Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bukan 3 M, Lakukan 39 M Ini agar Anda Terhindar dari Virus Corona (Covid-19)

Vadcoy.com - Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Pada postingan kali ini, Mang Ocoy mau berbagi kepada bapak, ibu, kakak, adek, tante, paman, mas, mba, dan kawan-kawan sekalian. Adapun yang ingin Mang Ocoy share di sini adalah 39 M yang bisa membuat Anda terhindar dari virus Corona (covid-19). InsyaALLAH..

Pada umumnya, sering kita mendengar atau melihat tentang protokol kesehatan yang mana jika kita ingin terhindar dari virus yang mematikan ini harus melakukan 3 M. Yaitu, Mencuci tangan dengan sabun. Menjaga jarak, dan Memakai masker.

Namun di sini bukan 3 M, melainkan 39 M yang harus Anda lakukan agar benar-benar bisa terhindar dari Covid-19. Jadi Mang Ocoy tambah 36 M lagi supaya lebih afdhol ya broo!

Lakukan 39 M Ini agar Terhindar dari Virus Corona!

Bukan 3 M, Lakukan 39 M Ini agar Anda Terhindar dari Virus Corona (Covid-19)

Di sini ada 2 kategori yang harus Anda lakukan! Kategori yang pertama adalah yang bersifat umum. Sedangkan kategori yang kedua adalah yang sifatnya berhubungan dengan spiritual khusus yang beragama Islam.

Lalu apa saja sih ke-39 M tersebut?

Tanpa berbasa-basi lagi, langsung saja! Berikut ini adalah 39 M yang harus dilakukan agar kita benar-benar terhindar dari virus Corona atau Covid-19.

Kategori umum

1. Mencuci tangan dengan sabun

M yang pertama sudah tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kita harus mencuci tangan dengan sabun saat tangan kita kotor. Atau saat tangan kita telah menyentuh tangan orang lain, maka cucilah jika ada waktu untuk mencucinya.

Jika tak sempat untuk mencucinya, maka Anda bisa menggunakan handsanitizer terlebih dahulu! Kemudian setelah itu barulah Anda mencuci tangan dengan sabun sampai benar-benar bersih.

Perlu diingat yaa.. Yang dicuci dengan sabun itu tangan loh! Awas ingat-ingat lagi, yang dicuci tangan yaa! Bukan yang lain! 😉

2. Memakai masker

Siapa sih yang gak tau masker? Kalo masih gak tau benda yang satu ini benar-benar deh keterlaluannya. Di masa pandemi ini kita wajib memakai masker jika hendak pergi keluar rumah.

Fungsinya agar hidung dan mulut kita bisa terhindar dari menghirup virus yang berbahaya ini ya broo. Karena virus tersebut lebih rawan masuk melalui hidung dan mulut kita. Jadi, jangan sekali-kali ngeyel tidak memakai masker saat keluar rumah yaa!

Risiko tertular Anda yang nanggung sendiri loh! Dan tak menutup kemungkinan keluarga yang Anda cintai bisa ikut tertular Covid-19 juga loh.. 😯

3. Menjaga jarak

Protokol kesehatan yang diwajibkan pemerintah salah satunya adalah menjaga jarak! Maksudnya menjaga jarak dari orang lain saat bertemu orang lain. Baik didalam ruangan, maupun diluar ruangan.

Berdekatan dengan orang lain mengkhawatirkan kita bisa tertular virus Corona yang mematikan tersebut. Karena kita tidak tau apakah orang yang kita temui positif Covid-19 atau tidak. Maka untuk menjaga kehati-hatian, sebaiknya kita menjaga jarak selama masa pandemi belum berakhir. 👌

4. Memakai face shield

Ternyata memakai masker saja belumlah cukup jika Anda ingin benar-benar save dari virus tersebut. Alangkah baiknya jika Anda juga memakai face shield untuk keamanan area sekitar wajah.

Dengan begitu, virus yang beterbangan akan mengenai face shield terlebih dahulu, lalu jika menembus face shield yang Anda gunakan, maka barulah dicegah oleh masker yang Anda gunakan. Memakai face shield dianjurkan jika Anda mengunjungi tempat yang banyak orang sakitnya, misalnya rumah sakit, klinik, puskesmas, dan lain-lain.

