Coba anda analisa dan uraikan kasus silent spring berdasarkan kepentingan perusahaan dan kepentingan stakeholder​!

Coba anda analisa dan uraikan kasus silent spring berdasarkan kepentingan perusahaan dan kepentingan stakeholder​!

Jawaban:

“Silent Spring” adalah sebuah buku yang ditulis oleh Rachel Carson pada tahun 1962 yang dianggap sebagai tonggak dalam gerakan lingkungan. Buku ini menjabarkan dampak negatif penggunaan pestisida terhadap lingkungan, khususnya pada burung dan satwa liar lainnya.

Salah satu kepentingan utama dari perusahaan yang memproduksi dan menggunakan pestisida adalah keuntungan. Mereka ingin mendapatkan uang sebanyak mungkin dengan menjual produk mereka. Namun, penggunaan pestisida dapat memiliki konsekuensi negatif bagi lingkungan dan kesehatan organisme hidup, termasuk manusia. Hal ini tidak sesuai dengan kepentingan stakeholder, seperti petani, masyarakat setempat, dan masyarakat umum, yang mungkin terpengaruh oleh degradasi lingkungan dan masalah kesehatan yang disebabkan oleh pestisida.

Buku “Silent Spring” menyoroti konflik antara kepentingan perusahaan pestisida dan kepentingan stakeholder. Penelitian dan argumen Carson dalam buku ini membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penggunaan pestisida dan mendorong untuk aturan yang lebih ketat tentang penggunaan pestisida. Sebagai hasilnya, beberapa perusahaan kehilangan keuntungan mereka dan stakeholder mendapat manfaat dari hidup di lingkungan yang sehat.

Kesimpulannya, kasus “Silent Spring” menggambarkan tensi antara kepentingan perusahaan, yang mengutamakan keuntungan, dan kepentingan stakeholder, yang mengutamakan kesehatan dan kesejahteraan lingkungan dan diri mereka sendiri. Buku ini berperan penting dalam menyoroti tensi ini dan mempromosikan perubahan menuju praktik yang lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Baca juga:  Mbah Sastra duwe pekarangan kang amba banget, dhewekke seneng ngingu kewan, akeh maneka warna kewan kang ana ing pekarangan kayata : sapi, wedhus, kebo, pitik, kelinci, bebek, menthog. Manut teks ing dhuwur tembung kang nganggo swara miring yaiku ….