Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Postingan

9 Tips Mengajar Mata Pelajaran PAI pada Murid Kelas 1 SD agar Cepat Paham

Vadcoy.com - Assalamu'alaikum Bapak/Ibu guru! Kali ini Mang Ocoy mau bagi-bagi tips tentang bagaimana cara mengajar mapel Pendidikan Agama Islam atau PAI pada murid kelas 1 SD. InsyaALLAH tips ini bisa membuat murid-murid kelas 1 SD yang Bapak/Ibu guru sedang ajar cepat paham.

Mengajar murid kelas 1 SD adalah kunci dari keberhasilan anak di kelas selanjutnya. Karena Bapak/Ibu guru mempunyai tanggungjawab yang besar untuk membuat mereka bisa membaca dan menulis.

Bukan hanya tugas guru kelas saja yang harus membuat mereka pandai dalam membaca dan menulis. Tetapi, guru PAI pun memiliki peranan penting untuk membuat mereka pandai.

Apalagi guru PAI wajib mengajari mereka bagaimana cara menulis huruf hijaiyah yang baik dan benar. Seperti yang sudah Bapak/Ibu guru ketahui, kunci dalam mengajar PAI adalah anak-anak wajib bisa menulis huruf hijaiyah.

Memang menulis huruf abjad itu sangat penting untuk semua mata pelajaran, namun menulis huruf hijaiyah sangat penting untuk masalah belajar Agama Islam.

Sedangkan murid kelas 1 sudah harus bisa menulis huruf hijaiyah, walaupun tulisannya masih ruwed gak karuan. Jika tidak bisa menulisnya sama sekali, maka guru PAI lah yang akan kena imbasnya dan dimintai pertanggungjawaban di hadapan wali murid ya Bapak/Ibu guru!?

Tips mengajar mapel PAI pada murid kelas 1 SD agar cepat paham

9 Tips Mengajar Mata Pelajaran PAI pada Murid Kelas 1 SD agar Cepat Paham

Lalu seperti apa cara mengajar PAI murid kelas 1 SD agar cepat paham?

Di sini Mang Ocoy mempunyai tips mengajar PAI agar murid kelas 1 SD cepat paham ya Bapak/Ibu guru.

1. Buat anak-anak kelas 1 SD merasa nyaman dengan Bapak/Ibu guru

Tips yang pertama bapak/ibu guru diusahakan agar membuat para murid kelas 1 SD merasa nyaman dengan Anda. Sehingga nantinya mereka bisa mendengarkan apapun yang bapak/ibu guru katakan di depan kelas.

Karena tugas bapak/ibu guru adalah mengajar PAI, maka Anda harus membuat anak-anak memperhatikan apa yang Anda ucapkan ya pak/bu guru! Jika Anda tidak bisa membuat mereka merasa nyaman dengan Anda, maka Anda akan merasa kesulitan untuk mengajar mereka.

Berikut ini beberapa cara supaya mereka bisa merasa nyaman dengan bapak/ibu guru.

- Turuti kemauan anak 

Misalnya ada satu atau dua anak ingin istirahat walaupun belum jam istirahat, maka bapak/ibu bisa mengistirahatkan mereka. Dengan syarat, hanya anak yang minta istirahat saja. Sedangkan yang lainnya tetap belajar di dalam kelas.

Rekomendasi: 9 Tips Ampuh Mengajar secara Online di Masa Pandemi

Adapun jika ada anak lain yang ingin istirahat juga, maka bapak/ibu guru bisa mengistirahatkannya. Tapi harus gantian dengan 2 anak yang sebelumnya istirahat. Jadi selama jam pelajaran berlangsung, hanya 2 anak yang istirahat dengan saling bergantian.

- Bapak/ibu guru memberi hadiah kepada anak

Cara kedua untuk membuat anak merasa nyaman dengan bapak/ibu guru adalah dengan memberi mereka hadiah keapa anak yang bisa menjawab pertanyaan dari Anda.

