Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Pelaksanaan Penilaian di SMA pada Kondisi Khusus (Masa Pandemi Covid-19)

Vadcoy.com - Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bapak/Ibu guru yang selalu dilindungi Allah SWT dari Virus Covid-19 yang sedang melanda di negeri Indonesia ini. Pada kali ini, Mang Ocoy ingin membagikan informasi terkait tentang cara pelaksanaan penilaian di SMA pada kondisi khusus atau masa pandemi covid-19.

Pelaksanaan penilaian pada kondisi khusus dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu menyampaikan informasi rencana penilaian, melaksanakan penilaian, dan memberi umpan balik terhadap hasil penilaian.

3 Jenis Penilaian pada Kondisi Khusus (Masa Pandemi Covid-19)

Cara Pelaksanaan Penilaian di SMA pada Kondisi Khusus (Pandemi Covid-19)

Ada 3 jenis penilaian pada kondisi khusus di SMA selama masa pandemi covid-19. Di antaranya adalah penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penialaian keterampilan.

1. Penilaian Sikap

Penilaian sikap bertujuan untuk mengetahui capaian dan membina perilaku dan budi pekerti menjadi lebih baik. Penilaian selama proses pembelajaran jarak jauh bersifat penguatan, motivasi, apresiasi dalam bentuk deskripsi agar siswa tetap percaya diri, dan termotivasi.

Penilaian sikap dilakukan secara rutin dan berkelanjutan setiap pertemuan. Guru, orang tua, dan keluarga harus mengamati siswa. Siswa yang memiliki perilaku yang kurang baik dicatat untuk ditindaklanjuti, sementara siswa yang memiliki perilaku normal tidak perlu dicatat karena sudah mencapai sikap yang baik.

Berikut contoh strategi dalam melakukan penilaian sikap pada pembelajaran jarak jauh/daring pada masa kondisi khusus (pandemi covid-19).

Penilaian Sikap
Penilaian Sikap

2. Penilaian Pengetahuan

Dalam kondisi khusus penilaian terintegrasi dalam bentuk penugasan atau tes tertulis yang diadaptasi lebih disarankan dengan pemberian umpan balik secara terus menerus untuk menguatkan proses belajar siswa dari rumah baik dengan moda daring, luring, maupun kombinasi.

Berikut ini contoh langkah pelaksanaan penugasan dan tes tertulis yang terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran dan diadaptasi dalam konsisi khusus (pandemi covid-19).
  • Di awal semester atau pertemuan pertama setiap KD, guru menyampaikan rencana yang akan dilaksanakan berkaitan dengan penilaian tugas. Tugasnya adalah setiap akhir pertemuan siswa diminta membuat catatan. Catatan dibuat dengan tulisan tangan dan bahasa sendiri memuat pengalaman dan konten yang didiskusikan. Hasil catatan tersebut dikumpulkan melalui platform/LMS, atau secara langsung dalam rentang waktu yang disediakan.
  • Selama pengumpulan tugas catatan tersebut, guru merespon dengan memberi umpan balik, memberi catatan tentang keberhasilan, koreksi, dan kekeliruan yang ada dan memberikan nilai hasil tugas. Dalam rentang tersebut siswa masih dapat memperbaiki untuk memperoleh nilai terbaik.
  • Pada pertemuan akhir KD, guru memberikan tes tertulis melalui platform atau LMS untuk dijawab dengan adaptasi boleh membuka buku catatan, jelajah intenet, dan bertanya kepada orang di rumah. Tes tertulis dalam bentuk uraian dengan level kognitif penerapan dan penalaran. Soal dibuat dengan stimulus yang berbeda dengan apa yang didiskusikan dalam konteks yang berbeda.

3. Penilaian Keterampilan

Pelaksanaan penilaian keterampilan dalam kondisi khusus (pandemi covid-19) dilakukan dengan langkah berikut ini.
Penilaian Keterampilan
  • Rencana penilaian keterampilan disampaikan di awal semester, dan pertemuan pertama setiap KD. Penyampaian informasi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara: melalui media sosial, website sekolah, LMS (learning management system), pesan singkat (sms), atau disampaikan langsung (luar jaringan).
  • Instruksi ditulis rinci dan jelas karena akan menjadi pedoman bagi siswa dalam menunjukkan kemampuannya, serta digunakan bagi guru dalam menilai aspek yang dinilai. Instruksi kerja diberikan melalui media/platform yang digunakan dan instruksi dalam bentuk cetak dapat disampaikan langsung (luring) kepada siswa.
  • Selama pelaksanaan kegiatan penilaian keterampilan, guru mengontrol dan membimbing kegiatan siswa.
  • Menskor adalah menentukan angka pada aspek yang dinilai. Menilai adalah mengolah seluruh skor menjadi nilai dalam bentuk angka (0 – 100). Memberi umpan balik adalah mengoreksi, mengklarifikasi, dan memperbaiki kekeliruan, memperkuat keberhasilan, serta memotivasi siswa untuk lebih meningkatkan kemampuannya.

Posting Komentar untuk "Cara Pelaksanaan Penilaian di SMA pada Kondisi Khusus (Masa Pandemi Covid-19)"