Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Abstrak Skripsi Program Tahfidz dalam Peningkatan Minat Hafal Al-Qur'an

Vadcoy.com - Assalamu'alaikum para mahasiswa semester akhir yang sedang berjuang menyelesaikan skripsi. Pada postingan kali ini, Mang Ocoy mau membagikan abstrak skripsi tentang Program Tahfidz dalam Peningkatan Minat Hafal Al-Qur'an.

Barangkali Anda ingin membuat skripsi yang berkaitan dengan judul tersebut. Maka sebagai referensi skripsi yang saat ini sedang digarap, Anda bisa melihat abstrak di bawah ini.

Program Tahfidz dalam Peningkatan Minat Hafal Al-Qur'an

Abstrak Skripsi Program Tahfidz dalam Peningkatan Minat Hafal Al-Qur'an

ABSTRAK

Kitab suci al-Qur’an adalah wahyu ilahi yang harus disampaikan, diajarkan, dipahami dan diamalkan dalam kehidupan nyata manusia. Dengan bejalannya waktu, upaya-upaya untuk menjaga kelestarian al-Qur’an masih terus dilakukan. Misalnya dengan mendirikan pondok-pondok pesantren tahfidz al-Qur’an.

Berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar al-Qur’an sangat bergantung pada pengelolaannya. Adapun dalam mewujudkan hal ini, perlu adanya pengelolaan yang maksimal dalam program tahfidz untuk meningkatkan minat hafal qur’an di Madrasah Ulumul Qur’an Al-Hikmah Babakan Brebes.

Penelitian ini tujuannya untuk mendeskripsikan pengelolaan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Serta jenis metode, faktor pendukung dan faktor penghambat program tahfidz dalam peningkatan minat hafal Qur’an. Untuk membahas masalah ini, peneliti menggunakan metode kualitatif.

Rekomendasi: Abstrak Skripsi Upaya Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MI

Data ini dikumpulkan menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Pengelolaan program tahfidz dalam peningkatan minat hafal qur’an meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Perencanaannya sudah ada sejak awal berdirinya lembaga ini dan di dalam pelaksanaannya selalu diadakan musyawarah serta melihat program yang dijalankan di lembaga lain yang diluar Kecamatan Lebaksiu untuk dipadukan dengan program yang ada di MUQ Al-Hikmah yang bertujuan agar program yang ada tetap yang terbaru. Adapun kegiatan evaluasi bertujuan untuk melihat kemampuan santri dan dilaksanakan setiap enam bulan sekali.

(2) Metode yang digunakan pada program tahfidz yaitu diawali dengan membaca secara berulang-ulang hingga bacaaannya lancar, menyetorkan bacaan, menghafal dan menyetorkan hafalannya. (3) Faktor pendukung pengelolaan program tahfidz diantaranya seperti kenyamanan/ketenangan, pemberian motivasi, faktor kesehatan, dukungan dari berbagai pihak seperti dukungan dari orang tua dan dukungan dari ustadz/ustadzah. Adapun faktor penghambat diantaranya adalah faktor waktu, keterbatasan wawasan dan pengetahuan, santri nakal, dan malas dalam menghafal.

Kata Kunci: Minat Hafal Qur'an, Pengelolaan. Peningkatan

Posting Komentar untuk "Abstrak Skripsi Program Tahfidz dalam Peningkatan Minat Hafal Al-Qur'an"