Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Ada di Jepang dengan di Indonesia

10 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Ada di Jepang dengan di Indonesia

Vadcoy.com - Negara Jepang sudah dikenal dengan keunikannya, mulai dari teknologi, kebudayaan, pakaian, makanan, dan sampai sistem pendidikannya. Mungkin jika Anda sudah pernah pergi ke sana, Anda lebih mengetahui akan hal itu.

Siapa sih yang nggak tau dengan negara Jepang? Negara yang mempunyai keunikan dan kecanggihan pada bidang teknologi yang sudah dikenal di seluruh dunia. Apalagi pada sistem pendidikannya, Negara Jepang mempunyai peraturan dan sistem pembelajaran yang harus dicontoh guys.

Jepang memang sudah dikenal akan keunikannya, mulai dari teknologi, kebudayaan, pakaian, makanan sampai pakaian pendidikan. Sistem pendidikan di Jepang juga menjadi salah satu pendidikan yang terbaik di dunia.

Tak heran juga, jika banyak orang Indonesia atau negara lain yang berlomba-lomba untuk bisa menempuh pendidikan di sana. Bahkan sekarang banyak anak muda Indonesia yang sudah mengenyam pendidikan di sana.

Perbedaan Sistem Pendidikan yang Ada di Jepang dengan di Indonesia

Pendidikan merupakan salah satu tolak ukur kesuksesan dan kemajuan dalam suatu Negara. Berikut ini adalah 10 perbedaan sistem pendidikan yang ada di Jepang dengan di Indonesia.

Yukk, simak ulasan ini yah guys!

1. Perbedaan etika dan kedisiplinan didalam sekolah

Siswa di Jepang baru bisa mengikuti ujian mata pelajaran kalau sudah kelas 4 SD atau yang mempunyai umur 10 tahun. Selama 3 tahun, mereka yang belajar tidak dinilai seberapa pintar ilmu pengetahuannya dan tetap tidak akan dinilai. Tapi mereka hanya fokus pada belajar etika dan tata krama loh guys.

Sedangkan jika di Indonesia, kedisiplinan seorang siswa sangatlah kurang dan sangat sulit sekali untuk diterapkan pada kalangan siswa dan lainnya. Bahkan dalam hal etika pun di Indonesia sedang mengalami kemerosotan yang dahulunya terkenal dengan etika yang baik.

Terbukti dengan ada banyaknya kasus guru yang dijebloskan ke penjara atau dipukuli oleh orang tua murid hanya karena menegur muridnya yang bisa disebut hal wajar guys.

Bahkan yang membuat sangat mirisnya lagi, saat ini banyak para murid yang berani melawan dengan gurunya, baik dengan perkataan maupun melawan dengan fisik. Sungguh etika yang sangat kurang beradab sekali yah guys.

2. Perbedaan jam sekolah

Jam belajar di Jepang biasanya dimulai dari pukul delapan pagi sampai pukul tiga sore, sedangkan belajar di Indonesia umumnya adalah dari pukul tujuh pagi sampai pukul satu siang.

Rekomendasi: Definisi Pendidikan Multibudaya dan Tujuan Pendidikan Multibudaya

Di negara Jepang ketika ada siswa yang terlambat akan disuruh membuat surat perjanjian untuk tidak mengulangi lagi keterlambatannya. Dan jika dia mengulanginya lagi, maka siswa tersebut akan diberi sanksi berbentuk skorsing untuk beberapa hari.

Sedangkan di Indonesia ketika ada siswa yang terlambat masuk ke sekolah, hanya dimintakan surat izin untuk dapat masuk sekolah lagi dan hanya diberi sedikit hukuman. Seperti berdiri untuk hormat di depan tiang bendera, membersihkan wc, push-up, lari mengelilingi lapangan, dan yang lainnya.

Jika seperti itu, pasti siswa yang terlambat tidak akan jera dan pasti akan mengulanginya lagi. Karena dianggap hukuman tersebut tidak membahayakan bagi dirinya di sekolah.

3. Perbedaan kemampuan belajar para siswa

Dalam hal kemampuan belajar para siswa, di Indonesia guru lebih mempunyai kecenderungan melihat pada faktor individu siswanya. 

Tetapi bagi siswa di Jepang, mereka selalu naik ke kelas berikutnya. Karena dilihat dari kemampuan mereka saat mengerjakan ulangan harian dan kemampuan yang lainnya.

Bahkan terkadang, nilai ulangan mereka hanya berarti dan dibutuhkan pada saat mereka mengikuti ujian masuk sekolah menengah dan Universitas. Seperti itulah enaknya menjadi siswa di di negara Jepang loh guys.

4. Perbedaan penekanan pada siswa

Para siswa di Jepang selalu diajarkan untuk berfikir kritis dalam kegiatan belajar mengajar pada pelajaran apapun loh guys.

