Cara Daftar UTBK SBMPTN Tahun 2022 Untuk Siswa Disabilitas

Vadcoy.com – Salah satu syarat agar siswa bisa mengikuti Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) 2022 untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 adalah mengisi biodata dan pusat UTBK.

Saat mengisi biodata dan pusat UTBK, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya perbedaan cara mengisi data antara siswa umum dan berkebutuhan khusus.

Siswa berkebutuhan khusus atau disabilitas, perlu memperhatikan beberapa hal saat mengisi biodata borang. Khususnya, bagi calon peserta tunanetra dan tunadaksa.

Ada beberapa borang yang wajib diisi dan jika terlewatkan saat mengisi, para calon mahasiswa penyandang disabilitas tidak bisa mendapatkan pendampingan saat tes. Lalu, bagaimana cara mendaftar UTBK-SBMPTN 2022 bagi siswa penyandang disabilitas? Berikut caranya.

Cara daftar UTBK-SBMPTN 2022 bagi siswa penyandang disabilitas

1. Dalam proses pengisian biodata, siswa akan menemukan Kebutuhan Khusus. Siswa yang tidak memiliki kebutuhan khusus bisa melewatinya. Namun, siswa tunanetra atau tunadaksa wajib memberi centang pada kotak opsi yang disediakan

2. Jika Tidak Beri centang pada kotak Kebutuhan Khusus, maka nantinya akan ditempatkan di ruang pemeriksaan tanpa fasilitas penunjang

3. Setelah yakin dengan seuruh data yang diisi, klik Simpan dan Lanjutkan

4. Peserta akan memperoleh notifikasi kotak untuk memastikan bahwa yang bersangkutan adalah tunanetra

5. Jangan Rupa memilih prodi, siswa bisa langsung klik tombol Lanjutkan yang ada di bawah halaman

6. Peserta akan memperoleh tampilan berkotak merah yang membentuk, “Pilihlah pusat UTBK terdekat dengan tempat tinggal Anda pada saat ini.” Lalu, tekan tombol Ya, saya mengerti pada .

7. Siswa akan memperoleh data diri berupa nama, tempat dan tanggal lahir, NISN, NPSN, asal sekolah, nomor KIP Kuliah (apabila tercatat), status kebutuhan khusus, serta kelompok ujian.

Baca juga:  Jadwal Pengumuman Hasil Seleksi PPDB Jabar Dan Cara Menegeceknya

8. Pilih lokasi drop down jembatan UTBK SBMPTN 2022.

9. Jika pilihan pusat UTBK sudah benar, maka peserta bisa klik Simpan dan Lanjutkan.

10. Ketika memasuki tahap konfirmasi pendaftaran UTBK, jika lokasi ujian yang diklik sebelumnya masih kurang sesuai, maka siswa yang bersangkutan bisa klik Ganti Pusat UTBK.

11. Setelah lokasi ujian yang dipilih sesuai ketentuan dari LTMPT, tekan Konfirmasi dan Lanjutkan.

Ada sebanyak 74 UTBK PTN yang nantinya akan menjadi lokasi pelaksanaan seleksi jalur ini.

Pelaksanaan UTBK 2022 akan dilaksanakan dalam 2 gelombang di mana setiap gelombang akan berlangsung selama 7 hari.

Hasil UTBK 2022 akan diberikan secara individu, artinya hanya peserta UTBK hanya bisa melihat hasil tes yang telah mereka kerjakan.

Sumber kompas