5. Mengganti pakaian

Kemudian M yang ke-5 adalah mengganti pakaian! Terutama saat Anda setelah pergi keluar rumah ke tempat keramaian. Dan di situ memaksa Anda untuk bertemu dengan banyak orang dengan jarak yang sangat dekat.

Maka ketika Anda pulang ke rumah, segeralah untuk mengganti pakaian Anda dengan yang baru. Jangan biarkan Anda berlama-lama dengan pakaian yang Anda pakai tersebut. Dikhawatirkan pakaian tersebut membawa virus yang mematikan itu.

Mulai dari baju, kemudian celana, kaos kutang, celana dalam, dan pakaian yang lainnya. Seperti jaket apabila Anda menggunakan jaket. 👍

6. Mencuci pakaian

Setelah Anda mengganti pakaian, maka jangan dibiarkan terlalu lama pakaian kotor yang sudah Anda pakai barusan. Cepatlah untuk mencucinya dengan segera! Karena jika dibiarkan terlalu lama, dikhawatirka virus yang menempel pada pakaian Anda akan menyebar ke seluruh ruangan rumah.

7. Memakai jaket

Jika Anda hendak bepergian keluar rumah, maka usahakan untuk memakai jaket. Hal tersebut berfungsi untuk melindungi tubuh Anda dari udara yang ada di sekitar. Udara dingin bisa menyebabkan tubuh Anda lemah dan bisa memudahkan virus masuk ke dalam tubuh Anda.

Dengan begitu, tubuh Anda pun rawan tertular virus Covid-19. Dan jika sudah tertular, maka Anda mau tak mau wajib di isolasi di ruangan tertentu.

8. Membersihkan case handphone

Tak lupa pula setelah Anda keluar dari rumah, bersihkanlah case handphone Anda! Case handphone yang dibawa keluar rumah tentu membawa kuma-kuman yang tak terdeteksi.


Misalnya Anda menyimpannya asal saja, saat sedang makan di restoran Anda menyimpannya di atas meja restoran. Dan Anda pun tidak tau apakah meja tersebut banyak kumannya atau tidak. Dan untuk mengantisipasinya, Anda harus membersihkan case handphone tersebut agar tidak membawa virus. 📱

9. Membersihkan tas

Apabila Anda membawa tas setelah keluar rumah, jangan lupa untuk membersihkannya! Kman dan virus pun bisa menempel pada tas yang Anda bawa tersebut.

Anda bisa membersihkannya dengan menyemprotkan pembunuh kuman dan jika terlalu parah, Anda pun bisa mencucinya. Ingat! Kita tidak tau apa saja yang telah terjadi saat diluar rumah tersebut. Oleh karena itu, berhati-hatilah! 💼

10. Membersihkan aksesoris

Aksesoris pun harus Anda bersihkan setelah Anda bepergian! Seperti jam tangan, kemudian gelang, cincin, kalung, pita jika membawa, kemudian dasi, dan aksesoris lainnya. Jangan lupakan satu aksesoris pun agar Anda bisa terhindar dari virus Corona. ⌚

11. Makan makanan bergizi

M yang ke sebelas ini sudah tidak perlu diragukan lagi keampuhannya. Tubuh yang kekurangan gizi pasti akan mudah terserang oleh berbagai virus, salah satunya virus Corona. Oleh karena itu. makan makanan bergizi bisa membuat tubuh menjadi sehat dan kuat.

Tubuh pun akan kebal terhadap serangan berbagai macam virus yang mengancamnya. Tak menutup kemungkinan virus Corona bisa ditangkal pula dengan makanan tersebut. 🍱

12. Menutup pintu dan jendela

Selanjutnya adalah menutup pintu dan jendela rumah jika sering dibuka seharian. Karena pintu yang selalu terbuka bisa menyebabkan virus masuk ke dalam rumah. Begitu juga dengan jendela rumah, jangan sering-sering dibuka jika Anda tinggal di tempat yang ramai. 

