Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Mudik Lebaran Tahun 2021 di Masa Pandemi

Vadcoy.com - Hari Raya Idul Fitri atau lebaran merupakan hari raya terbesar umat Islam tahunan. Banyak orang-orang pulang kampung atau mudik lebaran demi bertemu keluarga tercinta. Terutama bagi orang-orang yang merantau.

Namun, kendala mudik lebaran tahun 2021 yang sekarang adalah Pandemi Covid-19. Sudah satu tahun lebih masa pandemi masih belum berakhir. Seperti halnya tahun lalu, ada aturan dilarang mudik bagi orang-orang yang ingin pulang kampung.

Karena dikhawatirkan Virus Covid-19 atau Corona akan menyebar luas ke seluruh penjuru nusantara. Virus ini menular dari satu orang ke orang yang lainnya. Jika Anda berdekatan dengan orang yang terinfeksi virus corona, maka Anda bisa tertular olehnya.

Oleh karena itu, aturan larangan mudik diterapkan pada tahun lalu. Sehingga para perantau yang hendak mudik lebaran, sebaiknya ditahan terlebih dahulu sampai waktu yang telah ditentukan.

Lebaran tahun 2021 pun demikian. Surat edaran larangan mudik lebaran tahun 2021 sudah tersebar. Berlaku mulai dari tanggal 6-17 Mei 2021. Anda tidak boleh mudik lebaran, baik menggunakan transportasi darat, laut, udara, dan kereta api.

Apabila Anda memaksa untuk mudik pada tanggal yang telah ditetapkan oleh pemerinatah tersebut, maka siap-siap Anda akan mendapatkan sanksi dari petugas yang berjaga. Namun Anda jangan khawatir, di sini Mang Ocoy punya beberapa tips mudik lebaran tahun 2021 di Masa Pandemi.

Tips Mudik Lebaran Tahun 2021

Tips Mudik Lebaran Tahun 2021 di Masa Pandemi

1. Mudik sebelum tanggal 6 Mei 2021

Karena aturan larangan mudik lebaran tahun 2021 dimulai pada tanggal 6 Mei, maka Anda bisa melakukan mudik sebelum tanggal tersebut. Tujuannya agar Anda bisa lebih bebas mudik lebaran tanpa ada petugas yang berjaga.

Jika Anda melakukan mudik tepat tanggal 6 atau lebih, maka sudah banyak petugas yang berjaga di tiap-tiap daerah. Dan jika Anda ketahuan hendak mudik, Anda akan disuruh putar balik oleh petugas yang berjaga.

2. Mudik setelah tanggal 21 Mei 2021

Mungkin Hari Raya Idul Fitri tahun 1442 Hijriyah telah usai. Namun Anda jangan khawatir, karena suasana lebaran masih belu hilang pada tanggal tersebut. Misalnya Anda mudik pada tanggal 22 Mei, maka suasana lebaran masih terasa pada keluarga Anda.

Keluarga Anda hanya menginginkan Anda bisa pulang dengan selamat walaupun bukan pas hari H lebaran. Dan yang terpenting, Anda bisa selamat dari virus corona yang mematikan tersebut.

3. Gunakan masker dan pakaian tertutup

Jangan lupa untuk menggunakan masker dan pakaian tertutup saat Anda siap untuk mudik lebaran di Masa Pandemi. Anda tidak tahu daerah mana saja yang masih zona hijau dan merah. Barangkali saat Anda melepas masker, Anda memasuki wilayah zona merah yang banyak orang terinfeksi virus corona.

Sebaiknya Anda memakainya di sepanjang jalan dan jangan sampai dilepaskan sedikit pun. Begitu pun dengan pakaian Anda, usahakan utuk menggunakan pakaian yang benar-benar rapat tertutup. Sehingga Anda bisa selamat dari virus yang mematikan tersebut.

4. Cek kondisi kesehatan

Sebelum melakukan mudik lebaran, Anda wajib untuk mengecek kesehatan Anda terlebih dahulu. Kondisi badan yang kurang sehat, maka antibodi Anda pun menjadi lemah. Kemudian Anda akan mudah terserang penyakit, bahkan penyakit yang ringan pun bisa menyerang Anda.

5. Makan dan minum penambah antibodi

Sebelum dan saat sedang di perjalanan, sebaiknya Anda makan dan minum penambah antibodi. Seperti yoghurt, jeruk, bawang putih, almond, bayam, jahe, teh hijau dan masih banyak lagi yang lainnya. Sediakan untuk bekal perjalanan Anda, agar imun tubuh Anda tetap sehat dan kuat dari serangan penyakit.

6. Pilih jalur alternatif

Jika bisa dan memungkinkan, Anda sebaiknya memilih jalur alternatif yang mana jalur tersebut sepi dengan pengendara. Supaya Anda bisa terhindar dari keramaian dan kerumunan saat di perjalanan mudik lebaran.

Lebih baik memakan waktu lama, asalkan jalur yang Anda lalui bebas dari kerumunan dan keramaian. Dibandingkan dengan melewati jalur yang banyak kerumunannya, walaupun durasi waktu perjalanannya cepat, namun risiko tertular Virus Covid-19 sangatlah besar.

7. Ganti pakaian

Apabila Anda melakukan mudik lebaran dengan jarak tempuh yang jauh dan durasi waktu yang lama, maka Anda harus mengganti pakaian Anda. Misalnya Anda merantau di daerah Jakarta dan hendak mudik ke daerah Surabaya dengan menggunakan sepeda motor. Tentu akan memerlukan waktu yang lama.

Oleh karena itu, di tengah-tengah perjalanan sebaiknya Anda mengganti pakaian Anda. Hal tersebut untuk mencegah Anda tertular dari Virus Covid-19 yang menempel pada pakaian Anda yang dikenakan selama di perjalanan.

Itulah tips mudik lebaran tahun 2021 di Masa Pandemi yang bisa Mang Ocoy bagikan kepada Anda semua. Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, agar Anda selalu terhindar dari Virus Covid-19. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Posting Komentar untuk "Tips Mudik Lebaran Tahun 2021 di Masa Pandemi"