Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Postingan

Mau Tau Penjelasan Metode Pembelajaran Karyawisata? Silahkan Cek Di sini!

Mau Tau Penjelasan Metode Pembelajaran Karyawisata? Silahkan Cek Di sini!

Vadcoy.comDalam materi metode pembelajaran, sangat banyak sekali macamnya, di antaranya seperti metode pembelajaran diskusi, demonstrasi, ceramah, eksperimen, dan yang lainnya. Sebagai seorang pendidik, tentunya kita ingin memberikan pembelajaran yang menarik kepada peserta didik yang akan kita ajar.

Adapun di sini, Mang Ocoy akan menjelaskan tentang metode pembelajaran karyawisata. Metode ini adalah salah satu metode yang cukup menarik untuk diaplikasikan kepada peserta didik. Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Metode Pembelajaran Karyawisata

Karyawisata (field trip) adalah kegiatan kunjungan atau bepergian bersama untuk memperluas pengalaman, pengetahuan, atau wawasan. Karyawisata menurut Syaiful Sagala adalah pesiar (ekskursi) yang dilakukan oleh para peserta didik untuk melengkapi pengalaman belajar tertentu dan merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah.

Dilihat dari namanya "metode karyawisata", tentunya metode ini tempatnya dilakukan di luar kelas. Tempatnya pun biasanya di tempat-tempat pariwisata, yang mana banyak pengunjung di situ. Dengan seperti inilah peserta didik akan merasa senang dan tidak jenuh ketika melaksanakan pembelajaran.

Pembelajaran yang menarik akan cepat ditangkap dan diterima oleh peserta didik, yang jelas pelajaran itu tidak akan lupa dalam jangka waktu yang lama. Melalui karyawisata sebagai metode belajar mengajar, anak didik di bawah bimbingan guru/pendidik mengunjungi tempat-tempat tertentu dengan maksud untuk belajar.

Karyawisata walaupun disebut pesiar, namun tidak dimaksudkan dengan piknik atau liburan yang tujuannya hanya untuk bersenang-senang. Sebab wisata adalah bepergian untuk menambah pengalaman, pengetahuan, dan wawasan. Karena karyawisata sebagai metode pembelajaran, maka pengalaman dan wawasan itu dikaitkan dengan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik.


Melalui karyawisata bisa memberikan pengalaman nyata dan belajar dengan konteks melalui sumber belajar di tempat yang dikunjungi. Namun demikian, melaksanakan metode ini tidaklah mudah, karena membutuhkan kerja sama dengan pihak lain.

Metode ini juga membutuhkan waktu yang banyak, jika tempatnya jauh tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit, serta membutuhkan kontrol yang lebih baik.

Menyiapkan Metode Pembelajaran Karyawisata

Dalam menyiapkan metode karyawisata diawali dengan membuat perencanaan yang cukup komprehensif, yaitu berisi tentang tujuan karyawisata itu sendiri. Kemudian tujuan kompetensi, indikator pencapaian, materi pokok yang dipelajari, langkah kegiatan, dan tugas-tugas yang harus dipersiapkan.

Siapkan juga alat-alat untuk mengamati dan menilai aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik, siapkan model format laporan, rancang kegiatan tindak lanjut, dan organisir kegiatan melalui pembentukan panitia.

Melaksanakan Metode Pembelajaran Karyawisata

Cara melaksanakan metode ini dimulai dengan memberikan informasi mengapa karyawisata ini dilakukan, apa tujuannya, dan kompetensi apa yang harus dicapai. Serta materi pokok yang dipelajarinya, bagaimana cara mempelajarinya, apa yang menjadi sumber belajar, dan berapa lama waktunya.


Bagikan lembar tugas kepada peserta didik, lakukan kegiatan belajar, berikan kesempatan tanya jawab, berikan bimbingan, lakukan pengamatan, dan penilaian proses. Akhiri kegiatan dengan menugasi siswa pada setiap kelompok atau wakil dari setiap kelompok memberikan laporan sementara. Kemudian Lakukan penilaian apakah indikator hasil belajar dan kompetensi dasar telah tercapai, selanjutnya berikan tanggapan, dan buat rangkuman serta kesimpulan.

Sebelum ditutup dan mempersiapkan untuk kembali ke sekolah, sampai tindak lanjut pembelajaran, bahwa laporan tersebut sudah dipersiapkan pada minggu depannya. Laporan harus berupa tulisan dan lisan untuk dilaporkan kepada pendidik, hal itu sebagai bukti bahwa metode pembelajaran karyawisata telah berhasil.

Perlu diingat! Jika Bapak/Ibu guru hendak menggunakan metode ini, tetaplah menjaga protokol kesehatan peserta didik. Karena di musim pandemi ini sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan metode karyawisata. Semoga bisa bermanfaat bagi Bapak/Ibu guru semua!

Posting Komentar untuk "Mau Tau Penjelasan Metode Pembelajaran Karyawisata? Silahkan Cek Di sini!"

Berlangganan via Email