredaran darah yang tertutup dan sistem pernapasan yang lebih efisien.

Contoh hewan vertebrata terkenal yang bisa ditemukan di Indonesia adalah orangutan, komodo, gajah, dan berbagai jenis burung endemik.

Hewan Avertebrata

Sedangkan hewan avertebrata atau tidak bertulang belakang adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang atau vertebrae. Contoh hewan avertebrata yang paling umum di antaranya adalah siput, cacing, laba-laba, udang, dan serangga.

Meskipun tidak memiliki tulang belakang, hewan avertebrata juga memiliki sistem saraf yang cukup kompleks. Namun sistem peredaran darah dan pernapasan mereka lebih sederhana.

Salah satu keunikan dari hewan avertebrata adalah kemampuannya untuk berkembang biak dengan cara yang beragam, misalnya melalui reproduksi seksual atau aseksual.

Contoh hewan avertebrata terkenal yang bisa ditemukan di Indonesia adalah kuda laut, bintang laut, dan anemon laut.

Baca juga:  17 Strategi Pengajaran Teknologi yang Efektif didalam Kelas

Perbedaan Menonjol di Antara Kedua Jenis Hewan

Perbedaan utama antara hewan vertebrata dan avertebrata tentu saja terletak pada adanya tulang belakang. Hewan vertebrata memiliki tulang belakang yang memberi dukungan dan struktur tubuhnya, sementara hewan avertebrata tidak memiliki tulang belakang.

Hewan vertebrata juga memiliki sistem saraf yang lebih kompleks, sedangkan sistem peredaran darah dan pernapasan lebih efisien. Namun, hewan avertebrata memiliki kemampuan reproduksi yang lebih luas.

Kesimpulan

Jadi, hewan vertebrata dan avertebrata adalah dua kelompok hewan yang berbeda dalam hal tulang belakang, sistem saraf, sistem peredaran darah, sistem pernapasan, dan kemampuan reproduksi. Meskipun berbeda, keduanya memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan di bumi.

Terima kasih sudah menyimak artikel ini, sampai jumpa di artikel menarik lainnya!