javascript:void(0)
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelaporan Hasil Penilaian Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid-19

Vadcoy.com - Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bapak/Ibu guru yang mudah-mudahan selalu sehat wal 'afiat.. Pada kali ini, Mang Ocoy ingin membagikan penjelasan tentang Pelaporan Hasil Penilaian Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid-19.

Data nilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebaiknya dikelola dengan tertib dan rapi dalam buku nilai atau menggunakan aplikasi komputer. Data nilai sebaiknya dibukukan berdasarkan KD baik pengetahuan maupun keterampilan. Selanjutnya dilaporkan sesuai dengan pihak-pihak yang berkepentingan.

Pelaporan Penilaian Siswa Masa Pandemi Covid-19

Pelaporan Hasil Penilaian Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid-19

Ada beberapa laporan hasil penilaian, antara lain:

1. Laporan berkala

Laporan berkala kepada wali kelas secara periodik sesuai dengan kebutuhan dan program sekolah. Laporan ini memuat hasil penilaian tiap kompetensi dasar sesuai dengan teknik yang digunakan, analisis hasil, dan tindak lanjut yang dilakukan. Nilai keterampilan tiap KD dibukukan sesuai dengan teknik/bentuk yang digunakan, yaitu: praktik/ kinerja, produk, projek, portofolio, dan/ atau bentuk lain.

2. Laporan tengah semester

Laporan tengah semester melaporkan ketercapaian KD tiap mata pelajaran dalam setengah semester berjalan. Laporan ini bermanfaat bagi pihak berkepentingan, yaitu siswa, orangtua, guru, dan wali kelas. Berikut ini contoh muatan laporan tengah semester yang dilaporkan oleh guru mata pelajaran.

Pelaporan Hasil Penilaian
Selanjutnya laporan kepada siswa dan orang tua juga mendeskripsikan ketercapaian KD tiap mata pelajaran. Muatan laporan tengah semester dapat menggunakan contoh berikut ini.

Pelaporan Hasil Penilaian

3. Laporan akhir semester

Laporan akhir semester kepada siswa dan orang tua dilakukan dua kali yaitu laporan akhir semester ganjil dan laporan akhir semester genap atau kenaikan kelas. Laporan akhir semester ganjil merupakan rata-rata dari seluruh KD semester ganjil, sedangkan laporan akhir semester genap merupakan rata-rata dari seluruh KD di semester genap. Akumulasi rata-rata KD dalam satu tahun digunakan untuk menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.

Kenaikan Kelas Dalam kondisi khusus

Salah satu pemanfaatan laporan hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan adalah sebagai pertimbangan dalam penentuan kenaikan kelas. Ketentuan kenaikan kelas ditetapkan oleh satuan pendidikan dan dicantumkan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Contoh syarat kenaikan kelas adalah sebagai berikut.
  1. Memiliki sikap minimal baik.
  2. Kehadiran minimal terpenuhi, tidak kurang dari 90% atau persyaratan yang ditentukan oleh sekolah.
  3. Mata pelajaran yang tidak tuntas (kurang dari KKM) maksimal dua mata pelajaran.
  4. Nilai ekstrakurikuler wajib kepramukan minimal baik.
Selanjutnya adaptasi yang dapat dilakukan karena pembatasan aktivitas, antara lain sebagai berikut.
  1. Keputusan mendapat nilai baik pada sikap lebih diprioritaskan perubahan perilaku.
  2. Kehadiran melalui daring, luring, dan atau kombinasi mempertimbangkan aspek kondisi siswa yang terdampak berat pandemi Covid-19.
  3. Pencapaian KKM boleh diadaptasi sesuai dengan pilihan penyederhanaan kurikulum yang digunakan dan dicantumkan dalam KTSP.
  4. Penetapan nilai ekstrakurikuler wajib (pendidikan kepramukaan) tidak harus mengacu kegiatan rutin aktualisasi kepramukaan.

Posting Komentar untuk "Pelaporan Hasil Penilaian Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid-19"