Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Langkah-langkah Dalam Menulis Iklan

Vadcoy.com - Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Pada kali ini Mang Ocoy ingin membagikan Mapel Bahasa Indonesia dengan judul materi "Langkah-langkah Dalam Menulis Iklan".

Materi tersebut merupakan Mapel Bahasa Indonesia untuk kelas 8 SMP/MTs yang akan adek-adek pelajari. Mang Ocoy mengambil referensi materi tersebut dari buku LKS. Semoga bisa bermanfaat bagi adek-adek kelas 8 SMP/MTs semuanya!

Langkah-langkah Dalam Menulis Iklan

Langkah-langkah Dalam Menulis Iklan

Perencanaan sangat diperlukan ketika akan memproduksi suatu teks iklan. Hal ini bertujuan agar iklan yang dibuat bisa menarik minat pembaca untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Tentunya harus sesuai isi iklan. Untuk memproduksi teks iklan, kalian bisa memulainya dengan membuat struktur yang sesuai. Struktur tersebut harus berisi judul, nama produk, dan penjelasan tentang produk.

1. Langkah-langkah menyusun teks iklan

  • Menentukan judul
  • Berilah gambar pada teks iklan agar lebih menarik.
  • Berilah kalimat slogan yang menarik.
  • Berilah informasi mengenai manfaat yang bisa diperoleh.

2. Penyuntingan iklan

Menyunting teks iklan merupakan kegiatan memperbaiki teks sebelum dipublikasikan agar bisa menghasilkan sebuah teks iklan yang baik dan menarik. Penyuntingan sangat penting karena akan menentukan kualitas teks iklan tersebut.

Ada dua hal yang bisa dilakukan dalam penyuntingan, yaitu redaksional (kebahasaan; ejaan, diksi, dan kalimat) serta substansial (isi dan data).

Seorang penyunting yang baik tentunya tidak boleh mengubah substansi isi teks. Penyunting juga harus paham benar mengenal ciri teks iklan yang baik. Tidak mungkin bisa memperbaiki teks orang lain jika tidak memahami seluk-beluk teks tersebut.

Dalam menyunting, lakukan perbaikan kesalahan yang terjadi pada teks serta buatlah teks tersebut lebih menarik.

Info Tambahan:

Koran termasuk media cetak yang memuat beberapa jenis iklan. Jenis iklan yang biasanya dibuat koran adalah iklan baris dan iklan kolom.

iklan baris biasanya menempati satu atau dua halaman sendiri. Sedangkan iklan kolom tergantung pada pargiklan, ada yang besar dan ada juga yang kecil.

Iklan termasuk salah satu hal yang sangat diperlukan dalam era digital. Hal tersebut menjadikan banyak orang memiliki profesi sebagai content creator iklan.

Dalam profesi ini, seseorang dituntut sangat kreatif dan memiliki ide-ide yang cemerlang untuk menghasilkan suatu iklan yang harapannya bisa disukai oleh khalayak.

Apabila seseorang bisa memenuhi kriteria tersebut, para penyedia produk perusahaan barang atau jasa tidak segan-segan untuk memberikan bayaran yang tinggi hanya untuk satu iklan. Oleh sebab itu, berpikir kreatif sangat diperlukan untuk menyongsong dunia kerja di era digital.

Posting Komentar untuk "Langkah-langkah Dalam Menulis Iklan"