javascript:void(0)
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kesalahan Fatal Perawat dalam Menangani Pasien Covid-19

Kesalahan Fatal Perawat Menangani Pasien Covid-19

Vadcoy.com - Tugas sebagai seorang perawat tidak selamanya menyenangkan dalam bertugas. Walaupun perawat itu menikmati tugasnya, tetap saja dia akan merasakan kejenuhan ketika bekerja.

Terutama di masa pandemi ini, hendaknya dia harus benar-benar menjaga kesehatannya. Bukan hanya pasien saja yang harus memperhatikan kesehatannya, namun perawat pun demikian.

Tak jarang banyak perawat yang ikut tertular virus covid-19, tentu disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah kecerobohan.

5 Kesalahan Fatal Perawat

Selain harus menjaga kesehatan, perawat juga harus bisa menjauhi beberapa kesalahan fatal berikut ini. Ada 5 kesalahan fatal yang harus perawat jauhi.

1. Lupa makan dan istirahat

Kesalahan fatal yang pertama, yaitu lupa makan dan istirahat. Ketika seorang perawat lupa makan, maka kekuatannya pun akan berkurang.

Dan ketika kekuatannya berkurang, maka dia akan menjadi lemas dan lelah. Dan ketika menjadi lelah, maka dia butuh istirahat.

Apa jadinya jika hal demikian terjadi oleh seorang perawat?

Tentu sangat berbahaya bagi kesehatannya. Karena terus menerus melayani pasien yang selalu datang, akhirnya dia lupa makan dan istirahat.

2. Tidak mengganti pakaian perawat dengan yang baru

Setelah melayani dan merawat pasien yang terkena covid-19, sebaiknya perawat mengganti pakaiannya dengan yang baru.

Jika tidak menggantinya dengan yang baru, khawatir pakaian tersebut sudah terpapar oleh virus corona yang ditularkan dari pasien.

Apabila perawat kelupaan dan lengah saat membuka masker, yang akhirnya menghirup virus tersebut.

Sehingga menjadikan dia ikut tertular virus yang mematikan ini. Dan membuatnya ikut diisolasi pula.

3. Terlalu memaksakan diri

Masih berkelanjutan dengan kesalahan yang pertama, hendaknya perawat tidak memaksakan dirinya untuk terus bertugas.

Tubuh yang lelah dan kurang istirahat tentu memiliki antibodi yang lemah. Sedangkan antibodi yang lemah bisa membuatnya cepat terserang penyakit.

Bukan hanya penyakit corona saja, penyakit yang lainnya pun tidak menutup kemungkinan bisa menyerang dirinya.

4. Pikiran negatif

Ada saja perawat yang mempunyai pikiran negatif ketika merawat pasien covid-19. Misalnya dia berpikir "Apakah saya akan tertular atau tidak ya?"

Atau "Saya benar-benar takut tertular jika harus merawat pasien covid-19!". Pikiran-pikiran seperti itulah yang bisa membuatnya terkena virus tersebut.


Walaupun tubuh dalam keadaan fit, namun pola pikir selalu negatif, lambat laun dia bisa saja tertular virus yang mematikan itu.

Oleh karena itu, janganlah sekali-kali perawat berprasangka negatif! Tetaplah berpikir positif ketika sedang bertugas menangani pasien corona yang sedang mewabah sekarang.

5. Lupa mengganti masker

Kemudian kesalahan fatal yang terakhir adalah lupa mengganti masker. Dalam masalah ini mungkin perawat sudah tau sendiri kapan dia harus mengganti masker.

Tidak mesti harus digunakan sampai satu hari, bahkan sampai beberapa menit pun harus segera diganti. Jika memang masker tersebut sudah terpapar oleh virus.

Akan tetapi, ada saja perawat yang lupa akan hal tersebut. Dia membiarkan maskernya yang sudah terpapar karena lupa. Yang akhirnya dia pun terkena penyakit corona.

Sebagai perawat hendaknya benar-benar memperhatikan kesehatan dirinya. Bagaimana mungkin jika dirinya tidak sehat, dia bisa merawat orang lain?

Kesehatan adalah sesuatu yang paling penting. Bahkan jika dibilang, kesehatan perawat lebih penting dari kesehatan pasien.

Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Posting Komentar untuk "5 Kesalahan Fatal Perawat dalam Menangani Pasien Covid-19"