Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Abstrak Skripsi Strategi Dakwah Badiuzzaman Said Nursi dalam Novel Api Tauhid

Abstrak Skripsi Strategi Dakwah Badiuzzaman Said Nursi dalam Novel Api Tauhid

Vadcoy.com - Assalamu'alaikum para mahasiswa semester akhir yang sedang berjuang menyelesaikan skripsi..

Pada postingan kali ini, Mang Ocoy mau membagikan abstrak skripsi tentang Strategi Dakwah Badiuzzaman Said Nursi dalam Novel Api Tauhid Karya Habiburrahman El Shirazy. Barangkali Anda ingin membuat skripsi yang berkaitan dengan judul tersebut, maka Anda bisa melihat abstrak di bawah ini.

Strategi Dakwah Badiuzzaman Said Nursi dalam Novel Api Tauhid

ABSTRAK

Skripsi ini membahas tentang Strategi Dakwah Badiuzzaman Said Nursi dalam Novel Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy. Kajian skripsi ini dilatar belakangi oleh berdakwah yang memerlukan strategi untuk mencapai tujuan dakwah tersebut. Seperti halnya yang dilakukan oleh Ulama Besar Turki, yaitu Badiuzzaman Said Nursi. Dia dilahirkan pada zaman pemerintahan sekuler Mustafa Kemal Ataturk. Adapun kondisi Turki Utsmani saat itu menuntut Badiuzzaman Said Nursi untuk berjuangan mempertahankan cahaya Tauhid. 

Perjuangan beliau dalam membela Agama Islam telah diabadikan oleh para pendakwah di era milenial dalam sebuah buku. Salah satunya adalah penulis terkenal berasal dari Indonesia, yaitu Habiburrahman El Shirazy dalam bukunya dengan judul Api Tauhid. Macam-macam contoh strategi dakwah yang digunakan oleh Badiuzzaman Said Nursi yang dinarasikan Habiburrahman El Shirazy bisa dijadikan sebagai acuan dalam berdakwah.

Masyarakat yang berkembang terus meningkat dan tuntutan yang semakin beraneka ragam membuat dakwah tidak bisa lagi dilakukan secara tradisional. Di era milenial ini, orang bisa berdakwah dengan tulisan serta bisa memanfaatkan media. Beberapa pendakwah untuk saat ini menggunakan media cetak seperti surat kabar, majalah dan buku telah banyak digunakan oleh pendakwah sebagai media dakwah.

Rekomendasi: Abstrak Skripsi Jual Beli Online Akun Game Mobile Legends: Bang Bang Dalam Tinjauan Fikih Muamalah

Penelitian ini tujuannya untuk menemukan tanda dan memaknainya sesuai dengan kerangka analisis semiotik model Charles Sander Pierce yang memuat strategi dakwah Badiuzzaman Said Nursi beserta faktor pendukung dan penghambat dalam novel Api Tauhid. Adapun jenis pendeketan penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Penulis menganalisis tanda yang mengindikasikan strategi dakwah Badiuzzaman Said Nursi beserta faktor pendukung dan penghambat yang berada dalam narasi dan dialog.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah membaca dan mengidentifikasi setiap kalimat, hingga kemudian mengklasifikasikannya ke dalam jenis tanda menurut semiotik model Charles Sander Pierce, Novel Api Tauhid menjadi data primer dalam penelitian ini, serta data sekunder yang bersumber dari buku, jurnal atau web yang berhubungan dengan penelitian ini. Adapun hasil penelitian ini adalah adanya strategi dakwah yang diklarifikasikan menjadi tiga macam, yaitu: Strategi Dakwah Sentimentil, Strategi Dakwah Rasional, dan Strategi Dakwah Indrawi. Selain itu juga penelitian ini menemukan adanya tanda yang menunjukan faktor pendukung dan faktor penghambat dakwah Badiuzzaman Said Nursi. Hasil tersebut terdapat dalam kalimat, narasi maupun dialog yang terdapat dalam novel Api Tauhid.

Kata Kunci: Strategi Dakwah, Badiuzzaman Said Nursi, Novel Api Tauhid

Posting Komentar untuk "Abstrak Skripsi Strategi Dakwah Badiuzzaman Said Nursi dalam Novel Api Tauhid"