Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PPT PAI Kelas 11 Materi Menghindari Tindak Kekerasan

Vadcoy.com - Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Pada kali ini Mang Ocoy ingin membagikan PPT Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan materi "Menghindari Tindak Kekerasan".

Materi tersebut merupakan Mapel PAI dan BP untuk kelas 11 SMA/SMK yang akan adek-adek pelajari. Mang Ocoy mengambil referensi materi tersebut dari buku Paket PAI dan BP Kelas 11 SMA/SMK. Semoga bisa bermanfaat bagi adek-adek kelas 11 SMA/SMK semuanya!

PPT PAI Kelas 11 Materi Menghindari Tindak Kekerasan

PPT PAI Kelas 11 Materi Menghindari Tindak Kekerasan

Sebelum membagikan PPT PAI Kelas 11 Materi Menghindari Tindak Kekerasan, Mang Ocoy akan menjelaskan terlebih dahulu tentang Tindak Kekerasan.

Tindak Kekerasan

Allah SWT berfirman dalam Q.S. Al-Maidah ayat 32:

مِنۡ اَجۡلِ ذٰ لِكَ ‌ ۚكَتَبۡنَا عَلٰى بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ اَنَّهٗ مَنۡ قَتَلَ نَفۡسًۢا بِغَيۡرِ نَفۡسٍ اَوۡ فَسَادٍ فِى الۡاَرۡضِ فَكَاَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيۡعًا ؕ وَمَنۡ اَحۡيَاهَا فَكَاَنَّمَاۤ اَحۡيَا النَّاسَ جَمِيۡعًا ‌ؕ وَلَـقَدۡ جَآءَتۡهُمۡ رُسُلُنَا بِالۡبَيِّنٰتِ ثُمَّ اِنَّ كَثِيۡرًا مِّنۡهُمۡ بَعۡدَ ذٰ لِكَ فِى الۡاَرۡضِ لَمُسۡرِفُوۡنَ

Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa barangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya Rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi. (Q.S. Al-Maidah : 32)

Menurut Tafsir Jalalain: bahwa maksud ayat ini adalah karena perbuatan Qabil sebagaimana dikisahkan pada ayat sebelumnya, Kami tetapkan bagi Bani Israil, bahwa barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena berbuat kerusakan yang diperbuatnya di muka bumi berupa perzinahan atau perampokan dan sebagainya, maka seolah-olah dia telah membunuh manusia semuanya.

Sebaliknya barangsiapa yang memelihara kehidupannya, artinya tidak membunuhnya, maka seolah-olah ia telah memelihara kehidupan manusia seluruhnya.

Sedangkan dalam Tafsir Kementerian Agama: dijelaskan bahwa membunuh seorang manusia berarti membunuh semua manusia, sebagaimana memelihara kehidupan seorang manusia berarti memelihara kehidupan semua manusia.

Ayat ini menunjukkan keharusan adanya kesatuan umat dan kewajiban mereka masingmasing terhadap yang lain. Yaitu harus menjaga keselamatan hidup dan kehidupan bersama dan menjauhi hal-hal yang membahayakan orang lain.

Hal ini dapat dirasakan karena kebutuhan setiap manusia tidak dapat dipenuhinya sendiri, sehingga mereka sangat memerlukan tolong-menolong, terutama pada hal-hal yang menyangkut kepentingan umum.

Sesungguhnya orang-orang Bani Israil telah demikian banyak kedatangan para rasul dengan membawa keterangan yang jelas, tetapi banyak di antara mereka itu melampaui batas ketentuan dengan berbuat kerusakan di muka bumi. Akhirnya, mereka kehilangan kehormatan, kekayaan, dan kekuasaan yang kesemuanya itu pernah di masa lampau.

Rasulullah SAW bersadba:

مَنْ أَشَارَ إِلَى أَخِيهِ بِحَدِيدَةٍ فَإِنَّ الْمَلاَئِكَةَ تَلْعَنُهُ حَتَّى وَإِنْ كَانَ أَخَاهُ لأَبِيهِ وَأُمِّهِ

“Barangsiapa mengacungkan senjata tajam kepada saudaranya, maka para malaikat akan melaknatnya sampai dia meninggalkan perbuatan tersebut, walaupun saudara tersebut adalah saudara kandung sebapak dan seibu.” (HR. Muslim, no. 2616)

Macam-macam Tindak Kekerasan

  • Menganiaya: memperlakukan dengan sewenang-wenang (spt menyiksa, menyakiti).
  • Perkosa: Menundukkan dengan kekerasan; memaksa dengan kekerasan.
  • Memalak: Meminta secara paksa; memeras.
  • Merampok: Mencuri dengan paksa (biasanya dilakukan oleh lebih dari satu orang).
  • Membunuh: Menghilangkan (menghabisi; mencabut) nyawa; mematikan.
Sumber: KBBI


Jadi dapat disimpulkan bahwa Tindak Kekerasan adalah perlakuan kasar yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok kepada orang lain atau kelompok lain. Tindak kekerasan juga bisa berlaku kepada hewan.

Sedangkan jika kepada tumbuhan dan tanam-tanaman, maka disebut merusak lingkungan atau merusak alam.

PPT Menghindari Tindak Kekerasan

Silahkan unduh PPT PAI Kelas 11 Materi Menghindari Tindak Kekerasan dengan mengklik link di bawah ini!

Posting Komentar untuk "PPT PAI Kelas 11 Materi Menghindari Tindak Kekerasan"