Daftar Kampus Dengan Jalur Mandiri, Seleksi Pakai Nilai UTBK

Vadcoy.com – Pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2022 akan dijadwalkan pada tanggal 23 Juni 2022 mendatang. Apabila gagal, maka sejumlah kampus membuka jalur mandiri dengan seleksi pakai nilai UTBK, jadi Anda tidak perlu ikut ujian lagi.

Salah satunya yaitu Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) yang memberlakukan seleksi mandiri (SM) ITB menggunakan penilaian berdasarkan hasil UTBK. Sementara itu, Universitas Airlangga (Unair) memberlakukan Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) Reguler Jalur UTBK SBMPTN dengan penilaian berdasarkan nilai UTBK dan motivation letter.

Dikutip dari laman penerimaan tiap perguruan tinggi, berikut kampus dengan jalur mandiri pakai nilai UTBK:

Seleksi mandiri ITB atau SM-ITB menggunakan komponen penilaian hasil UTBK dan nilai rapor. Khusus pendaftar Fakultas Seni Rupa dan Desain, tetap ada Tes Kemampuan Seni Rupa yang akan diselenggarakan ITB secara offline (luring). ITB tidak menetapkan nilai rapor minimum dan/atau nilai UTBK minimum dalam syarat SM-ITB.

Peserta SM-ITB bisa memilih fakultas apa saja, kecuali fakultas atau sekolah di ITB Kampus Cirebon. Setelah 1 tahun perkuliahan, mahasiswa ITB baru akan kuliah di jurusan masing-masing.

Tetapi, ada juga 11 program studi yang dapat dipilih langsung oleh peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) dari awal seleksi, yaitu Fisika (FMIPA-IPA), Astronomi (FMIPA-IPA), Kimia (FMIPA-IPA), Meteorologi (FITB-G), Oseanografi (FITB-G), Teknik Geofisika (FTTM-G), Rekayasa Pertanian (SITH-R), Rekayasa Kehutanan (SITH-R), Teknologi Pascapanen (SITH-R), Teknik Fisika (FTI-G), dan Teknik Material (FTMD).

Pendaftaran SM-ITB dibuka tanggal 6 -29 Juni 2022 dengan biaya Rp 500.000, sudah termasuk biaya ujian menggambar bagi peminat FSRD. Khusus peserta dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan peserta dari SMA/MA di wilayah 3T bebas biaya pendaftaran.

Baca juga:  Cara Daftar Seleksi Jalur Mandiri UNSRI Dan Biaya Kuliahnya

Peserta jalur mandiri ITB ini bisa memilih maksimal 3 fakultas, sekolah, atau prodi. Pengumuman SM-ITB dijadwalkan pada 12 Juli 2022.

Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP Unpad) membuka 2 skema di jalur mandiri, yaitu skema nilai UTBK 2022 dan skema nilai tes SMUP. Peserta yang menggunakan nilai UTBK Saintek/Soshum hanya boleh memilih 2 prodi dengan kelompok ilmu sesuai kelompok UTBK-nya.

Sementara itu, peserta dengan nilai UTBK Campuran (IPC) bisa memilih 2 prodi lintas kelompok ilmu Saintek dan Soshum.

Pendaftaran SMUP Unpad Jalur Mandiri skema nilai UTBK dibuka hingga tanggal 27 Juni 2022 pukul 16.00 WIB dengan biaya pendaftaran Rp 100.000. Pengumuman SMUP Unpad Jalur Mandiri diinformasikan pada 18 Juli 2022.

Seleksi Masuk IPB atau SM-IPB University dibuka dengan dua metode seleksi, yaitu dengan nilai UTBK Saintek atau dengan hasil tes SM-IPB daring. Peserta bisa memilih 1-2 prodi, dengan opsi pilihan ke-3 dipilihkan IPB selama nilainya memenuhi persyaratan.

Biaya pendaftaran jalur mandiri IPB University SM-IPB metode nilai UTBK yaitu Rp 300.000. pendaftaran dibuka hingga tanggal 25 Juni 2022 pukul 12.00 WIB. Pengumuman SM-IPB University disampaikan pada 11 Juli 2022.

