Etika Dalam Penulisan Skripsi

Vadcoy – Halo para pembaca Vadcoy semuanya! Sebagai mahasiswa, menulis skripsi adalah salah satu tugas yang paling penting dalam perjalanan akademik kita. Skripsi merupakan bukti nyata kemampuan kita dalam melakukan penelitian dan menulis dengan baik.

Namun, selain itu, etika penulisan skripsi juga sangat penting untuk diperhatikan. Dalam artikel ini, saya akan membahas tentang etika penulisan skripsi yang perlu di ketahui oleh para mahasiswa.

Etika Dalam Penulisan Skripsi

1. Menyusun proposal skripsi dengan baik

Sebelum memulai menulis skripsi, setiap mahasiswa harus menyusun proposal skripsi dengan baik. Proposal skripsi harus berisi tentang latar belakang penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, metodologi, dan hasil yang di harapkan. Proposal skripsi juga harus di setujui oleh dosen pembimbing sebelum mahasiswa memulai penulisan skripsi.

2. Menggunakan sumber yang akurat dan relevan

Setiap mahasiswa harus menggunakan sumber yang akurat dan relevan dalam penulisan skripsi. Sumber yang di gunakan harus bersumber dari buku, jurnal, artikel ilmiah, atau sumber lain yang memiliki reputasi baik dalam bidang penelitian yang dipilih. Mahasiswa juga harus mencantumkan sumber yang di gunakan dalam daftar pustaka.

3. Mencantumkan kutipan dengan benar

Ketika mengutip sumber yang di gunakan, setiap mahasiswa harus mencantumkan kutipan dengan benar. Kutipan harus di sertai dengan nama penulis, judul artikel, judul buku, jurnal, tahun terbit, dan halaman yang di ambil kutipannya. Mahasiswa juga harus mencantumkan sumber kutipan dalam daftar pustaka.

Baca juga:  Tips Menulis Skripsi dengan Referensi yang Akurat

4. Menghindari plagiarisme

Setiap mahasiswa harus menghindari plagiarisme dalam penulisan skripsi. Plagiarisme adalah tindakan menjiplak atau mengambil hasil karya orang lain tanpa mencantumkan sumber. Mahasiswa harus mencantumkan sumber dengan benar dalam kutipan dan tidak menjiplak secara utuh atau sebagian karya orang lain.

5. Menjaga etika dalam penelitian

Mahasiswa harus menjaga etika dalam penelitian yang dilakukan untuk skripsi. Etika penelitian mencakup tentang tidak melakukan tindakan yang merugikan subjek penelitian, menjaga kerahasiaan data dan identitas subjek penelitian, dan menghindari benturan kepentingan dengan subjek penelitian.

6. Menulis dengan bahasa yang baku

Mahasiswa harus menulis skripsi dengan bahasa yang baku dan sesuai dengan aturan tata bahasa yang berlaku. Mahasiswa juga harus menghindari penggunaan bahasa gaul atau bahasa yang tidak sesuai dengan kaidah tata bahasa.

7. Menulis dengan gaya yang jelas dan sistematis

Mahasiswa harus menulis skripsi dengan gaya yang jelas dan sistematis. Mereka pun harus menyusun bab-bab skripsi dengan terstruktur dan memperhatikan urutan yang logis. Mahasiswa juga harus menggunakan kalimat yang mudah di pahami dan menghindari penggunaan kalimat yang rumit atau ambigu.

8. Menjaga format yang benar

Setiap mahasiswa harus memperhatikan format yang benar dalam penulisan skripsi. Format skripsi biasanya sudah di tentukan oleh universitas atau fakultas, termasuk tentang ukuran font, spasi, margin, dan tata letak. Mahasiswa harus memperhatikan hal-hal tersebut agar skripsi tidak di tolak karena masalah format.

9. Menjaga kebersihan tulisan

Setiap mahasiswa harus menjaga kebersihan tulisan dalam skripsi. Mahasiswa harus memperhatikan penulisan huruf, tanda baca, dan kesalahan ketik. Mahasiswa juga harus memastikan bahwa skripsi tidak mengandung kesalahan ejaan atau tata bahasa yang fatal.

Baca juga:  Contoh Abstrak Skripsi tentang Model Pembelajaran CTL

10. Menjaga waktu penyelesaian

Setiap mahasiswa harus memperhatikan waktu penyelesaian skripsi. Mahasiswa harus membuat jadwal penulisan skripsi yang realistis dan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan oleh universitas atau fakultas.

Mahasiswa juga harus memperhatikan waktu untuk mengumpulkan skripsi dan melakukan revisi jika diperlukan. Adapun untuk lebih detailnya dalam waktu penyelesaian skripsi, silahkan baca di sini: Waktu yang Baik Dalam Menulis Skripsi.

Kesimpulan

Dalam penulisan skripsi, etika sangat penting untuk di perhatikan. Etika penulisan skripsi mencakup tentang menyusun proposal skripsi dengan baik, menggunakan sumber yang akurat dan relevan, mencantumkan kutipan dengan benar, menghindari plagiarisme, menjaga etika dalam penelitian, menulis dengan bahasa yang baku, menulis dengan gaya yang jelas dan sistematis, menjaga format yang benar, menjaga kebersihan tulisan, dan menjaga waktu penyelesaian.

Dengan memperhatikan etika penulisan skripsi, mahasiswa dapat menyelesaikan skripsi dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang etika penulisan skripsi ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca Vadcoy semuanya. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.