Sedangkan yang terjadi di Indonesia, para siswa di Indonesia mulai dari tingkat SD sampai tingkat atas selalu dihadapkan pada hafalan, hafalan, dan hafalan saja. Mereka tidak diajarkan untuk berfikir kritis. Banyaknya hafalan, tentu hanya akan membuat otak para siswa eror dan segitu-gitu saja kualitasnya.

5. Perbedaan mata pelajaran sekolah

Mata pelajaran di Jepang lebih sedikit guys. Jadi, siswa di sana bisa lebih fokus dalam belajar dan tidak akan merasa tertekan dengan pelajaran yang diterimanya.

Rekomendasi: 100 Contoh Judul Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Sedangkan mata pelajaran di Indonesia seperti yang kita ketahui. Banyaknya mata pelajaran yang terkadang membuat para siswa akan merasa tertekan, stress, dan jenuh, bahkan sampai depresi. Sehingga para murid di Indonesia sering mengeluh karena banyaknya mata pelajaran yang harus mereka hadapi di setiap semesternya guys.

6. Perbedaan transportasi

Murid di Jepang mulai dari sekolah dasar sampai tingkat atas, mereka dilarang keras untuk menggunakan kendaraan bermotor, baik roda dua ataupun roda empat ke sekolah.

Murid di Jepang hanya dibiasakan berangkat menggunakan transportasi umum, seperti kereta, bis ataupun sepeda. Bahkan murid di Jepang juga banyak yang lebih memilih untuk berjalan kaki menuju ke sekolah loh guys.

Sedangkan di Indonesia saat ini hampir semua siswanya ke sekolah membawa kendaraan roda. Bahkan banyak siswa yang membawa kendaraan roda empat ke sekolah. Mungkin karena kebanyakan anak Indonesia anak sultan semua kali yah guys?! 

7. Perbedaan perlengkapan sekolah

Sekolah di Jepang menuntut muridnya untuk mengenakan sepatu yang khusus didalam bangunan sekolah. Hal itu dilakukan karena untuk menjaga kebersihan dan untuk mencegah kotoran agar tidak terbawa masuk ke dalam kelas. Bahkan tidak hanya itu, mereka juga menggunakan tas sekolah yang sama persis karena tas disediakan oleh pihak sekolah.

Sedangkan di Indonesia, anak sekolahan malah banyak yang berlomba-lomba memiliki tas dan peralatan sekolah yang super duper keren dan mahal yah guys. Apalagi kalau sudah memasuki semester baru, harus siap-siap deh untuk saling pamer-pameran!

8. Perbedaan kebersihan di sekolah

Di Jepang, kebersihan sekolah itu tidak bergantung pada petugas kebersihan untuk membersihkan lingkungan sekolah loh. Setiap harinya, hampir setiap sekolah di Jepang diberikan waktu untuk membersihkan lingkungan sekolah yang disebut dengan O-Soji.

Biasanya dilakukan sehabis pulang sekolah sekitar pukul tiga sore. Seluruh siswa di kelas harus gotong royong membersihkan lingkungan sekolah seperti membersihkan kelas, kursi, meja, tangga, sampai dengan toilet loh guys.

Rekomendasi: 13 Etika Muslim dalam Bekerja Sehari-hari

Sedangkan di Indonesia, biasanya setelah lonceng pulang sekolah berbunyi, para murid langsung keluar kelas dan buru-buru cabut keluar dari sekolah.

9. Perbedaan menu makan

Di Jepang setiap murid memakan makanan yang sama. Mereka juga dilatih untuk memakan makanan yang sama dan segera menyelesaikan makan siangnya dalam waktu yang sudah ditentukan. Semua murid juga makan siang dengan gurunya di kelas guys.

Sedangkan di Indonesia, murid bebas memilih atau membeli makanan di kantin atau banyak juga yang membawa makanan dari rumah masing-masing. Apakah kamu termasuk yang suka jajan dikantin atau bawa bekal guys? 

Bahkan toiletnya pun juga dibiarkan kotor setelah digunakan dan selalu menghandalkan petugas kebersihan sekolah untuk membersihkannya. Ditambah lagi ada yang di dalam laci-laci meja kelas biasanya penuh dengan sampah makanan, pulpen, buku, bahkan sampai baju olahraga.

10. Perbedaan seragam sekolah

Bagi murid perempuan di Jepang, mereka menggunakan seragam seperti baju pelaut. Sedangkan bagi murid laki-laki berseragaram seperti gaya militer hitam polos dengan lengan panjang dengan kerah yang tegap untuk di leher seperti tentara Jepang loh guys.

Tentu berbeda dengan seragam yang ada di Indonesia yah guys. Seragam di Indonesia mempunyai banyak model, yaitu seragam utama, batik, dan pramuka.

Warna seragam utama membedakan jenjang pendidikan yah guys, yaitu seragam putih merah untuk murid SD, putih biru untuk murid SMP dan putih abu-abu untuk siswa SMA.

Demikian lah perbedaan sistem pendidikan yang ada di Negara Jepang dengan Indonesia. Semoga bisa bermanfaat yah guys! 

Posting Komentar untuk "10 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Ada di Jepang dengan di Indonesia"