Seleksi Mandiri ITS dibuka dengan metode seleksi nilai UTBK, tes TKA ITS 2022, dan prestasi lainnya. Seleksi ini dibuka untuk siswa SMA, SMK, dan MA dari jurusan eksakta saja, kecuali prodi Manajemen Bisnis dan Studi Pembangunan dengan nilai UTBK Soshum, Perencanaan Wilayah dan Kota dengan nilai UTBK Saintek, dan Desain Produk, Desain Interior, dan Desain Komunikasi Visual dengan Ujian Masuk Desain (Umdes) ITS 2022.

Pendaftaran jalur mandiri ITS dibuka tanggal 2-26 Juni 2022, disusul pengumuman hasil pada 7 Juli 2022.

Baca juga:  Inilah Penyebab Kemunculan Mikroplastik Dan Penyebarannya

Seleksi Mandiri Skor UTBK UNY dibuka hingga 5 Juli 2022, disusul pengumuman pada 13 Juli 2022. Seleksi calon mahasiswa baru S1 berdasar skor hasil UTBK.

Biaya pendaftaran jalur mandiri UNY Skor UTBK ini sebesar Rp 200.000. Peserta bisa memilih maksimal 2 prodi S1 Saintek atau Soshum sesuai kelompok ujian UTBK masing-masing. Khusus peserta yang memilih prodi olahraga atau seni harus memiliki nilai portofolio keterampilan di UTBK.

Biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,00 dibayar melalui Bank Mandiri, Bank BTN, atau Bank

Jalur Seleksi Mandiri Unair (SMUA) Reguler Jalur Nilai UTBK SBMPTN menggunakan nilai UTBK dan motivation letter dalam seleksi. Sebelumnya, peserta jalur ini wajib memilih prodi Unair saat menjalani UTBK SBMPTN.

Pendaftaran Seleksi Mandiri Unair (SMUA) Reguler Jalur Nilai UTBK SBMPTN dibuka tanggal 4- 26 Juni 2022 pukul 19.00 WIB. Biaya pendaftaran jalur mandiri dengan nilai UTBK Unair ini sebesar Rp 300.000 untuk 2 pilihan prodi bagi UTBK kelompok Saintek atau Soshum dan Rp 500.000 untuk 2 prodi soshum dan saintek bagi UTBK kelompok Campuran. Pengumuman Mandiri Unair jalur nilai UTBK disampaikan tanggal 29 Juni 2022.

Seleksi Mandiri Jalur UTBK (SMJU) UNS dibuka dengan syarat nilai UTBK dan prestasi non akademik jika ada. Prestasi yang dapat dilampirkan mencakup prestasi kejuaraan bidang penalaran, minat-bakat, dan keagamaan minimal tingkat provinsi peringkat 1-3 saat SMA/MK/MA. Sertifikat hafidzul Al Qur’an minimal 15 juz atau hafalan alkitab yang diperoleh di masa SMA/SMK/MA juga bisa dimasukkan sebagai prestasi non akademik

Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri Jalur UTBK (SMJU) UNS yakni sebesar Rp 200.000. Peserta dengan nilai UTBK Saintek atau Soshum dapat memilih 2 prodi sesuai kelompok ujian, sementara peserta kelompok Campuran bisa memilih prodi saintek dan soshum. Pendaftaran mandiri UNS jalur UTBK dibuka 1-26 Juni 2022, dengan pengumuman hasil pada 8 Juli 2022.

Baca juga:  27 Larangan Guru saat Mengajar di dalam Kelas (Episode 4)

Seleksi Mandiri (SEMA) S1 UPNYK dibuka di jalur akademik menggunakan nilai UTBK dan jalur prestasi. Biaya pendaftaran SEMA UPNYK yakni Rp 250.000. Jadwal SEMA Jalur Nilai UTBK belum resmi keluar, dapat dipantau di pmb.upnyk.ac.id.

Sumber: Detik