13. Membersihkan selokan

Rajin-rajinlah untuk membersihkan selokan yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Hal tersebut bukan hanya mencegah Anda terkena virus Corona saja, namun juga bisa mencegah Anda dari beberapa penyakit lainnya. Misalnya demam berdarah, muntaber, dan yang lainnya. 

14. Menyemprot ruangan

Ketika ada tamu atau orang lain mampir ke rumah kita, usahakan jagalah jarak Anda dari orang tersebut. Dan usahakan juga Anda untuk menjaga jarak darinya.

Setelah orang tersebut pergi dari rumah Anda, maka di sinilah tugas Anda selanjutnya, yaitu menyemprot ruangan dengan pembunuh virus atau kuman. Karena kita tidak tau apakah orang tersebut membawa virus atau tidaknya.

Kalau bisa saat Anda menyemprot ruangan, jangan sampai orang tersebut mengetahuinya. Karena jika dia tau, bisa jadi dia merasa sakit hati atau tersinggung dengan yang Anda lakukan tersebut.

15. Mengecek suhu badan

M selanjutnya adalah mengecek suhu badan. Usakahan minimal sehari sekali Anda untuk melakukan pengecekkan suhu pada badan Anda. Jika badan Anda terasa panas, maka segeralah berobat ke dokter dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku saat pergi ke klinik.

16. Mandi dengan segera

Setelah Anda keluar dari rumah, apalagi Anda baru dari tempat keramaian. Maka segeralah untuk pergi mandi dan mengganti pakaian juga! Anda tidak tau apakah tempat tersebut aman atau tidak. Atau bisa jadi tempat tersebut ada seseorang yang positif tertular virus Covid-19. Maka untuk mencegahnya mandilah dengan segera dan jangan menundanya. 

17. Mengubah pola pikir

Ubahlah pola pikir Anda! Jangan terus-menerus beroikiran negatif kepada orang lain atau diri sendiri. Misalnya Anda selalu berpikiran takut dengan adanya virus covid-19 dan Anda selalu merasa takut tertular dari orang lain.


Jika Anda selalu berpikir demikian, maka buanglah jauh-jauh pikiran yang seperti itu. Karena pikiran negatif bisa menyebabkan dampak negatif pula yang Anda dapatkan. Jadi ubahlah pola pikir Anda dengan berpikir positif selalu.

18. Membuang sampah pada tempatnya

Membuang sampah pada tempatnya aslinya bukan hanya saat masa pandemi saja Anda lakukan. Namun, saat keadaan normal pun Anda wajib melakukannya. Pasalnya, membuang sampah sembarangan adalah salah satu hal yang membuat sarangnya kuman atau virus.

Lebih-lebih di masa pandemi ini, apa jadinya jika Anda masih membuang sampah sembarangan? Tentu tidak mustahil Anda bisa tertular virus yang mematikan tersebut.

19. Membersihkan tempat yang kotor dengan segera

Selanjutnya adalah membersihkan tempat yang kotor dengan segera! Misalnya setelah makan Anda meninggalkan beberapa butir nasi di meja makan atau di lantai. Maka Anda sebaiknya segera membersihkannya!

Tempat kotor yang tidak segera dibersihkan bisa mengundang hewan-hewan yang membawa kuman. Misalnya seperti lalat, dan kita tidak tau barangkali lalat tersebut membawa virus yang tidak diinginkan. Oleh karenanya, bersihkanlah sampah apapun jenisnya yang berserakan di lingkungan tempat tinggal Anda.

20. Menyingkat pertemuan

Maksudnya adalah jika Anda hendak bertemu dengan orang lain atau mengadakan rapat, bisnis, atau pembelajaran. Hal yang dianjurkan untuk Anda lakukan adalah menyingkat pertemuan tersebut. Jangan berlama-lama dalam meeting yang Anda lakukan.

Karena kita tidak tau, bisa jadi dari pertemuan-pertemuan tersebut bisa membawa virus-virus berbahaya yang berdampak pada Anda nantinya. Lebih-lebih virus Corona yang datangnya, jadi jangan berlama-lama ya broo! 