Dengan begitu, anak-anak bisa menjadi semangat lagi dalam belajar dan bisa merasa lebih nyaman lagi dengan Anda bapak/ibu guru. Dan masih banyak lagi cara untuk membuat anak-anak merasa nyaman dengan Anda ya pak/bu guru.

2. Jangan dibuat tegang! Dibuat santai saja!

Bapak/ibu guru saat mengajar jangan terlalu tegang ya pak/bu! Cobalah untuk mengajar dengan santai, apalagi yang Anda hadapi adalah anak kecil yang baru berusia 6 tahunan. Jadi santai saja ya pak/bu guru!

Bisa jadi wali murid mereka ikut masuk ke dalam kelas, maka Anda harus benar-benar siap secara mental. Lalu saat mengajar dan mendidik mereka juga usahakan menggunakan metode yang cocok dengan mereka.

Misalnya metode bercerita, dan metode tanya jawab. Jangan selalu menggunakan metode ceramah, mereka bisa jenuh dengan terus-menerus menggunakan metode ceramah. Jadi sekali lagi, dibuat santai saja ya pak/bu guru!

3. Jangan terlalu galak dan kasar

Tips yang ketiga ini berlaku bagi bapak/ibu guru yang mempunyai watak emosional. Begitu juga bagi Anda yang hatinya terlalu sensitif, maka harus bisa mengontrolnya ya pak/bu guru.

Padahal cuma disenggol oleh anak karena tidak sengaja, lalu bapak/ibu marah kepada anak. Watak yang seperti itu sebaiknya Anda jauhi deh pak/bu guru! Bagi yang suka ngajar dengan membentak juga sebaiknya jangan lagi ya pak/bu guru!

Pastinya menghadapi bocah-bocah kecil akan membuat Anda jengkel dan kesal, namun mau tidak mau Anda wajib menahannya. Jangan sampai membentak kepada anak sedikitpun, karena hal tersebut bisa berpengaruh terhadap psikologis anak.

4. Perhatikan anak satu persatu

Saat Anda sedang masuk kelas, pastikan perhatikan anak satu persatu! Tatap wajah anak dengan senyuman terbaik Anda ya pak/bu guru. Dengan kebiasaan seperti itu setiap hari, anak akan mudah untuk diajak belajar oleh Anda.

Rekomendasi: 101 Contoh Judul Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

Karena mereka merasa seperti diperhatikan, tentu timbal baliknya mereka akan memperhatikan Anda saat mengajar di depan kelas. Jika demikian, anak-anak pun akan cepat menyerap pelajaran PAI yang Anda ajarkan.

5. Jangan pilih kasih

Masih melanjutkan tips nomor 4, tips yang ke 5 bapak/ibu guru tidak boleh pilih kasih dalam memperhatikan murid kelas 1 SD yang ada di kelas semuanya. Jangan pilih kasih kepada beberapa murid, walaupun kepada satu anak ya pak/bu guru.

Gara-gara Anda jengkel dengan salah satu anak, lalu Anda mengabaikannya dan mencuekkannya. Hal seperti itu sangat tidak dibenarkan ya pak/bu guru. Bisa-bisa satu anak yang Anda abaikan tersebut bisa mengganggu anak-anak lainnya karena merasa dicuekkan oleh Anda.

Jadi, sejengkel apapun Anda pada anak tertentu, usahakan untuk tidak jengkel padanya. Tetaplah menyayanginya dan selalu perhatikan anak-anak seluruhnya, jangan pilih kasih!

6. Buat anak-anak kelas 1 SD cinta dengan mata pelajaran PAI

Tips yang ke 6 ini merupakan tips wajib bagi bagap/ibu guru PAI. Mengapa demikian?

Apa jadinya jika bapak/ibu mengajar PAI, tapi murid-murid yang Anda ajarkan tidak menyukai mapel tersebut? Tentu setelah mereka belajar, bisa jadi materi atau ilmu yang diajarkan oleh Anda tidak ada yang nyantol sedikitpun.

