9 Tips Ampuh Mengajar secara Online di Masa Pandemi

Diposting pada

Vadcoy.com – Di masa ini. semua guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam mengajar. Masa Pandemi Covid-19 sekarang masih belum juga berakhir, sehingga memaksa guru dan siswa melakukan pembelajaran secara online. Cara mengajar guru yang biasa di ruang kelas, sekarang harus beralih ke layar gadget atau komputer yah pak/bu.

Yang jelas, dilandanya dunia yang sekarang ini oleh virus covid-19, pasti ada hikmah tersembunyi dari Sang Pencipta. Silahkan bapak/ibu guru baca ini! 4 Hikmah Datangnya Virus Corona (Covid-19)

Sebenarnya dalam lima tahun terakhir, sistem pembelajaran online itu terus berkembang. Apalagi akses ke jaringan internetnya kian mudah loh. Dan hampir setiap lembaga pendidikan di zaman ini sudah mempunyai jaringan internat dengan memasang WIFI yah pak/bu.

Tips Ampuh Mengajar secara Online di Masa Pandemi

Namun, bagi guru guru yang belum terbiasa dengan sistem pembelajaran online, pasti ini menjadi salah satu tantangan. Terutama bagi guru-guru yang sudah sepuh atau yang gaptek yah pak/bu. Tentu hal ini menjadi pelajaran lagi bagi mereka dalam dunia teknologi.

Demikian juga dengan para siswa, mereka tidak boleh kalah dengan gurunya seputar dunia teknologi. Nah, untuk itu para guru sangat perlu mengetahui paling tidak 9 tips cara mengajar secara online berikut ini.

1. Buatlah rencana kelas

Dalam sistem pembelajaran online, siswa tidak akab hadir secara fisik di hadapan guru. Maka membuat perencanaan di dalam kelas online menjadi sangat penting. Materi yang akan diajarkan pun harus disiapkan secara matang. Jika harus, buatlah rencana untuk satu semester ini yah pak/bu.

2. Jangan gaptek

Salah satu masalah terberat bagi para guru adalah yang satu ini, yaitu harus mampu menguasai teknologi dengan segala perangkatnya. Tapi ini tak dapat dipungkiri yah, guru zaman sekarang harus menguasai teknologi informasi dan komunikasi loh. 

Silahkan baca juga:  Pendidikan Islam di Zaman Reformasi, Bagaimana Keadaannya? (Episode 1)

Rekomendasi: Suka Duka Menjadi Blogger Pemula di Tahun 2021

Tak cukup itu saja, guru juga harus kreatif dalam memanfaatkan segala kemajuan teknologi tersebut yah pak/bu.

3. Kreatif dalam mengajar

Mengajar secara online itu memang butuh kreativitas lebih yah pak/bu. Selain para guru harus menguasai teknologi dengan perangkatnya, mereka juga perlu membekali dirinya dengan keterampilan mengoperasikan beberapa aplikasi yang sangat dibutuhkan untuk mengajar secara online.

Misalnya seperti guru berbicara di depan kamera, mengedit video, merekam gambar, mengatur sinyal internet, dan yang lainnya. Di sinilah kreativitas sangat dibutuhkan dalam mengajar yah pak/bu.

4. Cara berkomunikasi dengan siswa

Guru juga sangat diwajibkan untuk secara intens dalam berkomunikasi dengan siswanya. Saat ini tentu tidak akan sulit lagi, karena teknologi juga telah menyediakan sarana komunikasi tersebut yah pak/bu.

Misalnya yang paling sederhana, yaitu membuat grup Facebook atau WhatsApp bersama dengan siswa. Dari situlah guru dapat melihat siswa mana yang aktif dan tidak.

Sesekali guru juga harus mampu membuat kelas online secara langsung dengan menggunakan beragam aplikasi yah, seperti Google Classroom, Google form, Google Meet, Zoom, dan yang lainnya.