21. Menunda bepergian

Pada masa pandemi covid-19 sekarang ini, jika Anda hendak bepergian untuk liburan atau jalan-jalan yang tidak terlalu penting, sebaiknya ditunda dulu yaa. Karena keadaan masih belum stabil dan kasus virus pun masih terus bertambah.

Khawatir Anda menjadi salah satu orang yang terkena kasus virus Corona tersebut, karena Anda memaksa untuk bepergian yang mana bepergian itu untuk hal-hal yang tidak penting. Jadi, sabar dulu ya guys jalan-jalannya. 😉

22. Menghindari keramaian

M yang selanjutnya adalah menghindari keramaian. Mengapa kita harus menghindari keramaian?

Tentu sudah jelas jawabannya! Agar kita terhindar dari virus Corona yang saat ini sedang mewabah di belahan dunia. Apabila Anda melihat keramaian di suatu tempat, maka jauhilah dan jangan mendekatinya.

Jika Anda terpaksa harus mendekatinya, maka gunakan masker dan face shield jika bisa. Agar perlindungan Anda lebih ketat lagi dalam menangkal berbagai macam virus dan kuman.

23. Menghindari berjabat tangan

Selama masa pandemi ini Anda juga diusahakan untuk menghindari berjabat tangan sebisa mungkin. Hal ini demi kebaikan Anda dan orang yang mengajak Anda berjabat tangan. Kecuali jika tangan Anda dan orang tersebut benar-benar bersih (setelah cuci tangan).

Atau jika Anda terpaksa harus berjabat tangan, maka segeralah untuk mencucinya dengan air bersih. Namun apabila tidak sempat, Anda bisa membersihkannya dengan handsanitizer. 😉

24. Menjemur badan

Cobalah untuk menjemur badan apabila Anda memiliki waktu senggang atau luang. Dalam sebuah penelitian, ternyata virus Covid-19 tersebut bisa musnah jika dijemur saat matahari berada di tengah-tengah atau saat siang hari.

Dan berjemurnya pun jangan sebentar! Anda bisa menjemur badan Anda minimal 10-30 menit jika bisa menahan panasnya sinar matahari ya guys..

25. Membawa sedikit orang

Selama masa pandemi ketika Anda hendak bepergian, maka bawalah sedikit orang saja! Membawa banyak orang hanya akan membawa masalah saja. Terutama saat ada razia masker, pastinya mobil yang Anda tumpangi dengan membawa banyak orang akan diberhentikan oleh petugas razia.

Jadi untuk lebih amannya, Anda bisa membawa paling sedikit 3-4 orang saja di dalam mobil. Dan jangan sampai lebih dari pada itu!

26. Menambah porsi olahraga

Ketika keadaan normal mungkin Anda yang biasanya olahraga hanya berdurasi 5-10 menit dalam waktu sehari. Namun di masa pandemi ini, cobalah untuk menambah porsi olahraga Anda! Karena bisa membuat tubuh Anda lebih bugar dan sehat lagi.

Misalnya Anda menambah porsi latihan menjadi 20-30 menit dalam sehari. Apalagi Anda yang tidak pernah olahraga, maka ubahlah kebiasaan itu dan mulai dari sekarang gerakkan tubuh Anda untuk berolahraga yaa! 💪

27. Mengistirahatkan badan

Masih ada orang-orang yang kerja dengan porsi yang sangat berat, bahkan sampai di luar batas kemampuan tubuhnya. Apabila Anda orang yang demikian, maka barilah waktu untuk mengistirahatkan tubuh Anda guys.

Apalagi di masa pandemi ini, tubuh yang sering kelelahan dikhawatirkan akan mudah terserang oleh penyakit dan lebih parahnya, akan tertular oleh virus yang mematikan tersebut.

28. Menjaga stamina tubuh

Menjaga stamina tubuh adalah hal yang wajib bin harus Anda lakukan! Mau gak mau Anda wajib melakukannya pokoknya! Stamina tubuh tentu sangat mempengaruhi anti bodi yang ada pada tubuh Anda.