Dan jika demikian, hal itu merupakan suatu kegagalan bapak/ibu guru sebagai guru mapel PAI. Karena tugas penting seorang guru PAI adalah membuat murid-muridnya menyukai mapel Pendidikan Agama Islam dengan sepenuh hati.

Apalagi Pendidikan Agama Islam adalah ilmu yang harus dipraktikkan sehari-hari yang tidak boleh ditinggalkan oleh anak-anak. Jadi, cobalah bapak/ibu guru membuat murid kelas 1 SD tersebut mencintai mapel PAI dengan sepenuh hati ya pak/bu guru.

7. Sempatkan waktu untuk bermain

Belajar mengajar dengan serius memang bagus, namun jangan terlalu serius ya pak/bu guru! Luangkan waktu untuk bermain dengan anak-anak disela-sela pelajaran yang sedang berlangsung. Hal itu bisa membuat anak lebih cepat paham dalam belajar.

Karena otak anak-anak sejatinya membutuhkan refreshing dengan beberapa game atau permainan yang bisa mengurangi stress saat belajar. Berbeda dengan orang dewasa, belajar dalam jangka waktu lama pun tidak masalah. Tentu kemampuan otaknya pun berbeda dengan anak-anak.

Rekomendasi: 101 Contoh Judul Skripsi Jurusan Fisika Lengkap Terupdate

8. Jadilah seperti Orang Tua kandung mereka

Selanjutnya bapak/ibu guru harus bisa menjadi seperti orang tua kandung mereka. Seperti apa sih orang tua kandungnya?

Yang jelas, jangan memberi kasih sayang palsu kepada anak-anak didik Anda ya pak/bu guru! Berilah kasih sayag yang tulus sebagaimana Anda memberi kasih sayang kepada anak kandung Anda yang ada di rumah.

Tapi kan jumlah anaknya banyak Mang Ocoy?

Anggap saja Anda dikaruniai anak banyak ya pak/bu. Jadi masih tetap pilah-pilih jika diberi anak banyak?

Ingat ya pak/bu! Anak itu adalah rezeki yang diberikan Allah kepada Anda. Jadi harus Anda jaga dan didik dengan sepenuh hati. Sehingga dia bisa selamat dari jalan yang sesat dan buruk di masa mendatang kelak.

Jika dia terjerumus ke jalan yang salah karena Anda gagal mendidiknya, itu adalah menjadi tanggungjawab Anda ya pak/bu guru. Dan Anda akan dimintai pertanggungjawaban kelak di akhirat.

9. Jangan lupa berdoa kepada ALLAH SWT

Tips yang terakhir adalah jangan lupa untuk berdoa kepada Allah SWT. Sebagus apapun Anda mengajar, sehebat apapun Anda mendidik, dan sebaik apapun Anda menyanyangi murid-murid Anda, tanpa berdoa semuanya adalah nihil ya pak/bu guru.

Ingat! Usaha tanpa Berdoa = SOMBONG dan Berdoa tanpa Usaha = BOHONG

Saat bapak/ibu guru mendapati murid yang bandel, atau susah diatur, maka berdoalah pada Allah SWT agar diberi kemudahan dalam mendidiknya dan semoga anak-anak yang bandel tersebut bisa berubah.

Yakinlah dengan kekuatan doa! Sesulit apapun Anda mengajarkan mapel PAI kepada anak-anak kelas 1 SD, dengan berdoa pasti semuanya akan menjadi lebih mudah.

Seperti itulah tips-tips mengajar mapel PAI pada murid kelas 1 SD agar cepat paham yang bisa Mang Ocoy share ya pak/bu guru. Semoga 9 tips tersebut bisa bermanfaat bagi Anda, dan semoga bapak/ibu guru diberi kemudahan dalam mengajar selalu. Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin.. Wassalamu'alaikum..

Wallahu 'Alam Bishawab!

Posting Komentar untuk "9 Tips Mengajar Mata Pelajaran PAI pada Murid Kelas 1 SD agar Cepat Paham"

Berlangganan via Email