5. Mintalah kesan pada siswa

Untuk proses evaluasi siswa, guru juga harus mampu meminta siswanya untuk dapat memberikan kesan atau feedback atas sistem pembelajaran yang dipelajarinya secara online. Hal ini juga supaya guru dapat semakin efektif dalam membuat kelas secara online, dan sesuai dengan kebutuhan siswa masing masing. Evaluasi ini juga dapat melibatkan orang tua siswa yah pak/bu.

Rekomendasi: Contoh Soal UAS/PAS Pelajaran PAI Kelas 4 SD Tahun Ajaran 2020/2021

6. Manfaatkan media mengajar

Saat sedang mengajar secara online, usahakan guru mampu memanfaatkan beberapa media yang ada di sekitarnya yah pak/bu. Misalnya ketika dia sedang mengajar di taman bunga, maka sebaiknya manfaatkan beberapa bunga yang ada di sekitarnya.

Silahkan baca juga:  4 Tahapan dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Hal tersebut dapat membuat para siswa lebih bergairah lagi dalam belajar loh. Karena ada saja siswa yang merasa bosan dengan metode pembelajaran yang begitu-gitu saja walaupun secara online.

7. Biarkan siswa aktif

Apabila guru dan siswa melakukan pembelajaran secara online dengan streaming atau siaran langsung. Maka cobalah untuk membuat para siswa lebih aktif lagi dalam pembelajaran. Guru dapat memancingnya dengan beberapa pertanyaan atau metode tanya jawab.

Karena selain metode tanya jawab, masih ada lagi beberapa metode pembelajaran yang harus guru ketahui, misalnya metode diskusi, metode debat aktif, dan ada juga metode karyawisata jika guru merasa jenuh di dalam kelas. Silahkan baca di sini! Mau Tau Penjelasan Metode Pembelajaran Karyawisata? Silahkan Cek Di sini!

Sehingga para siswa bisa lebih aktif walaupun pembelajaran dilakukan secara jarak jauh yah pak/bu. Dan tak ada bedanya seperti pembelajaran secara tatap muka.

8. Perhatikan siswa yang sering absen

Jangan asal menilai buruk kepada siswa yang sering absen atau tidak pernah hadir. Sebaiknya guru meneliti dulu mengapa siswa tersebut tidak bisa mengikuti pembelajaran. Mungkin dia tidak memiliki kuota atau kesibukan lainnya yang tidak bisa mengikuti pembelajaran tersebut yah pak/bu.

Jika siswa itu tidak hadir karena tidak memiliki kuota internet, maka guru bisa memberinya kepadanya. Dan dengan melakukan hal tersebut, guru mempunyai nilai plus di mata para siswa yah pak/bu.

9. Jangan lupa istirahat

Berbeda dengan pembelajaran tatap muka atau jarak dekat di dalam kelas, pembelajaran online dengan siaran video langsung tentu mewajibkan guru dan para siswa menatap layar secara terus-menerus.

Oleh karena itu, istirahatkanlah mata dengan cara setiap 30 menit sekali mematikan siaran video langsung tersebut. Sehingga kesehatan mata guru dan para siswa masih bisa terjaga.

Silahkan baca juga:  Contoh Visi dan Misi Perpustakaan pada Kampus-Kampus Besar

Dan istirahat bukan hanya untuk mata saja, tetapi untuk anggota badan juga. Misalnya karena terlalu lama duduk, maka istirahatlah dengan cara berdiri dan jalan-jalan kecil agar terhindar dari penyakit keram, ambeyen, atau yang lainnya yah pak/bu.

Itulah 9 tips bagi guru supaya lebih mahir dalam mengajar secara online, dan membuat siswa semakin semangat termotivasi dalam belajar. Sehingga pendidikan di negara Indonesia lebih maju lagi ke depannya. Semoga bisa bermanfaat yah pak/bu guru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *