Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Polimer dan Manfaat Polimer

Vadcoy.com - Pada postingan kali ini Mang Ocoy akan membahas tentang materi Pengertian atau Definisi Polimer dan Manfaat Polimer. Apa itu Polimer? Dan apa saja manfaat Polimer? Simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Polimer

Pengertian Polimer dan Manfaat Polimer

Polimer adalah suatu molekul raksasa yang tersusun dari beberapa monomer (molekul-molukul kecil yang sederhana). Polimer juga disebut dengan molekul besar (makromolekul) yang terdiri atas susunan unit kimia berulang yang kecil, sederhana, dan terikat oleh ikatan kovalen.

Polimer biasanya terbentuk dari pengikat yang berupa molekul identik yang disebut monomer. Meskipun sebagian besar adalah senyawa organik (memiliki rantai karbon), namun ada juga polimer yang anorganik.

Umumnya polimer banyak dihasilkan di beberapa negara berkembang dan harganya pun sangatlah murah. Dalam pemanfaatannya pun polimer banyak digunakan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain Polimer, ada istilah yang bernama Monomer. Adapun pengertian monomer sendiri adalah suatu zat yang dapat dikonversi menjadi suatu polimer.

Misalnya, etilen adalah monomer yang dapat dipolimerisasi menjadi polietilen. Selain etilen, ada juga Asam amino yang bisa dipolimerisasi menjadi polipeptida dengan pelepasan air.

Perhatikan gambar di bawah ini!

Contoh Monomer

Manfaat Polimer dalam kehidupan

1. Untuk menghindari bahaya keracunan akibat penggunaan plastik

Dengan memanfaatkan polimer,  kita bisa menghindari bahaya keracunan akibat penggunaan plastik. Yaitu dengan menggunakan tempat makanan dan minuman yang lebih aman, contohnya gelas dan piring beling.

Kemudian apabila makanan dan minuman berbau plastik, maka jangan coba-coba untuk memakannya. Oleh karena itu, gunakan indra penciuman dengan sebaik-baiknya.

2. Untuk mengurangi pencemaran plastik

Caranya dengan mengurangi penggunaan plastik, kemudian sampah plastik harus dipisahkan dengan sampah non plastik, sehingga bisa didaur ulang.

Selanjutnya jangan membuang sampah di sembarang tempat, dan yang harus diingat adalah sampah plastik tidak boleh dibakar. Karena bisa menyebabkan pencemaran.

Kegunaan Polimer

1. Polimer karet

Polimer karet dibedakan menjadi beberapa jenis. Untuk karet berjenis neoprena bisa digunakan dalam pembuatan selang karet, sol sepatu, sarung tangan, dan yang lainnya. Sedangkan, polimer karet yang berbahan dasar styrena butadiena rubber menjadi bahan baku ban motor dan ban mobil.

2. Polimer plastik

Polimer plastik dibedakan dalam beberapa bagian. Misalnya jenis Poletilena yang digunakan untuk botol plastik yang bersifat fleksibel, plastik pembungkus, jas hujan, kantong plastik, dan isolator listrik.

Adapun jenis Polivinil Klorida (PVC) biasanya digunakan untuk pembuatan pipa, karung plastik dan pelapis lantai. Selanjutnya polimer berjenis teflon yang umumnya menjadi bahan baku pembuatan alat penggorengan, panci anti lengket, pelapis tangki bahan kimia, dan sebagainya.

Dan jenis yang terakhir adalah Bakelit, berguna sebagai bahan baku dalam pembuatan peralatan kelistrikan dan elektronik pada perusahaan-perusahaan besar.

3. Polimer serat sintesis

Kemudian yang terakhir adalah serat sintesis. Seperti jenis nilon 66 yang banyak digunakan untuk bahan baku tenda, parasit, dan jala. Lalu, jenis orlon menjadi bahan baku utama pembuatan karpet maupun pakaian.

Ada juga serat sintetis yang digunakan sebagai bahan baku kemasan minuman, yaitu dacron. Jenis dacron dipilih karena kualitasnya yang terbaik dibandingkan dengan jenis lainnya.

Contoh Polimer

1. Karet sintesis, tidak baik untuk ban Selang oli/minyak.

2. Karet alam, proses penambahan belerang sehingga sifatnya menjadi keras karena terbentuk ikatan silang disulfida antar rantai.

3. Polipropilena, karung plastik, tali, botol.

4. Polietilena, tersusun atas molekul rantai lurus sehingga lebih padat maka sifatnya padat, kuat dan kaku digunakan untuk kantong plastik, pembungkus kabel plastik lembaran.

5. Poli Vinil Chlorida (PVC), pipa, pelapis lantai, selang.

6. Serat Akrilat/Orlon, baju wol, kaos kaki, karpet.

7. Nilon, parasut, jala, jas hujan, tenda.

8. Bakelit, peralatan listrik.

9. Flexiglass/Polimetilmetakrilat (PMMA), kaca jendela pesawat terbang, lampu belakang mobil.

10. Teflon, pelapis tangki di pabrik kimia, pelapis panci anti lengket.

11. Polistirena, Gelas minuman ringan, kemasan makanan.

Itulah tentang materi Polimer yang bisa Mang Ocoy bagikan kepada Anda semua. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Posting Komentar untuk "Pengertian Polimer dan Manfaat Polimer"