Apabila stamina Anda berkurang, maka anti bodi pun bisa menjadi lemah. Dan jika anti bodi menjadi lemah, Anda pun tak menutup kemungkinan bisa terserang virus yang telah merenggut jutaan nyawa manusia itu. 😦

Kategori spiritual

29. Membaca qu'ran

Khususnya bagi Anda yang beragama Islam, sering-seringlah untuk membaca qur'an selama masa pandemi sekarang ini. InsyaALLAH dengan istiqomah membaca qur'an setiap hari, Anda akan selalu dilindungi oleh Allah dari Covid-19.

30. Membaca doa dan dzikir

Membaca qur'an saja tidaklah cukup. Anda juga sebaiknya berdoa dan membaca dzikir agar selalu dilindungi Allah SWT. Seperyi yang sudah diketahui, walaupun Anda berikhtiyar untuk melakukan protokol kesehatan sampai tubuh Anda tertutup semua misalnya.

Apabila Anda meninggalkan doa dan dzikir, tidaklah mustahil Anda bisa tertular virus Corona. Ada pepatah mengatakan "ikhtiyar tanpa berdoa adalah sombong! Doa tanpa ikhtiyar adalah bohong!" Jadi doa dan ikhtiyar adalah satu paket yang tidak dapat dipisahkan ya guys!

31. Mengambil air wudu ketika batal

Saat Anda batal dari wudu, maka Anda harus mengambil air wudu kembali. Intinya Anda harus bisa mempertahankan dalam keadaan suci terus-menerus. InsyaALLAH, virus Covid-19 akan musnah dengan adanya air wudu yang membuat tubuh Anda dalam keadaan suci.

32. Menyisihkan sebagian harta

Menyisihkan sebagian harta sama dengan Anda harus bersedekah atau berinfak kepada yang membutuhkan ya guys! Berinfak lebih ke bentuk materi atau harta, sedangkan bersedekah maknanya luas, di samping berbentuk materi dan harta, sedekah juga bisa dengan jasa, tenaga, pikiran, dan yang lainnya.

Jadi intinya, jangan pelit untuk berbagi terhadap sesama! Baik berbagi kepada manusia, ataupun kepada hewan dan tumbuhan. Karena semuanya adalah makhluk ciptaan Allah SWT.

33. Mengurangi maksiat

Bagi Anda yang sering melakukan maksiat, berhentilah dan bertobatlah di masa pandemi ini. Karena umur tidak ada yang tau, bisa jadi Anda tiba-tiba tertular virus mematikan itu dan nyawa Anda pun tak terselamatkan.

Lalu jika hal demikian terjadi (Naudzubillah), apa jadinya jika Anda belum sempat bertobat dan masih sering berbuat maksiat? Walaupun Anda sulit untuk meninggalkan maksiat, maka kurangi maksiat sedikit demi sedikit.

InsyaALLAH Anda bisa meninggalkan maksiat secara menyeluruh ke depannya jika sudah membiasakan untuk mengurangi perbuatan maksiat.

34. Mengubah akhlak

Berakhlak buruk tentu bisa membahayakan pada diri Anda! Misalnya Anda menyakiti orang lain dengan akhlak buruk yang sudah Anda lakukan. Lalu orang tersebut mendoakan buruk pula pada Anda, misalnya mendoakan agar Anda tertular virus Corona.

Dan yang sudah diketahui pada hadis Nabi SAW, bahwa doa orang yang didzalimi akan terkabul. Kebetulan doa orang tersebut langsung diijabah oleh Allah SWT. Anda pun beneran tertular virus Corona dan sampai merenggut nyawa Anda.

Dari kejadian di atas intinya adalah akhlak buruk yang Anda miliki. Jadi cobalah untuk mengubah akhlak buruk tersebut kepada akhlak yang lebih baik lagi. InsyaALLAH Anda akan selamat dari virus pembunuh itu. Aamiin..

35. Makan makanan halal

Makan makanan bergizi saja tidaklah cukup, maka untuk mencukupinya harus dibarengi dengan makanan yang halal. Bahkan derajatnya lebih besar makan makanan yang halal daripada makanan yang bergizi.

