Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Menentukan Ciri, Isi, dan Tujuan Teks Deskripsi

Vadcoy.com - Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Pada kali ini Mang Ocoy ingin membagikan Mapel Bahasa Indonesia dengan materi "Menentukan Ciri, Isi, dan Tujuan Teks Deskripsi".

Materi tersebut merupakan Mapel Bahasa Indonesia untuk kelas 7 SMP/MTs yang akan adek-adek pelajari. Mang Ocoy mengambil referensi materi tersebut dari buku LKS. Semoga bisa bermanfaat bagi adek-adek kelas 7 SMP/MTs semuanya!

Menentukan Ciri, Isi, dan Tujuan Teks Deskripsi

Menentukan Ciri, Isi, dan Tujuan Teks Deskripsi

Secara etimologis, deskripsi berasal dari kata describe yang berarti gambaran. Mendeskripsikan berarti membuat gambaran tentang suatu hal atau objek agar pembaca atau pendengar dapat seolah-olah ikut langsung melihat atau mengalaminya.

Penulis berusaha menggambarkan apa yang dilihat, didengar, dicium, dirasa, dan diraba. Teks deskripsi bertujuan memancing imajinasi pembaca agar seolah-olah melihat sendiri yang telah dideskripsikan penulis.

Secara sederhana, teks deskripsi dapat diartikan sebagai teks yang melukiskan sesuatu, menyatakan yang diindra, serta melukiskan perasaan dan perilaku jiwa dalam wujud kalimat.

Secara lengkap, pengertian teks deskripsi adalah karangan yang menggambarkan suatu objek, keadaan, atau peristiwa menggunakan bahasa, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar, dan merasakan sendiri dengan pancaindranya segala yang digambarkan dalam bahasa tersebut.

Ciri-ciri teks deskripsi

  1. Merupakan penggambaran atau pelukisan tentang sesuatu.
  2. Penggambaran dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan pancaindra.
  3. Memiliki tujuan pembaca atau pendengar seolah-olah merasakan atau mengalami sendiri objek yang digambarkan.
  4. Menjelaskan ciri-ciri objek yang dideskripsikan, seperti bentuk, ukuran, warna, lokasi, dan keadaan suatu objek secara terperinci.
  5. Terdapat fakta yang dijadikan data untuk mengilustrasikan sehingga dapat memperjelas penggambaran. Sebuah data dapat berbentuk gambar maupun kalimat.
Teks deskripsi bertujuan untuk menjelaskan kepada pembaca mengenai suatu hal, seperti objek, gagasan, tempat, atau peristiwa melalui perincian mengenai objek yang dibicarakan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan sendiri tentang hal yang disampaikan dalam teks.

Contoh teks deskripsi

  1. Teks deskripsi tentang seseorang atau tokoh, pendeskripsiannya berkaitan dengan penampilan, kesopanan, perilaku, sifat, suara, cara bicara, dan sikap orang tersebut terhadap orang lain.
  2. Teks deskripsi tentang suatu tempat, pendeskripsiannya berdasarkan pencerapan salah satu pancaindra pengarangnya. Misalnya, berkaitan dengan keindahan, suasana, dan keadaan fisik yang dilihat mata.
  3. Deskripsi tentang sebuah kejadian, pendeskripsiannya harus disusun secara kronologis dan logis.
Perhatikan contoh teks deskripsi berikut!

Candi Borobudur

Borobudur adalah candi Buddha. Candi ini dibangun pada abad ke-19 oleh dinasti Syailendra yang berasal dari Kerajaan Mataram Kuno. Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Borobudur terkenal di seluruh penjuru dunia. Konstruksinya mendapat pengaruh oleh arsitektur gupta India.

Candi ini dibangun di atas sebuah bukit setinggi 46 meter dan delapan tangga yang berbentuk undakan batu. Lima tangga yang pertama berbentuk kotak, dikelilingi oleh tembok yang penuh pahatan yang membentuk gambar Buddha. Tiga tangga di atasnya berbentuk melingkar.

Pada tiap tangga melingkar tersebut terdapat stupa berbentuk lonceng. Keseluruhan gedung ditutupi oleh stupa besar yang terletak di tengah-tengah lingkaran teratas. Jalan menuju puncak Borobudur yang berbentuk gang terbentang sejauh 4,8 kilometer.

Desain Borobudur yang menyimbolkan struktur alam semesta memengaruhi gaya pembuatan Candi Angkor di Kamboja. Candi Borobudur yang diresmikan sebagai monumen nasional Indonesia pada tahun 1983 adalah harta tak ternilai bagi bangsa Indonesia.


Sumber: Mahir Berbahasa Indonesia SMP/MTS VII, Wahono, dkk.

Posting Komentar untuk "Menentukan Ciri, Isi, dan Tujuan Teks Deskripsi"