Definisi Ide dan Analisa Peluang Usaha dalam Mapel Prakarya

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membagikan materi pelajaran tentang “Definisi Ide dan Analisa Peluang Usaha” pada Mapel Prakarya. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini!

A. Definisi Ide dan Analisa Peluang Usaha

Definisi Ide dan Analisa Peluang Usaha dalam Mapel Prakarya

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ide adalah rancangan yang tersusun di pikiran. Artinya sama dengan gagasan atau cita-cita. Ide dalam sebuah kajian Filsafat Yunani merupakan gambaran imajinasi yang terlintas dalam pikiran kita, misalnya: ide tentang sebuah gelas, maka dalam pikiran kita muncul sebuah bentuk gelas.

Selama ide itu belum dituangkan menjadi suatu konsep dengan tulisan maupun gambar yang nyata, maka ide masih berada di dalam pikiran kita.

Menurut Gorys Keraf, analisa adalah sebuah proses untuk memecahkan sesuatu ke dalam bagian-bagian kecil yang saling berkaitan. sedangkan menurut Komarrudin, analisis merupakan suatu kegiatan berfikir untuk menguraikan sesuatu menjadi komponen-komponen kecil sehingga mudah untuk dipahami.

Jadi analisa dapat disimpulkan sebagai sebuah proses berfikir untuk menguraiakan sesuatu yang besar menjadi bagian bagian kecil yang saling berkaitan sehingga akan lebih mudah untuk dipahami

Peluang usaha ini menjadi hal yang paling penting sebelum kita membuka sebuah bisnis. Peluang Usaha terdiri dari dua kata, yaitu; Peluang yang artinya kesempatan, dan Usaha yang artinya upaya dengan berbagai daya untuk mencapai tujuan atau sesuatu yang diinginkan.

Secara sederhana, pengertian peluang usaha adalah kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki.

B. Sumber Daya Pengolahan Makanan

Sumber daya adalah suatu potensi yang dimiliki oleh materi atau unsur lain dalam kehidupan dimana ia dapat meningkatkan kesejahteraan manusia. Dalam pengolahan makanan sumber daya (bahan pangan) dibagi menjadi dua bahan yaitu:

Silahkan baca juga:  Pengertian Break Even Point/Titik Impas

1. Bahan pangan nabati

Bahan pangan nabati adalah bahan-bahan makanan yang berasal dari tanaman (bisa berupa akar, batang, dahan, daun, bunga, buah atau beberapa bagian dari tanaman bahkan keseluruhannya) atau bahan makanan yang diolah dari bahan dasar dari tanaman

Sumber bahan nabati dapat kita produksi sendiri disekolah maupun dirumah. Salah satu contohnya adalah dengan berkebun hidroponik dimana kita dapat memperoleh bahan nabati seperti sayur dan buah yang segar dan sehat karena tidak menggunakan pestisida.

2. Bahan pangan hewani

Bahan pangan hewani merupakan bahan-bahan makanan yang berasal dari hewan atau olahan yang bahan dasarnya dari hewan. Kedua bahan pangan ini memiliki karakteristik yang berbeda sehingga memerlukan penanganan dan pengolahan yang berbeda pula.

Contoh dari bahan pangan hewani seperti daging, susu, telur dan ikan. Adapaun contoh produk olahan dengan bahan dasar hewan adalah krim, keju, susu bubuk, sosis, dendeng, ikan beku, ikan pindang, bandeng asap, telur pindang, telur asin, bubuk telur dan sebagainya.

Itulah materi tentang “Definisi Ide dan Analisa Peluang Usaha” pada Mapel Prakarya yang bisa Mang Ocoy bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Check Also

Contoh Teks Drama Dilakukan Oleh 2 Orang

Contoh Teks Drama Dilakukan Oleh 2 Orang

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini Mang Ocoy akan membagikan Contoh Teks Drama yang Dilakukan …

Sumber Daya, Administrasi, dan Pemasaran Untuk Perencanaan Usaha Kerajinan

Sumber Daya, Administrasi, dan Pemasaran Untuk Perencanaan Usaha Kerajinan

Vadcoy.com – Pada postingan kali ini, Mang Ocoy akan membagikan materi pelajaran tentang “Sumber Daya, …