Misalnya Anda makan dengan daging, telur, sayur-mayur, dan buah-buahan. Tapi semuanya itu Anda dapati dengan cara yang haram. Maka lebih baik Anda makan dengan kerupuk dan kecap yang halal saja, walaupun gizinya kurang.

Karena makanan yang halal pasti akan membawa berkah bagi yang memakannya, walaupun gizinya sedikit. Sedangkan sebaliknya, makanan haram akan membawa bencana walaupun makanan tersebut memiliki gizi yang banyak.

36. Menyembah Allah secara berjamaah

Dalam Agama Islam menyembah Allah hukumnya wajib dan mutlak. Karena Allah adalah satu-satunya Tuhan yang wajib diyakini oleh seluruh Orang Islam. Adapun bentuk menyembah kepada Allah salah satunya adalah salat.

Dan di masa pandemi ini, cobalah untuk istiqomah dalam salat berjamaah. Terutama bagi Anda yang terbiasa salat sendirian sebelum masa pandemi.

Karena di masa pandemi ada beberapa masjid dan mushola yang ditutup, maka Anda bisa melakukan salat berjamaah di rumah dengan keluarga Anda. Bisa dengan anak, ayah, ibu, kakak, adek, abang, paman, tante, cucu, kakek, nenek, istri, dan suami Anda ya guys! 

37. Menambah kualitas dan kuantitas ibadah

Selanjutnya adalah menambah kualitas dan kuantitas ibadah. Seperti apa menambah kualitas ibadah?

Misalnya Anda selama ini salat asal-asalan saja. Memakai pakaian asal saja, bacaan salatnya tidak benar dan terburu-buru, kemudian setelah salat pun langsung pergi saja tanpa berdzikir dan tanpa berdoa.

Maka hal yang seperti demikian merupakan kualitas ibadah yang sangat buruk. Dan Anda wajib untuk memperbaikinya! Tentu dengan cara memakai pakaian yang rapi dan sopan, memperbaiki bacaan salatnya, dan melakukan dzikir dan doa setelah salat selesai.

Adapun nambah kuantitas ibadah adalah dengan cara menambah jumlah salat yang Anda lakukan. Misalnya Anda salat dhuha hanya 2 rakaat saja, maka tambahlah menjadi 4 - 8 rakaat.

Lalu yang biasanya Anda mengaji quran hanya satu lembar, maka tambahlah menjadi 2 lembar atau lebih. Tentu hal yang demikian itu bisa menjaga Anda dari bahayanya masa pandemi yang sekarang ini. InsyaALLAH.

38. Menambah keimanan dan ketaqwaan

M yang satu ini sudah tidak bisa dibantah lagi dalam kehidupan Anda pokoknya! Menambah keimanan dan ketaqwaan adalah kewajiban bagi para muslim. Baik itu di masa pandemi atau pun di masa normal, karena hukum beriman dan bertaqwa kepada Allah merupakan syarat diterimanya Islam seorang Hamba.

39. Mentaati pemerintah

Dalam penggalan ayat quran disebutkan "wa ulil amri minkum" artinya "dan pemimpin/pemerintah kalian". Jadi Anda pun harus mentaati aturan pemerintah selama masa pandemi covid-19 sekarang ini. Karena aturan pemerintah adalah usaha yang terbaik bagi negaranya untuk melawan wabah bencana yang mematikan.

Selama aturan itu tidak melanggar syariat Agama Islam, maka wajib Anda mematuhinya. Namun, jika bertentangan dengan syariat Agama Islam, maka Anda boleh tidak mentaatinya.

Itulah ke-39 M yang bisa Mang Ocoy sampaikan kepada Anda semuanya, agar Anda bisa terhindar dari Virus Corona atau Covid-19. InsyaALLAH jika Anda menerapkan ke-39 semuanya, Virus tersebut tidak akan berani menghampiri Anda.

Adapun jika menghampiri Anda, dia akan musnah dan lenyap dengan seketika. Cukup sekian dari Mang Ocoy, semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua! Aamiin.. 

Posting Komentar untuk "Bukan 3 M, Lakukan 39 M Ini agar Anda Terhindar dari Virus Corona (Covid-19)"