javascript:void(0)
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP PAI Kelas 9 Semester 2 Tahun 2020/2021, Materi Tata Krama, Sopan Santun, Dan Rasa Malu

Vadcoy.com - Assalamu'alaikum Waramatullahi Wabarakatuh Bapak/Ibu guru yang terhormat.. Bagaimana kabar Bapak/Ibu guru sekalian? Apakah sehat? Sedang sedih? Sedang bahagia? Atau sedang kurang enak badan?

Jika Bpk/Ibu sedang kurang enak badan, jangan lupa istirahat ya pak/bu! Sehat itu mahal loh pak/bu, dan masalah kesehatan Mang Ocoy gak perlu kasih tau lagi pada bpk/ibu guru. Karena Anda lebih tau pastinya ya pak/bu guru.

Pada postingan kali ini, Mang Ocoy punya RPP mata pelajaran PAI untuk kelas 9 semester 2 tahun ajaran 2020/2021. RPP ini materinya tentang Tata Krama, Sopan Santun, Dan Rasa Malu. RPP ini juga dibuat untuk pembelajaran Daring selama musim pandemi covid-19 ya pak/bu guru.

Jika bpk/ibu kebetulan guru PAI kelas 9, maka RPP ini sangat cocok untuk Anda. Silahkan bpk/ibu juga bisa mendonwloadnya dengan mengklik gambar RPP di bawah ya pak/bu!

Tata Krama, Sopan Santun, Dan Rasa Malu

RPP PAI Kelas 9 Semester 2 Tahun 2020/2021, Materi Tata Krama, Sopan Santun, Dan Rasa Malu

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah: SMP Negeri 2 Bojong

Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP)

Materi: Tata Krama, Sopan Santun, Dan Rasa Malu

Kelas/Semester: IX (Sembilan)/2 (Dua)

Tahun Pelajaran: 2020/2021

Alokasi Waktu: 3 jam x 2 pertemuan

Tujuan Pembelajaran

Melalui pembelajaran daring, peserta didik dapat: Mendiskripsikan pengertian tata krama, santun dan malu dengan benar, menyebutkan dalil naqli tentang tata krama, santun dan malu dengan benar, menyajikan contoh perilaku sesuai tata krama, santun dan malu dalam kehidupan sehari-hari, berperilaku sesuai tata krama, santun dan malu dalam kehidupan sehari-hari, menjelaskan hikmah perilaku tata krama, santun dan malu dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan:

- Lewat WAG guru membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa,
- Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai,
- Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu konsep tentang beriman kepada malaikat,
- Guru menyampaikan lingkup penilaian, yang meliputi: penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. 

Kegiatan Inti: 

- Pertemuan 1:
  • Pembelajaran daring melalui Google Classroom/WAG.
  • Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu.
  • Lewat obrolan/chat di WAG peserta didik saling bertanya jawab tentang tayangan yang diunggah guru. memateri/modul pembelajaran yang diunggah guru. 
  • Dengan bimbingan guru Peserta didik menyimpulkan pengertian tata krama, sopan santun, dan rasa malu.
- Pertemuan 2:
  • Pembelajaran during  melalui google classroom/WAG.
  • Peserta didik mencermati unggahan Q.S. Al-a’raf: 26 tentang tata krama, Q.S. al-Baqarah/2: 83 dan hadits riwayat Ibnu Majjah tentang santun dan malu.
  • Guru menyampaiakan  kesimpulan /resume makna tata krama, santun dan malu.
  • Guru menyampaikan capaian hasil pembelajaran dan menyampaikan cakupan materi berikutnya.

Refleksi dan konfirmasi:

- Guru bersama-sama peserta didik merumuskan beberapa simpulan terkait dengan konsep dan hakikat beriman kepada malaikat dan berbagai cara untuk membaca, menulis, menerjemah, dan memahami ayat-ayat al-quran dan hadis terkait dengan Tata Krama, Sopan Santun, Dan Rasa Malu.
- Guru melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan menunjukkan kelebihan dan kekurangannya,
- Guru memberi umpan balik serta motivasi agar peserta didik mengamalkan ajaran kitab suci al-quran sebagai implementasi Tata Krama, Sopan Santun, Dan Rasa Malu.

Penilaian

Sikap Spiritual:
Observasi dalam menjawab salam, mengungkapkan rasa syukur, berdoa selama mengikuti proses pembelajaran di group kelas daring.

Sikap Sosial:
Observasi keaktifan, kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab selama mengikuti proses pembelajaran di group kelas daring.

Pengetahuan:
Tes tertulis dengan soal pilihan ganda atau uraian untuk mengukur kemampuan mengingat, memahami, dan menerapkan makna Tata krama, santun dan malu  melalui google form.

Keterampilan:
Menyajikan rumusan contoh perilaku yang mencerminkan tata krama, santun dan rasa malu. Tugas dikirim secara terjadwal dengan memperhatikan prokes.


                                                                                                                   Bojong, 4 Januari 2021
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Bojong                                                 Guru PAI dan Budi Pekerti



Drs. Moh. Taufiq Hidayat, M.M.Pd.                                                     Ocoy Surocoy, S.Pd. M.Pd.
NIP. 19670216 199512 1 003                                                               NIP. 19720805 200901 1 005


Berikut ini adalah format RPP nya pak/bu guru. Silahkan jika bpk/ibu guru hendak mendownloadnya, klik gambar di bawah ini. Semoga bisa bermanfaat bagi bpk/guru PAI semuanya!
Materi Tata Krama, Sopan Santun, Dan Rasa Malu
Materi Tata Krama, Sopan Santun, Dan Rasa Malu

Posting Komentar untuk "RPP PAI Kelas 9 Semester 2 Tahun 2020/2021, Materi Tata Krama, Sopan Santun, Dan Rasa Malu"